• Pangeran Harry Berbicara Tentang Pengunduran Dirinya

    People / News


    Pangeran Harry Berbicara Tentang Pengunduran Dirinya

    Sang duke membuat pidato publik pertamanya sejak menyerahkan gelar kerajaannya.


    Pangeran Harry mengatakan "tidak ada pilihan" selain ia dan istrinya untuk mundur dari tugas-tugas kerajaan mereka setelah pengawasan pers dan intimidasi yang melelahkan.

    Dalam pidato mengharukan yang disampaikan pada acara Sentebale pada hari Minggu, 19 Januari, ia mengatakan bahwa ia berharap untuk terus melayani Ratu, tetapi tanpa dana publik, meskipun sayangnya itu tidak diizinkan.

    Pada hari Sabtu, Ratu merilis pernyataan di mana ia mengungkapkan bahwa Harry dan Meghan akan kehilangan gelar kerajaan mereka.



    "Saya hanya bisa membayangkan apa yang mungkin Anda dengar dan mungkin Anda baca selama beberapa minggu terakhir," katanya, berbicara kepada audiensi. "Jadi saya ingin Anda mendengar kebenaran dari saya sebanyak yang bisa saya bagikan, bukan sebagai pangeran atau bangsawan tetapi sebagai Harry."

    Ia mengatakan bahwa dengan Meghan, ia telah menemukan "cinta dan kebahagiaan yang saya harapkan sepanjang hidup saya", tetapi media telah membuat mereka tidak memiliki pilihan selain mundur. Harry juga mengatakan bahwa keputusan itu adalah miliknya, membantah klaim bahwa Meghan ada di balik semua ini.

    "Saya tahu bahwa Anda telah mengenal saya dengan cukup baik selama bertahun-tahun ini untuk memercayai bahwa wanita yang saya pilih sebagai istri saya menjunjung tinggi nilai-nilai yang sama dengan saya. Dan ia melakukannya," katanya.

    “Karena alasan-alasan itu, saya sangat sedih telah sampai pada hal ini. Keputusan yang telah saya buat untuk saya dan istri saya untuk mundur bukanlah keputusan yang saya buat dengan ringan... benar-benar tidak ada pilihan lain.”

    Harry juga mereferensikan ibunya, Diana, Putri Wales. "Saya tumbuh merasakan dukungan dari banyak dari kalian, dan saya menyaksikan ketika Anda menyambut Meghan dengan tangan terbuka saat melihat saya menemukan cinta dan kebahagiaan yang telah saya harapkan sepanjang hidup saya. Akhirnya, putra kedua Diana menemukan cinta, hore! ”

    Ia juga menambahkan: "Ketika saya kehilangan ibu saya 23 tahun yang lalu, Anda membawa saya di bawah sayap Anda."

    Sang pangeran mengatakan ia sangat menghormati neneknya, dan bahwa ia dan Meghan akan terus melayani orang-orang dengan berkomitmen. Ia juga mengatakan kerasnya keputusan itu merupakan indikasi betapa sulitnya hal-hal yang telah terjadi bagi keluarga mudanya.

    "Saya harap itu membantu Anda memahami apa yang terjadi, bahwa saya akan mengembalikan keluarga saya dari semua yang pernah saya kenal, untuk mengambil langkah maju ke dalam apa yang saya harap dapat menjadi kehidupan yang lebih damai," katanya.

    Duke dan duchess sekarang akan membagi waktu mereka antara Inggris dan Kanada. Meghan sudah berada di Vancouver bersama bayi Archie, di mana ia telah berkunjung ke tempat perlindungan wanita setempat.




    (Penulis: Harper's Bazaar UK; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Janice Mae; Foto: Courtesy of Bazaar UK)







- RELATED ARTICLE -