• Status Kewarganegaraan Inggris Meghan Markle Belum Pasti

    People / News


    Status Kewarganegaraan Inggris Meghan Markle Belum Pasti

    Diperkirakan The Duchess akan sering tinggal di Amerika Utara dan ia masih memiliki semua pakaiannya di Toronto.


    Ketika Meghan Markle menikah dengan Pangeran Harry, Duchess of Sussex akan mulai melakukan proses untuk memperoleh kewarganegaraan Inggris. Kabar ini disampaikan oleh seorang juru bicara sebagaimana dikutip dari situs CNN. Juru bicara tersebut juga menyatakan jika saat itu terlalu cepat untuk mengatakan apakah Meghan akan memiliki dua kewarganegaraan begitu ia menyelesaikan prosesnya.


    Tetapi mengingat sekarang Meghan dan Harry berencana untuk membagi waktu mereka di Inggris dan Amerika Utara, kecil kemungkinan bila Duchess of Sussex masih akan berusaha untuk mendapat kewarganegaraan Inggris.





    Akhir minggu lalu, keluarga Kerajaan Inggris mengeluarkan beberapa syarat terkait dengan keputusan Meghan dan Harry untuk mundur dari peran mereka sebagai anggota senior kerajaan. Omid Scobie selaku BAZAAR.com Royal Editor At Large mengungkapkan bahwa pasangan Sussex "akan membayar kembali dana Sovereign Grant yang digunakan untuk renovasi Frogmore Cottage namun akan sering tinggal di Amerika Utara." Lalu jika Meghan dan Harry berencana untuk menghabiskan sebagian waktunya di Kanada atau Amerika Serikat, apakah Meghan masih memenuhi syarat untuk memperoleh kewarganegaraan Inggris?




    Situs resmi pemerintah Britania Raya menyatakan bahwa sebagai pasangan dari warga negara Inggris, Anda harus tinggal di sana setidaknya selama tiga tahun terakhir. Meghan dikabarkan pindah ke London dari Kanada pada bulan November 2017 jelang pertunangannya dengan Pangeran Harry. Jika memang benar Meghan pindah ke Inggris di waktu tersebut, maka masa ia tinggal masih kurang dari tiga bulan. 



    Aturan lainnya menyebutkan, pihak yang mengajukan kewarganegaraan tidak boleh bepergian dari Inggris selama lebih dari 270 hari selama tiga tahun sebelum pengajuan atau meninggalkan Inggris selama lebih dari 90 hari dalam kurun waktu 12 bulan terakhir. Ketentuan ini berpeluang besar akan menggugurkan peluang Meghan untuk mendapatkan kewarganegaraannya.


    Dikabarkan pula jika Meghan akan selalu kembali ke Kanada. Mengutip laporan dari The Telegraph, "Ketika ia meninggalkan rumahnya di Toronto tempat di mana aktris kelahiran LA tersebut tinggal selama tujuh tahun saat syuting serial drama The Suits, ia tidak membawa semua pakaian miliknya."


    Hingga saat ini, status pengajuan kewarganegaraan Meghan masih belum bisa diketahui secara pasti. Tetapi tidak menutup kemungkinan bila keluarga Kerajaan Inggris akan membuat pernyataan terkait masalah ini.  


    (Penulis: Amy Mackelden; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Erlissa Florencia; Foto: Courtesy of Bazaar US) 



    Tags : meghan markle






- RELATED ARTICLE -