• Sejumlah Hidangan Khas Imlek Pembawa Keberuntungan!

    Culture / News


    Sejumlah Hidangan Khas Imlek Pembawa Keberuntungan!

    Beserta makna di baliknya.


    Selebrasi Imlek identik dengan makanan yang melimpah! Suasana selebrasi penuh kehangatan dengan keluarga dan kerabat. Ada sejumlah hidangan yang hanya dihidangkan saat hari raya Imlek tiba. Semakin terasa nikmat disantap bersamaan di tengah suasana perayaan yang meriah.

    Sejumlah hidangan khas ini menjadi salah satu hal yang dinantikan oleh setiap dari kita yang merayakan Imlek. Rasanya membuat rindu untuk menyantap hidangan khas yang hanya disajikan setiap setahun sekali.

    Setiap rumah memiliki versi khas hidangan Imlek tersendiri. Akan tetapi, setidaknya salah satu jenis hidangan khas Imlek yang Bazaar berikut ini pasti dihidangkan di hari raya Imlek.

    Atau mungkin, seluruhnya menjadi hidangan wajib di rumah Anda? Simak lebih lanjut.


    Yu Sheng


    Bersulang untuk keberuntungan! Ternyata bersulang tidak hanya dapat dilakukan dengan menggunakan minuman. Yu Sheng merupakan jenis hidangan khas Imlek yang digunakan untuk bersulang bersama demi keberuntungan. Irisan halus sayuran dengan ikan segar ini disantap serentak beramai-ramai dengan menggunakan sumpit.


    Bebek panggang


    Sepiring kelezatan berupa hidangan bebek panggang juga biasa disajikan di hari raya Imlek. Garingnya kulit bebek yang dipanggang, irisan daging yang empuk, dicelupkan ke saus khas berwarna cokelat. Bebek panggang pastinya menjadi hidangan Imlek favorit.


    Babi panggang


    Demikian halnya dengan kelezatan babi panggang. Hidangan yang satu ini juga menjadi salah satu kelezatan yang selalu disajikan di acara perayaan Imlek. Ragam varian babi panggang khas Imlek biasanya bermacam-macam, disesuaikan dengan daerah asal yang membuatnya.


    Telur teh


    Bermakna kesuburan dan kelimpahan, telur rebus dalam teh juga merupakan salah satu hidangan khas Imlek. Telur yang satu ini memiliki rasa khas yang juga menyehatkan tubuh.


    Ikan bandeng


    Sajian khas Imlek berupa ikan bandeng memiliki makna tersendiri, tidak lain merupakan harapan untuk kelancaran bisnis dan rezeki di tahun mendatang. Olahannya sendiri pun beragam, ada beberapa yang menghidangkannya dengan cara dipanggang. Ada juga yang mengolahnya menjadi sup hangat yang nikmat.


    Mie goreng


    Mie selalu memiliki makna penting di setiap perayaan warga keturunan Cina. Melambangkan harapan untuk umur panjang dan kebahagiaan, mie goreng menjadi salah satu hidangan wajib di hari raya Imlek.


    Sup rumput laut


    Lezat dan menyehatkan, sup rumput laut juga termasuk sebagai salah satu hidangan yang identik dengan hari raya Imlek. Sup ini biasanya diolah menggunakan telur atau irisan daging yang dicampurkan.


    Jiaozi


    Jiaozi merupakan jenis makanan yang berbentuk seperti pangsit. Hidangan ini umumnya dihidangkan sebagai makanan pembuka saat acara makan Imlek. Memliki makna akan harapan suasana rukun dan rezeki melimpah.


    Buah jeruk


    Manisnya buah jeruk akan terasa semakin nikmat di hari raya Imlek saat disantap bersamaan dengan keluarga dan sahabat yang dikasihi. Buah jeruk sering diibaratkan sebagai buah pembawa rezeki.




    (Foto Courtesy of Instagram @sundaysuppers, @theworlds50best, @fishcrab.varianseafoof, @aliciasmarket, @pesisir.seafood, @hungryeyes.id, @koreanbapsang, @thesunshineeatery, @fzal_musthafa)







- RELATED ARTICLE -