• Keputusan Mundur Harry & Meghan Telah Dibahas Bersama Ratu

    People / News


    Keputusan Mundur Harry & Meghan Telah Dibahas Bersama Ratu

    Beberapa sumber mengatakan bahwa Harry & Meghan tetap akan mundur dari peran senior kerajaan dan bagaimana Ratu Elizabeth merealisasikannya.


    Pernyataan Pangeran Harry dan Duchess Meghan sepanjang 195 kata yang menerangkan tentang keputusan mereka untuk mundur dari peran senior Kerajaan Inggris bisa saja mengejutkan bagi anggota keluarga kerajaan lainnya, termasuk Ratu Elizabeth. Namun tidak dengan pemberitaannya. Hal ini disampaikan oleh seorang sumber kepada BAZAAR.com.


    Para pengurus senior mengungkapkan jika rencana masa depan dan ambisi pasangan Sussex ini telah dibicarakan kepada pihak internal di semua tingkatan selama beberapa bulan sebelumnya sampai akhirnya berita yang mengguncangkan itu keluar di tanggal 8 Januari 2020. Harry dan Meghan telah merencanakan untuk tidak memberitakan apapun ke media hingga semua prosesnya selesai. Namun setelah agenda mereka ini bocor ke tangan tabloid The Sun, seorang sumber terdekat mengatakan, "Mereka merasa telah disudutkan." Ia melanjutkan, "Apa yang mereka lakukan saat ini hanyalah bertindak sekarang atau kehilangan kendali atas apa yang telah mereka kerjakan selama ini."





    Berita ini memang membuat banyak orang terbelalak. Tetapi menurut seorang pengurus tinggi di sana, reaksi kerajaan sebenarnya jauh dari tanggapan dramatis dan emosional seperti yang banyak disampaikan. Tidak ada satupun yang marah dan tidak ada yang ingin menghukum siapapun. Tindakan cepat untuk mengatasi problem ini kini bukanlah hal yang ideal, namun rencana itu sendiri bukan menjadi perkara. Kejadian ini tidak dikatakan sebagai krisis, melainkan upaya untuk membantu Harry dan Meghan mewujudkan impian mereka.



    Impian itu diperkirakan akan mereka raih dalam hitungan hari sebagaimana dikonfirmasi oleh pihak Istana Buckingham. Hari Kamis kemarin, Ratu Elizabeth, Pangeran Charles, dan Pangeran William mengutus tim mereka untuk bermediasi dengan pemerintah dan pengurus inti Sussex guna memperoleh solusi yang dapat diterapkan dengan cepat. Diskusi yang juga melibatkan Pangeran Harry pun sudah diadakan di sepanjang hari itu.


    Tak ada yang berubah dari keinginan Duke of Sussex. Mimpi pasangan ini memang ambisius, tetapi masih bisa dicapai dengan cara membangun sistem kerja baru yang memungkinkan mereka untuk menyeimbangkan antara tugas resmi atas nama Ratu Elizabeth dan kepentingan filantropi mereka sendiri yang didanai secara independen di bawah lembaga Sussex Royal. Dengan mandiri secara finansial (termasuk tidak menerima tunjangan pemerintah dari Sovereign Grant), mereka akan bebas memilih kegiatan amal. Seorang sumber juga mengatakan bahwa mereka dapat bekerja tanpa ada batasan yang tidak mungkin dapat mereka lakukan saat ini.


    Satu gerakan perubahan yang ingin dilakukan oleh pasangan ini adalah dalam mengendalikan berita seputar pekerjaan mereka. Saat ini, penyiaran mereka diatur oleh Royal Rota, sebuah sistem gabungan yang memungkinkan akses resmi hanya bisa didapatkan oleh tabloid dan koran-koran Inggris (media lain dipaksa untuk tidak menampakkan dirinya). The Cartel menjadi andalan bagi Harry dan Meghan setelah mereka mengetahui soal beberapa grup koresponden kerajaan. "Mereka melihat bahwa versi saat ini sudah kuno sehingga ingin sekali untuk menggantinya," ujar seorang sumber. Ia juga menyampaikan bahwa upaya perubahan telah dilakukan berkali-kali namun tidak menemukan hasil. "Apabila [semua jenis] media massa termasuk media luar negeri dan outlet digital ingin mendapat akses untuk meliput pekerjaan Harry dan Meghan, pasangan ini jelas harus mendanainya sendiri."





    Seorang juru bicara menyebut ide-ide ini sebagai pendekatan pertahap, terlebih pasangan Sussex telah merumuskannya sejak awal musim gugur tahun lalu. Hasil dari ide mereka adalah SussexRoyal.com, situs resmi mereka yang sekarang menyajikan detail jelas tentang peran keduanya di masa depan. Jauh dari sentuhan istana, situs ini ditulis oleh seseorang yang dikenal oleh Harry dan Meghan dan didesain oleh Made by Article, perusahaan berbasis di Toronto yang juga sukses membuahkan blog gaya hidup milik Meghan yakni The Tig sebelum situsnya ditutup.


    "Hanya sedikit orang yang terlibat dalam prosesnya, namun mereka mampu menjaga informasi yang mereka dapat secara rahasia," kata sumber dari Sussex. Jutaan orang sudah mengunjungi portal ini sejak peluncuran pertamanya. Harry dan Meghan juga dibanjiri dengan pesan-pesan suportif dari badan-badan amal dan organisasi yang pernah bekerja sama dengan mereka serta teman-teman dekat dari seluruh dunia.


    Meghan diperkirakan kembali ke Kanada pada Kamis sore, di mana putranya yakni Archie Mountbatten-Windsor berada dan sedang dirawat dengan baik oleh Jessica Mulroney sahabatnya dan seorang pengasuh. Harry akan menyusul secepatnya. "Mereka merasa percaya diri," ucap rekannya. "Harry dan Meghan sadar bahwa mereka akan dikiritik dan mungkin juga difitnah karena mereka mengambil kendali atas hidup mereka. Tetapi, membangun masa depan yang positif bagi mereka sendiri dam keluarganya selalu menjadi prioritas," imbuhnya.


    (Penulis: Omid Scobie; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Erlissa Florencia; Foto: Courtesy of Bazaar UK) 










- RELATED ARTICLE -