• Waktu Mandi yang Tepat agar Tidur Malam Anda Lebih Nyenyak

    Beauty / Tips


    Waktu Mandi yang Tepat agar Tidur Malam Anda Lebih Nyenyak

    Berdasarkan penelitan para ahli.


    Tidur menjadi subjek penelitian di ranah kesehatan dengan tujuan yang baik. Berdasarkan survei terbaru, hanya 17 persen orang-orang dewasa di Britania Raya mampu memenuhi saran untuk tidur selama delapan jam setiap malam, sementara hampir separuhnya hanya tidur selama enam jam atau kurang.

    Bukan hanya menyebabkan mata merah, ada konsekuensi lainnya yang lebih mengerikan. Kurang tidur dapat meningkatkan risiko obesitas, diabetes, dan penyalahgunaan alkohol. Hasil statistik pun menunjukkan bahwa kurang tidur dapat meningkatkan peluang kematian dini sebanyak 12 persen.

    Untungnya, para ilmuwan di Amerika Serikat telah menemukan bahwa kebiasaan mandi air hangat sebelum tidur di malam hari dapat membantu Anda untuk terlelap lebih cepat. Namun nyatanya, tempat tidur Anda bukanlah peristirahatan terakhir usai melewati hari yang melelahkan kecuali saat musim dingin.




    Dalam sebuah penelitian, mandi air hangat 90 menit sebelum tidur dapat membantu subjek tidur 50 persen lebih cepat dan meningkatkan total waktu tidur mereka sebanyak 15 menit.

    Air panas dapat melebarkan pembuluh darah Anda dan meningkatkan kemampuan kulit untuk melepaskan panas berlebih. Kondisi ini membantu tubuh Anda untuk mengurangi suhu inti dan prosesnya sangatlah penting untuk mempermudah Anda tetidur.

    Sabun mandi Anda pun memiliki peran. Produk-produk yang mengandung sitrus dapat mengurangi tekanan darah dan menurunkan kadar kortisol sehingga Anda semakin mudah untuk terlelap.

    90 menit sebelum tidur adalah waktu yang tepat untuk mandi, sehingga Anda sebaiknya beranjak untuk membersihkan badan Anda sekitar pukul 20.30 dan kemudian pergi ke tempat tidur pada pukul 22.00. 


    Jam sepuluh malam dianggap sebagai waktu tidur yang sempurna karena dapat memungkinkan Anda untuk memenuhi kebutuhan tidur selama tujuh hingga delapan jam sesuai saran agar Anda dapat produktif bekerja esok hari. Anda juga masih memiliki waktu untuk berolahraga selama 30 menit di pagi hari sebelum kemudian bekerja pada pukul delapan atau sembilan pagi.




    (Penulis: Louee Dessent-Jackson; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Erlissa Florencia; Foto: Courtesy of Bazaar UK) 



    Tags : tips, tidur







- RELATED ARTICLE -