• 7 Negara dengan Tradisi Perayaan Tahun Baru Imlek yang Unik

    Culture / News


    7 Negara dengan Tradisi Perayaan Tahun Baru Imlek yang Unik
    7 Negara dengan Tradisi Perayaan Tahun Baru Imlek yang Unik

    Selain Indonesia, ternyata ada 7 negara lain yang memiliki tradisi perayaan Tahun Baru Imlek yang unik dan berbeda.


    Tahun Baru Imlek menjadi momen dan hari yang selalu dinanti oleh masyarakat etnis Tiongkok. Dalam perayaannya, tentu akan ada tradisi turun temurun yang selalu dilakukan setiap hari raya tersebut datang. Pastinya setiap negara mempunyai tradisi yang berbeda dalam memeriahkan perayaan Tahun Baru Imlek.

    Selain tradisi imlek di Indonesia, ternyata ada beberapa negara yang memiliki tradisi unik dan menarik dalam merayakan Tahun Baru Imlek. Dirangkum oleh Bazaar dari berbagai sumber, berikut ini negara di dunia yang memiliki tradisi unik dan menarik dalam perayaan Tahun Baru Imlek:





    1. Amerika Serikat, San Fransisco 


    Parade Tahun Baru Imlek di San Fransisco merupakan acara yang paling ditunggu-tunggu oleh warga sekitar area yang dijuluki Chinatown-nya Amerika tersebut. Parade tersebut menampilkan beragam atraksi dari kebudayaan China seperti Liong, Barongsai raksasa, kostum khas Tiongkok, marching band, akrobat, hingga kembang api.

    Selain itu, dalam rangkaian perayaan Tahun Baru Imlek ada kontes kecantikan Miss Chinatown yang rutin diadakan setiap tahun sebelum Tahun Baru Imlek.


    Baca Juga: 20 Mitos Tahun Baru Imlek


    2. Hong Kong


    Di Hong Kong yang mayoritas penduduknya adalah etnis Tiongkok merayakan Tahun Baru China kurang lebih selama 14 hari! Satu hari sebelum pergantian tahun, masyarakat akan berbondong-bondong mendatangi flower market yang dibuka di beberapa tempat untuk membeli bunga.

    Tradisi membeli bunga dan pohon ketika Imlek ini merupakan kepercayaan masyarakat Hong Kong sebab bunga diyakini sebagai simbol keberuntungan. Beberapa bunga dan pohon yang dipercayai tersebut antara lain Bambu Hoki (Bambu Jepang), bunga anggrek, bunga lily, dan Jade atau biasa disebut tanaman giok.


    3. Sydney, Australia


    Selain Amerika dan Hong Kong, kota Sydney juga menyelenggarakan perayaan Tahun Baru Imlek. Bangunan ikonis di kota tersebut seperti Sydney Opera House dan Sdyney Harbour Bridge dihiasi dengan lampu-lampu berwarna merah yang merupakan warna khas Imlek sampai perayaan Imlek selesai.

    Selain bangunan ikonis yang diterangi lampu khas Imlek, ada juga acara-acara yang diadakan seperti dekorasi dengan ornamen lentera lampion yang penuhi setiap jalan-jalan utama di Sydney. Bahkan ada Lunar Market yang khusus dibuka untuk menawarkan beragam sajian kuliner budaya Asia.

    Ada pula kompetisi perahu naga di Cockle Bay. Kompetisi ini merupakan perlombaan khusus yang diadakan dalam rangka memeriahkan perayaan Tahun Baru Imlek di Sydney.


    Baca Juga: Tempat Makan untuk Merayakan Imlek di Jakarta



    4. Singapura


    Lokasi yang biasa digunakan untuk merayakan Imlek di Singapura adalah Chinatown. Tradisinya antara lain menampilkan dan menikmati acara pertunjukkan Chinatown Street Light Up. Kawasan ini dipenuhi dengan lampu-lampu lampion indah yang ditempatkan di setiap sudut jalan-jalan protokol.

    Ada juga atraksi yang menampilkan kebudayaan khas Tiongkok seperti barongsai hingga tari-tarian. Bahkan ketika malam pergantian tahun, ada pesta kembang api di Eu Tong Sen Street dan New Bridge Road. Perayaan Imlek tidak lengkap jika tidak ada festival kuliner, di Singapura dibuka festival kuliner khas Imlek seperti waxed duck, dendeng manis, dan aneka kue yang akan menggugah selera Anda.  


    5. Malaysia


    Tradisi Imlek di Malaysia adalah saling bertukar hadiah. Layaknya Natal dan Tahun Baru, tradisi ini sudah lama dilakukan oleh masyarakat keturunan Tiongkok. Hadiahnya pun sangat unik, yaitu buah nanas. Sebab, buah nanas ini dipercaya dapat membawa keberuntungan. Selain nanas, masyarakat juga membeli manisan yang merupakan lambang dari kebahagiaan. 

    Selain itu selama perayaan Imlek , pusat perbelanjaan di Kuala Lumpur akan dipenuhi dekorasi dengan ornamen khas imlek, seperti lampu lampion, bunga sakura, dan jeruk.


    Baca Juga: 10 Selebriti Indonesia yang Merayakan Imlek


    6. Inggris, London


    Tradisi perayaan Imlek di Inggris berpusat di kota London dengan menggelar festival Imlek di Trafalgar Square. Festival ini menampilkan pertunjukkan tarian, akrobat, bela diri, musik, hingga artis-artis yang langsung didatangkan dari China. Dalam festival itu juga terdapat lebih dari 100 restoran di kota London dengan sajian kuliner khas Tiongkok untuk menghormati penduduk yang merayakan Tahun Baru Imlek.  


    7. Filipina


    Imlek di Filipina merupakan hari penting bagi masyarakat Tiongkok dan keturunannya di sana. Tradisi di Filipina kurang lebih sama dengan Indonesia yaitu menyajikan sajian kuliner khas Imlek yaitu kue keranjang sebagai makanan utama. Yang unik dalam tradisi Imlek di Filipina adalah pada setiap rumah ada delapan jenis buah yang berbentuk bulat digantung di masing-masing rumah masyarakat. Tradisi ini dipercaya bisa mendatangkan keberuntungan di dalam rumah. 


    Itulah 7 negara dengan tradisi unik dalam merayakan Tahun Baru Imlek. Apakah Anda sudah memilih untuk mendatangi negara mana untuk merasakan perayaan Imlek nanti?




    (Foto: Courtesy of Keisuke KaiĀ©123RF.com )










- RELATED ARTICLE -