• 10 Tempat Terbaik Untuk Berbulan Madu di Tahun 2020

    Culture / News


    10 Tempat Terbaik Untuk Berbulan Madu di Tahun 2020

    Berikut adalah daftar destinasi terbaik untuk merayakan bulan madu Anda.


    Dari sekian pertimbangan untuk berlibur, bulan madu mungkin akan memakan biaya termahal di antara yang lainnya. Kami telah menyisir lokasi-lokasi vakansi paling romantis berdasarkan iklim, musim, dan kategori mulai dari yang terdekat hingga spot eksotis di ujung dunia.

    Bagi Anda pencinta travel yang merencanakan perjalanan singkat maupun liburan romantis untuk merayakan pernikahan Anda, kami merekomendasikan tempat-tempat yang dekat dengan tempat tinggal dan tak begitu banyak dikunjungi orang. Namun bila Anda akan melangsungkan pernikahan di tahun 2020, rangkuman sepuluh destinasi ini kami sajikan sebagai daftar rekomendasi tujuan bulan madu Anda.





    1. Top End Australia


    Larangan pendakian ke Uluru yang terletak di wilayah utara Australia pada akhir tahun 2019 lalu memberikan sebuah pandangan baru. Sebuah garis yang terbentang cukup jelas di atas tanah berperan mengurangi batasan komodifikasi budaya. Penutupan jalur pendakian di gunung sakral tersebut mengubah perhatian para pelancong sebab mereka sekarang dapat pergi mengarah ke daerah utara Australia atau "top end" yang merupakan perbatasan garis pantai antara Australia barat dan timur. Di sana Anda akan menemukan beberapa area terpencil dan paling liar yang ada di dunia ini.

    Perjalanan dimulai dari Darwin sebagai ibu kota Teritori Utara Australia di mana hotel mewah Westin akan berdiri di akhir tahun 2020 sebagai penginapan mewah pertama di sini. Lalu, Anda bisa pergi melihat pondok-pondok sederhana namun tetap stylish yang tersebar di sepanjang area air payau, gurun, lembah, hutan paperbark, dan beberapa pantai tersembunyi dengan keindahan yang paling menakjubkan.

    Kemudian arahkan kaki Anda menuju Davidson‘s Arnhemland Safaris yang letaknya sangat dekat dengan gunung Borradaile, sebuah bukit suci tempat generasi leluhur disemayamkan. Beberapa lukisan purba menghiasi setiap batu di sepanjang jalan setapaknya yang curam.

    Untuk Anda yang mencari lebih banyak pengalaman outdoor, cobalah untuk menginap di Cobourg Coastal Camp dengan tenda-tenda ramah lingkungan di atas tebing yang mengarah ke laut. Anda bisa melewati hari-hari dengan mencari tiram di pantai dan menikmatinya secara langsung. Alternatif lainnya, Anda dapat mengarungi teluk dengan speedboat pribadi dan memancing ikan sebagai santapan piknik nanti. Akhiri perjalanan Anda dengan berpetualang di Bamarru Plains, sebuah area penginapan yang menawarkan resor safari layaknya di Afrika. Setiap pondoknya dilengkapi dengan kamar tidur half-tent yang unik, terbungkus dengan bahan kulit kedap air yang membuat Anda nyaman berada di dalamnya.


    2. Maroko


    Menurut Jack Ezon dari Embark, Maroko sebagai destinasi yang menjual sisi eksotisnya kepada para pelancong kini sudah menjadi sebuah ibu kota yang keren dan berbeda dari yang lainnya. "Semua serba desain di Afrika Utara dengan adanya concept store, museum, dan hotel yang mengusung temanya," tambahnya. Tak ada destinasi yang menawarkan lebih banyak pembukaan properti di tahun 2020. Para traveler cerdas akan mengacu pada daftar Jack tentang debut hotel yang paling dinanti. "Karawan Riad sekarang menjadi butik hotel baru dan mewah di Fez. Dengan desain istana abad ke-17, setiap ruangan di hotelnya dihiasi dengan barang-barang antik lawas. Kemudian, di ibu kotanya yakni Rabat telah didirikan Ritz Carlton yang baru. Di luar area Tanger, Tamouda Bay tak hanya menyambut kehadiran Ritz Carlton Reserve, namun juga Banyan Tree. Daerah ini pun letaknya tak jauh dari Blue City of Chefcahouen."

    Sementara itu, kami sangat tertarik dengan debut Palais Ronsard di Marrakech, sebuah properti dari Relais & Chateaux yang mengambil tempat di sebuah mansion tahun 30-an. Oleh karena itu, detail dekorasi yang terinspirasi oleh gaya kolonial tentu akan terasa.

    Satu hal yang perlu Anda catat, jangan hilangkan Maroko dari daftar bulan madu singkat Anda. Penerbangan non-stop dari New York, Philadelphia, Boston, Chicago, dan Miami sangatlah mudah bagi Anda untuk melihat lebih jauh keistimewaan yang ditawarkan oleh Maroko.


    3. Paros, Yunani


    "Selama krisis finansial di tahun 2008, orang-orang kaya Yunani menjual mansion di Mykonos dan pindah ke Paros yang harga lahannya lebih terjangkau," jelas Brook Lavery dari Local Foreigner. "Sepuluh tahun kemudian, Paros berubah menjadi kota bohemian yang berjaya di negara itu dengan hotel butik dan taverna yang tumbuh di area perumahan bercat putih di seluruh pulau. 

    Anggap saja Paros adalah versi pulau Mykonos yang lebih tenang. Hanya keindahan yang ada di sana, tak ada yang lain. Baik Lavery dan Sebastian Schoellgen mengatakan bajwa pembukaan Parilio di Nauossa Bay pada pertengahan tahun 2019 sebagai titik balik dari daya tarik Paros. 

    "Berlokasi di utara pulau, properti ke-33 adalah Kalia dan hotel keempat milik Antonis Eliopoulos. Mereka telah mencapai sasarannya dengan memanfaatkan keahlian perusahaan Interior Design Laboratorium yang berbasis di Athena untuk menciptakan ruang dan kolam renang pribadi," tamnah Sebastian.


    4. Sumba, Indonesia


    "Karena Bali sekarang sudah sangat padat dan terlalu ramai, Pulau Sumba menjelma menjadi atraksi baru di mana daerah terpencil yang menawarkan pengalaman otentik Indonesia masih bisa ditemui," demikian George Morgan-Greenville menyatakannya melalui situs Red Savannah. "Seperti semua destinasi lainnya menjadi sorotan, Pulau Sumba tak jauh berbeda dengan Bali sebab resor-resor baru sudah bermunculan dan masih akan bertambah. Oleh karena itu, kami menyarankan Anda untuk segera ke sana sebelum terlambat," lanjut George.

    George dan Lavery keduanya memberikan dukungan kepada Nihi Sumba sebagai tempat tujuan bagi Anda yang ingin berlibur sembari berolah raga di pulau yang tengah populer ini. "Terletak di depan God‘s Left yang merupakan salah satu pantai terbaik untuk berselancar, Nihi mewujudkan etos berselancar yang santai dengan beberapa sajian pendamping yang mewah," ujar Lavery tentang resor yang dikenal sebagai tempat Jeniffer Lawrence berbulan madu. "Pelayannya mendekati sempurna dan kegiatan yang ada cukup bervariasi untuk menemani hari-hari pengunjungnya selama dua minggu (dua kata: Spa Safari!). Di tahun 2020, Nihi bekerja sama dengan Rascal Voyages, sebuah perusahaan penyewaan kapal yang memungkinkan Anda untuk memperkaya pengalaman di Nihi sambil berlayar di atas laut kepulauan Indonesia. Anda bisa memilih menggunakan yacht Phinisi Rascal yang dilengkapi dengan lima kabin untuk berlayar menuju dua destinasi utama diving yaitu Taman Nasional Komodo dan Raja Ampat," imbuh Lavery.


    5. Zimbabwe


    "Zimbabwe kini berada dalam masa renaissance dan banyak invoasi baru di sana," jelas Wil Smith dari Deeper Africa. "Di negara-negara tetangga, perusahaan safari berlomba-lomba menjadi yang terbaik, mencoba untuk mengalahkan satu sama lain dengan menawarkan fasilitas glamping mewah. Meskipun sektor pariwisata dapat didongkrak demi kebaikan (baik bagi komunitas dan bahan diskusi), kebutuhan pendingin ruangan, air hangat, dan lemari pendingin dapat menghabiskan bahan bakar berbasis minyak dalam jumlah yang banyak. Namun Zimbabwe mengusung konsep eco-luxury yang baru dengan tujuan untuk menyeimbangkan antara dampak dan perbuatan," lanjut Wil dikutip dari Ingwe Pan Camp sebagai contoh utama dari kemewahan yang terukur. 

    "Penginapan dibangun dekat dengan sumber air yang menarik perhatian satwa-satwa liar, sehingga bahan bakar yang dibutuhkan hanya sedikit. Listrik disediakan oleh panel surya yang menghasilkan cukup daya untuk menyalakan lampu dan peralatan lain berenergi rendah. Secara keseluruhan, penginapan didesain untuk dapat dibongkar sehingga tanah di bawahnya dapat kembali ke keadaan aslinya dalam waktu kurang dari dua tahun," lanjutnya.

    Teresa Sullivan dari Mango Safaris menyebut Zimbabwe sebagai destinasi yang "lebih memberikan petualangan dibandingkan kemewahan yang sangat menyegarkan di camp safari ini." Yang menjadi favoritnya adalah Hwange Bush Camp dan Sapi Explorers Camp.

    Akhiri perjalanan Anda di Chikwenya yang luks atau di African Bush Camps yang memberikannapas baru bagi Taman Nasional Mana Pools. Mana Pools adalah area yang bergantung pada pendanaan swasta untuk mendukung upaya konservasi.


    6. Okinawa, Jepang


    Sejak lama, turis-turis di Jepang mencari pantai layaknya di Hawaii demi mendapatkan pancaran vitamin D. Mereka senang sekali dengan negeri Aloha itu dan nyatanya Anda akan mudah menemukan restoran serta toko pakaian bertema Hawaii di seluruh Tokyo. Serangkaian pembangunan di Okinawa baru-baru ini mengubah salah satu pulau terjauh di negeri sakura menjadi Hawaii versi Jepang. Selain karena Olimpiade yang digelar di Tokyo, arus turis dari Amerika (atau bahkan dari negara yang lebih jauh) akan datang unutk merasakan hangatnya berjemur di destinasi paling cerah milik Negeri Matahari Terbit.


    Hotel terkenal di Waikiki yakni Halekulani akan telah menyambut tamunya di pulau utama Okinawa, tepat di sebelah Busena Marine Park. Penginapan ini menyediakan 308 kamar (termasuk 47 suite dan 5 vila pribadi) dengan motif 'tujuh warna putih' yang elegan dan dekorasi yang dirancang oleh perusahaan asal New York terkenal yaitu Champalimaud Design.

    Selain Halekulani, Hoshino Resorts juga turut menghiasi Okinawa dan membuka empat propertinya di tahun 2020. Pertama adalah Hoshinoya Taketomi yang hanya membutuhkan waktu 10 menit berkendara dengan kapal feri dari Ishigaki. Hotel ini didesain seperti desa dengan elemen-elemen tradisional. Yang kedua adalah Hoshinoya Okniawa yang terletak di pusat dengan pemandangan samudra menakjubkan. Kemudian ada Risonare Kohajima dan Iriomote Hotel, keduanya terletak di daratan yang tak terlalu ramai di luar area kepulauan.


    7. Colorado


    Colorado tentu menjadi destinasi bagi pencinta salju dan kami cukup tertarik dengan W Aspen yang baru saja dibuka bagi Anda yang akan berbulan madu sekaligus beraktivitas après-ski. Tetapi tak ada salahnya jika Anda mempertimbangkan untuk mengunjungi Centennial State di waktu yang lain, berjalan di antara pegunungan dan mata air panas tersembunyi.

    Motel yang dulu menjadi spot pilihan di sepanjang jalan raya Amerika kini sudah ditinggalkan dan sebagian gulung tikar. Layaknya tren pada umumnya, motel kini mulai menarik perhatian kembali setelah wirausahawan muda membeli penginapan tak terpakai dan mengubahnya menjadi destinasi sesuai dengan gaya mereka, dipercantik dengan perabotan hipster dan comfort food. The Colorado Rockies menawarkan beberapa opsi seperti LOGE Breckenridge yang dibuka tahun 2020 untuk menjadi bagian dari penginapan favorit para pengembara seperti Amigo Motor Lodge dan Spoke and Vine Motel.

    Denver juga menjadi kandidat utama sebagai tujuan honeymoon singkat di daerah perkotaan dan cukup bagi Anda untuk merasakan setiap sensasi dari lingkungan sekitarnya. Denver juga menawarkan daya tarik kota besar, banyak makanan dan minuman enak, dan pemandangan yang indah. Bermalamlah di The Ramble, sebuah penginapan yang ditata dengan memadukan hunting lodge dan speakeasy. The Ramble terletak di distrik RiNo di mana graffiti menghiasi Larimer Street dan beberapa menjadi arsitektur paling modern di Amerika yaitu tempat-tempat makan, pasar indoor, dan co-working space. Jangan lewatkan untuk menikmati minum di sebuah winery bernama The Infinite Monkey Theorem. Kemudian, beranjaklah menuju New Americans untuk makan malam di [email protected] Sunday Vinyl, restoran baru Bobby Stuckey yang memenangkan James Beard Award juga menjadi tujuan menarik di Mile High City. Tak hanya sajian makanan dan minumannya, musiknya pun dipilih dengan hati-hati.


    8. Kepulauan Andaman


    Nama kepulauan yang satu ini mungkin tidak begitu familiar di telinga Anda. Namun lihatlah lebih dekat. Terletak di lepas pantai India, Kepulauan Andaman akan menyaingi Maldives sebagai destinasi primadona bagi honeymooners.

    Saat ini ada dua penginapan luks di pulau Havelock adalah Taj Exotica dan Jalakara. Taj Exotica merupakan beach resort mewah dengan fasilitas 54 vila terbentang di salah satu pantai terbaik dengan pasir terbaik di Asia Selatan yaitu Radha Nagar. Kedua adalah Jalakara yang ukurannya lebih kecil, dikelilingi dengan hutan, dan hanya beberapa kamar yang dilapisi beton.

    Bandara internasional perlahan akan dikembangkan. Anda dapat menantikan perkembangan baru yang pesat seketika pembangunan ini selesai. Sementara itu, kepulauan Andaman hanya dapat diakses dari India melalui penerbangan langsung dari Chennai, Kolkata, Bangalore, Hyderabad, Delhi, dan Mumbai. Anda bisa menggunakan kapal feri selama 90 menit menuju Havelock. Kepulauan ini memang terasing, namun inilah waktu yang pas untuk mengeksplorasinya. Perbangan dan feri ke sana terbatas sehingga tak banyak turis yang akan memadati tempat ini.


    9. St. Barths


    Kualitas pelayanan yang baik di St. Barths menjadi pembeda dengan destinasi mewah lainnya di Karibia, ditambah dengan bukit-bukit yang mengitari pantainya yang menawan. Badai Irma pernah menerjang dan merusak properti-properti di pulau ini tahun 2017 lalu dan St. Barths kini perlahan mengembalikan kesempurnaannya dengan jaringan-jaringan hotel yang mulai membangun kembali resor-resor luks. Bagi Anda yang siap untuk mengunjungi tempat-tempat yang baru, Eden Rock bisa menjadi pilihan, Penginapan kelas atas ini bangkit kembali di akhir tahun 2019. Tempatnya didesain ulang dengan mempertahankan konstruksi tahun 1950-an ketika Eden Rock dibuka sebagai spot bersantai ala Hollywood.

    The Cheval Blanc di Flamands Beach juga terlihat jauh lebih baik sejak bulan November 2019. Le Carl Gustaf bertengger apik di pelabuhan Gustavia di bawah manajemen grup Barrière Le Fouquet yang terkenal di Paris. Kemudian ada Guanahani dengan arsitektur khas pedesaan Karibia. Renovasi penginapan ini akan selesai di bulan Oktober 2020.


    10. Fiji


    Turtle Island di Fiji yang terkenal berkat film Blue Lagoon tahun ini akan merayakan hari jadinya yang ke-40 dengan melakukan renovasi menyeluruh. Resor privat pertama di negara ini menawarkan 14 vila, 10 pantai pribadi, dan 500 hektar ruang bebas bagi Anda yang ingin menikmati waktu untuk menyendiri setelah hari pernikahan. Beberapa pelancong tahu bahwa properti ini merupakan salah satu pelopor sustainanillity yang memperkenakan kembali 250 spesies flora asli domestik dan menanam lebih dari jutaan pohon guna mengembalikan pesonanya.

    Fiji masih belum bisa menyaingi daya tarik Maldives, St. Barths, dan Tahiti, namun kepulauan yang terdiri dari 200 pulau ini memiliki banyak area untuk berbulan madu mewah di Kokomo Private Island (destinasi ternama lainnya yang berkonsep sadar lingkungan), Six Senses Fiji, dan Pulau Laucala.

    Penerbangan menuju Fiji kini semakin mudah dengan adanya tambahan pesawat Fiji Airways A350 yang menyediakan penerbangan langsung dari LAX dan SFO. Kondisi ini memungkinkan turis Amerika bertambah sebanyak delapan persen. "Fiji juga tidak terlalu jauh dari New Zealand. Ini adalah kesempatan yang baik bagi para pasangan yang ingin memulai bulan madunya di pantai dan melanjutkannya dengan petualangan," jelas Katie Frederick Jacobson dari Ever After Honeymoons.


    Tambahan spesial: Vermont


    Klasik namun masih memesona. Vermont mungkin kurang membuat orang-orang seluruh dunia kagum dengan surga tropisnya, namun negara bagian Amerika ini kami sarankan bagi Anda yang cukup sibuk dan ingin liburan yang penuh kesan selama tiga hari. Twin Farms adalah opsi terbaik di mana Anda bisa memilih makanan (dan alkohol) dan aktivitas sendiri sehingga Anda dapat mengatur waktu luang di kabin. Setiap guesthouse di properti ini didesain secara unik, mulai dari "Studio" yang memberikan sentuhan modern (dan karya original dari Cy Twombly) hingga "Cottage" yang ditata seperti vila provencal.

    Tamu-tamu yang berkunjung menikmati makan malamnya di farmhouse utama.Setiap makanannya disiapkan secara istimewa dari apa yang mereka tanam sendiri sesuai musimnya dan dipadukan dengan keahlian juru masak yang sudah berpengalaman selama bertahun-tahun di restoran-restoran ternama seluruh dunia. Semua tetap berjalan sama ditambah dengan fasilitas berendam di kolam air panas bergaya Jepang atau berjalan mengitari sungai serta kolam yang ada. Anda akan mendapatkan cara sempurna untuk mengembalikan energi usai acara pernikahan. 




    (Penulis: Brandon Presser; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Erlissa Florencia; Foto: Courtesy of Bazaar US)



    Tags : travel







- RELATED ARTICLE -