• Perayaan Tahun Baru Imlek 2020 di Sejumlah Destinasi Dunia

    Culture / News


    Perayaan Tahun Baru Imlek 2020 di Sejumlah Destinasi Dunia

    Diliputi suasana meriah!


    Selebrasi Imlek di tahun 2020 akhirnya tiba. Sebuah perayaan tradisi Tionghoa yang dirayakan oleh dunia, di mana doa akan rezeki dan keberuntungan terus bergelimpangan.

    Seiring berjalannya waktu, perayaan Tahun Baru Imlek pun turut mengikuti era modern tanpa meninggalkan esensi tradisi itu sendiri, baik dari cara merayakan, konsep dekorasi, fashion hingga budaya yang terus berkembang. Di beberapa kota besar di Cina, muncul sebuah tren baru di mana orang yang masih berstatus lajang sengaja menyewa kekasih bayaran khusus untuk mendampinginya menemui sanak keluarga di hari raya Imlek. Sungguh menarik!

    Bagaimana dengan perayaan Imlek versi Anda sendiri? Untuk menambahkan keriaan akan selebrasi yang satu ini, mari berkeliling dunia bersama Bazaar untuk melihat ragam wujud selebrasinya di 10 destinasi dunia. Gong xi fa chai!



    1. Shanghai


    Tampaknya belum ada yang mengalahkan Shanghai untuk nuansa dekorasi Imlek. Meriah di sepanjang ruas jalanan kotanya, Shanghai memang dikenal sebagai kota modern yang kaya akan peninggalan arsitektur. Menjelang hari raya Imlek, setiap sudut kota ini akan didominasi segala dekorasi bernuansa oriental.


    2. Manhattan


    Tidak hanya sejumlah negara di Asia yang merayakan Imlek, misalnya saja di Manhattan. Kota yang terletak di benua Amerika ini juga diliputi gegap gempita perayaan Tahun Baru Cina, terutama terlihat di kawasan Chinatown milik kota Manhattan. Dekorasi serba merah khas Imlek terlihat mendominasi.


    3. Hollywood


    Demikian pula selebrasi Imlek di Hollywood. Tahun ini, Universal Studio Hollywood juga didominiasi oleh meriahnya dekorasi bertema Imlek. Setiap sudut dari tempat atraksi ini menjadi semakin menyenangkan untuk dieksplorasi. Belum lagi tokoh-tokoh fiktif seperti Hello Kitty yang mengenakan pakaian bernuansa Imlek. Sungguh menggemaskan!


    4. Bangkok


    Sejumlah tempat dan kuil di Bangkok juga diliputi kemeriahan perayaan Imlek, selain tentunya, upacara bersifat tradisional. Para penduduk Bangkok juga terlihat memakai pakaian bernuansa tradisional untuk menyambut Imlek.


    5. Sydney


    Bagaimana dengan benua Australia? Sejumlah kota besar di Australia juga merayakan Imlek, mengingat sebagian besar penduduknya merupakan keturunan Asia. Tentu saja kemeriahannya tidak kalah dengan belahan dunia lainnya.


    6. Kuala Lumpur


    Unggahan foto di atas merupakan sepenggal gambaran dari perayaan Tahun Baru Cina di Kuala Lumpur, Malaysia, tepatnya di Chinatown Pasar Malam. Kemeriahan suasana dekorasi Imlek paling terasa.


    7. Singapore


    Bicara kawasan Chinatown, ada satu yang paling ternama, tepatnya terletak di Singapura. Namun, saran Bazaar, akan lebih baik untuk mengunjunginya di masa sebelum atau beberapa hari setelah Imlek. Saat hari raya Imlek, kebanyakan toko dan restoran China di kawasan ini justru ditutup.


    8. Hong Kong


    Bagi Anda yang kebetulan berada di Hong Kong untuk Imlek tahun ini, maka Anda berada di salah satu destinasi terbaik untuk merayakannya. Sejumlah sudut kotanya akan dipenuhi dekorasi bernuansa oriental. Instagrammable!


    9. Taipei


    Demikian halnya dengan Taipei. Ibu Kota Taiwan ini juga merayakan Imlek dengan meriah, di mana para penduduknya akan terlihat mengenakan pakaian bernuansa tradisional Cina. Sejumlah restoran akan menyuguhkan hidangan khas Imlek.


    10. Jakarta


    Kembali ke negeri sendiri, Jakarta juga turut merayakan selebrasi Imlek. Sejumlah pusat perbelanjaan dipenuhi dengan dekorasi meriah yang bertema Imlek. Seperti terlihat di unggahan foto dari salah satu mall di atas.




    (Foto Courtesy of Ria Iskandar, Instagram @thatsshanghai, @hellomissmay, @iamiena, @ohmthitiwat, @kkarmalove, @beccabeczten, @yewwooi, @ivythingsgood, @neosohomall)







- RELATED ARTICLE -