• 7 Manfaat Air Mawar untuk Kulit Wajah dan Rambut

    Beauty / Tips


    7 Manfaat Air Mawar untuk Kulit Wajah dan Rambut
    Manfaat air mawar untuk kecantikan sudah tak perlu diragukan lagi, berikut ini 7 manfaatnya! (Image:

    Manfaat air mawar untuk kecantikan sudah tak perlu diragukan lagi, berikut ini 7 manfaatnya!


    Khasiat dan manfaat air mawar untuk kecantikan memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Dilansir dari laman Healthline, air mawar mampu memberikan efek relaksasi karena aromanya yang menyegarkan dan menenangkan, kemudian mampu membantu mencerahkan kulit, mengecilkan pori-pori bahkan melawan tanda-tanda penuaan dini. Air mawar dibuat dengan cara menyaring kelopak bunga mawar lewat uap, dan langkah tersebut telah digunakan untuk kecantikan selama ribuan tahun. Saat ini, sudah banyak produk-produk kecantikan yang menggunakan air mawar sebagai bahan dasarnya. 

    Salah satunya adalah Mamonde. Label kecantikan asal Korea Selatan ini melansir sebuah produk yang dinamakan Rose Water Toner. Sesuai dengan namanya, produk satu ini diperkaya oleh Damask Rose yang tumbuh di Rose Valley yang terkenal di dunia. 

    Sebelum mengenal produk tersebut lebih jauh, mari simak terlebih dahulu tujuh manfaat air mawar untuk kecantikan. Siapa tahu air mawar akan menjadi holy grail ingredient Anda setelah mengetahui ragam manfaatnya.





    1. Menyegarkan Kulit

    Air mawar berkhasiat menjaga keseimbangan pH kulit sekaligus menyegarkan kulit Anda setelah seharian beraktivitas. Kandungan astringent dalam air mawar mampu menyerap minyak berlebih, menyegarkan kulit dan mengecilkan pori-pori. 

    Anda dapat menggunakan air mawar sebagai face mist. Caranya adalah dengan memindahkan air mawar ke botol spray lalu aplikasikan secara langsung pada wajah untuk memberikan kesegaran. Atau pada beberapa label kecantikan, telah tersedia varian rose spray face mist dengan beragam ukuran.

    Anda tidak perlu khawatir, umumnya air mawar aman digunakan pada kulit wajah. Namun, jika Anda memiliki kulit sensitif atau alergi terhadap kandungan ini, sebaiknya hindari penggunaannya.


    2. Sebagai Pembersih Riasan Wajah

    Kemampuan air mawar berikutnya yang  dinilai cukup efektif, yakni mampu membersihkan riasan wajah tanpa menyebabkan iritasi. Antioksidan yang terkandung di dalamnya dapat mencegah kulit dari kerusakan sel akibat radikal bebas dan polusi. Caranya, tuang air mawar pada kapas secukupnya dan bersihkan riasan wajah Anda secara lembut. 


    3. Membuat Kulit Lebih Kenyal, Halus dan Elastis

    Air mawar memiliki kandungan vitamin C dan kaya akan antioksidan yang membantu produksi kolagen dan melindungi kulit dari bahaya radikal bebas. Kolagen sendiri memiliki fungsi untuk menghaluskan, mengencangkan dan membuat kulit terasa lebih kenyal. 


    4. Menghilangkan Jerawat 

    Memiliki kulit wajah yang berjerawat tentu dapat mengganggu penampilan. Namun, Anda dapat mencoba menggunakan air mawar sebagai toner untuk mengatasi masalah jerawat. Sifat anti inflamasi yang terkandung di dalam air berkhasiat ini terbukti ampuh untuk mengobati peradangan dan menghilangkan bakteri penyebab jerawat bahkan ampuh untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat jika digunakan secara rutin. 


    5. Melawan Penuaan Dini

    Penuaan dini adalah salah satu masalah kulit yang sangat ingin dihindari oleh kebanyakan wanita. Seiring dengan bertambahnya usia, kondisi kulit seperti ini pasti akan dialami oleh semua orang, baik pria maupun wanita. Faktor-faktor seperti terpapar sinar matahari, polusi, stres, pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat dapat berkontribusi terhadap munculnya tanda-tanda penuaan. Air mawar sering ditemukan dalam produk kecantikan yang bertujuan mengurangi keriput. Sifat anti-aging dan antioksidannya dapat mengurangi munculnya penuaan dini seperti garis halus dan keriput. 


    Baca juga : 8 Manfaat Kunyit untuk Kulit Wajah


    6. Menyembuhkan Luka Lebih Cepat dan Mengurangi Kulit Kemerahan

    Air mawar memiliki sifat antiseptik dan anti bakteri yang dipercaya mampu membantu menyembuhkan luka lebih cepat. Selain itu, sifat anti-inflamasinya dapat mengurangi kemerahan pada kulit. 



    7. Melembutkan Rambut

    Tidak hanya baik untuk kulit, air mawar juga mampu memberi kelembutan pada rambut Anda. Gunakan beberapa tetes air mawar ke dalam sampo atau kondisioner untuk menambah kelembapan pada rambut. Apabila Anda menginginkan cara yang lebih praktis, Anda dapat langsung memilih produk perawatan rambut yang telah mengandung rose water di dalamnya. 


    Untuk mendapatkan manfaat air mawar dalam satu produk, Mamonde Rose Water Toner menawarkan efek menenangkan sekaligus melembapkan saat diaplikasikan ke kulit. Bunga Damask Rose yang tumbuh dengan embun pagi memberi kelembutan saat diusapkan ke kulit. 




    Rose Water Toner ini juga bisa digunakan dengan berbagai cara. Mulai dari digunakan seperti toner biasa, yaitu dituangkan ke kapas lalu ditepukkan ke seluruh area wajah, hingga menjadi facial mist untuk menenangkan kulit. Anda juga bisa menuangkan produk ini ke spons makeup sebelum menggunakan alas bedak untuk mendapatkan riasan wajah yang membaur sempurna.




    Demi mendapatkan manfaat yang mendalam, letakkan beberapa kapas yang telah dibasahi oleh Rose Water Toner di seluruh area wajah selama 10 menit sebagai pengganti sheet mask. Anda juga bisa membuat pelembap wajah sendiri dengan mencampur produk ini bersama facial oil.

    Terakhir, Anda juga bisa mencampurkan Rose Water Toner ini dengan bubuk seperti bubuk green tea, dan taburkan di atas sheet mask untuk menciptakan perawatan kulit ekstra.

    Produk ini bisa didapatkan dengan mudah secara online dan eksklusif di Shopee. Silakan klik di sini untuk segera mendapatkannya.




    (Foto: Courtesy of Evgeny Ustyuzhanin©123RF.com )










- RELATED ARTICLE -