• Meghan Markle dan Harry Tak Lagi Tergabung dengan Royal Rota

    Culture / News


    Meghan Markle dan Harry Tak Lagi Tergabung dengan Royal Rota

    Tapi apakah sebenarnya itu? Kami menjelaskannya.


    Sebagai bagian dari keputusan mereka untuk mundur sebagai bangsawan senior dan menjadi mandiri secara finansial dari Mahkota, Duke dan Duchess of Sussex telah mengonfirmasi bahwa mereka tidak akan lagi mengambil bagian dalam sistem media tradisional 'Royal Rota'.

    Setelah merilis pernyataan pribadi yang mengumumkan transisi baru ini, Meghan dan Harry mengunggah informasi tambahan ke situs web mereka, Sussexroyal.com, berbagi rincian lebih lanjut tentang komitmen kerja masa depan mereka, pendanaan dan rencana media, yang ditulis dalam format tanya jawab.

    "Pada musim semi 2020, Duke dan Duchess of Sussex akan mengadopsi pendekatan media yang direvisi untuk memastikan keberagaman dan membuka akses ke pekerjaan mereka," jelas situs web tersebut. "Penyesuaian ini akan menjadi pendekatan bertahap saat mereka menyesuaikan diri dengan normalitas baru dari peran mereka yang diperbarui."




    Mereka kemudian mengklarifikasi bahwa ini termasuk terlibat dengan "organisasi media akar rumput dan jurnalis muda yang sedang naik daun", bekerja secara langsung dengan organisasi media "spesialis" dan "kredibel" pada saat-saat penting, dan "tidak lagi berpartisipasi dalam sistem Royal Rota". Mereka akan terus berbagi berita dan pengumuman melalui akun Instagram Sussex Royal mereka.


    Tapi Apakah Sebenarnya Royal Rota?

    Royal Rota adalah sistem media resmi yang didirikan lebih dari 40 tahun yang lalu sebagai cara untuk memberikan media cetak dan siaran Inggris "akses eksklusif ke dalam keterlibatan resmi anggota keluarga kerajaan", jelas Sussexroyal.com.

    Rota, yang juga dikenal sebagai the pool, memungkinkan publikasi dan outlet media Inggris untuk secara eksklusif meliput suatu acara - seperti pernikahan kerajaan atau pengumuman kelahiran bayi Archie, misalnya - dengan pengertian bahwa mereka akan berbagi fakta apa pun yang diperoleh dengan anggota pers lain yang mungkin memintanya. Untuk alasan ruang dan keamanan, jarang untuk memungkinkan semua media yang ingin meliput suatu acara mendapat akses yang sama ke acara itu. Oleh karena itu sistem the pool diperkenalkan sebagai langkah praktis untuk membantu distribusi cakupan.

    Perjanjian Royal Rota juga mengharapkan bahwa jika anggota keluarga kerajaan akan merilis foto yang sebelumnya tidak terlihat, mereka akan melakukannya melalui rota (yang empat dari tujuh adalah tabloid Inggris), baik secara bersamaan atau sebelum rilis mereka sendiri. "Formula ini memungkinkan publikasi terpilih ini mengambil untung dengan menerbitkan gambar-gambar ini di situs web mereka atau halaman depan," jelas Sussexroyal.com. "Setiap pelanggaran dalam pemahaman ini menciptakan dampak jangka panjang."


    Media Mana Saja yang Termasuk ke Dalamnya?

    Kelompok inti perwakilan media Inggris dengan akses Royal Rota adalah: The Daily Express, The Daily Mail, The Daily Mirror, The Evening Standard, The Telegraph, The Times dan The Sun. Gerai-gerai ini dimaksudkan sebagai sumber berita utama di mana organisasi media di seluruh dunia menerima konten tentang keterlibatan resmi Keluarga Kerajaan.


    Masalah yang Timbul

    Salah satu masalah utama dengan Royal Rota saat ini adalah bahwa "mendahului transformasi dramatis pelaporan berita di era digital", seperti yang ditunjukkan oleh Sussex di situs web mereka. Ketika rota diimplementasikan lebih dari 40 tahun yang lalu, publikasi cetak dan outlet siaran adalah sumber utama berita; sekarang tentu saja, akselerasi digital telah mengubah cara kita berbagi dan mengonsumsi informasi.

    Rota ini juga ada sebelum media sosial; banyak berita kerajaan - termasuk pengumuman Meghan dan Harry baru-baru ini untuk mundur - sekarang dibobol langsung melalui akun Instagram dan Twitter resmi keluarga, yang memungkinkan organisasi media mana pun di dunia untuk melaporkannya secara langsung.



    Situs web Sussex Royal juga menunjukkan bahwa, sementara koresponden kerajaan Inggris dianggap secara internasional sebagai sumber yang dapat dipercaya, mereka juga - secara tidak benar - dianggap sebagai sumber berita kehidupan pribadi keluarga kerajaan.


    "Kesalahpahaman ini mendorong peliputan yang sering dilakukan oleh outlet-outlet lain di seluruh dunia, yang sering menambah kesalahan pelaporan," katanya. "Sayangnya, kisah-kisah yang mungkin telah diajukan secara akurat oleh koresponden kerajaan, juga, sering diedit atau ditulis ulang oleh tim editorial media untuk menyajikan kesan palsu." Kemungkinan Meghan dan Harry berharap bahwa dengan bekerja secara langsung dengan organisasi media lain yang mereka pilih, mereka akan dapat memiliki kontrol lebih besar atas kesalahan pelaporan ini. Mereka sudah bekerja secara langsung dengan publikasi lain seperti National Geographic dan Time Magazine.



    Struktur saat ini, di mana anggota keluarga kerajaan diharapkan untuk melepaskan foto-foto yang sebelumnya tidak terlihat melalui jatah, juga membuatnya menantang bagi Sussex untuk "secara pribadi berbagi momen hidup mereka secara langsung dengan publik (melalui media sosial misalnya), tanpa terlebih dahulu melalui filter Royal Rota ", situs web menjelaskan. Tanpa jatah, Meghan dan Harry akan memiliki lebih banyak kebebasan atas jadwal media mereka sendiri.


    Mengapa Duke dan Duchess of Sussex Memutuskan untuk Mengubah Kebijakan Media Mereka Sekarang?

    Keputusan itu dibuat untuk "mencerminkan perubahan mereka yang akan datang sebagai anggota keluarga kerajaan dengan kemandirian finansial, dan keinginan mereka untuk membentuk kembali dan memperluas akses ke pekerjaan mereka", jelas Sussexroyal.com.

    Mereka menambahkan bahwa mereka percaya pada "industri media yang bebas, kuat dan terbuka, yang menjunjung tinggi akurasi dan mendorong inklusivitas, keberagaman, dan toleransi". Mereka mengakui bahwa peran mereka sebagai anggota keluarga kerajaan tunduk pada kepentingan, dan oleh karena itu, mereka "mendukung pelaporan media yang akurat dan jujur ​​serta dimintai pertanggungjawaban jika perlu. Sama seperti setiap anggota masyarakat, mereka juga menghargai privasi sebagai individu dan sebagai keluarga."


    Konfilk Tabloid

    Pasangan ini telah menyuarakan tentang perjuangan mereka dengan sorotan media dalam beberapa bulan terakhir, dan khususnya perlakuan terhadap Meghan oleh tabloid. Mereka telah mengambil tindakan hukum terhadap publikasi tertentu atas tuduhan peretasan telepon dan berbagai cerita - khususnya beberapa tentang hubungan Meghan dengan ayahnya.

    Secara alami, ini menghadirkan konflik yang jelas dengan Royal Rota. Duke dan Duchess of Sussex meluncurkan proses hukum terhadap pemilik The Sun, The Mirror dan The Mail pada hari Minggu tahun lalu - ketiganya terhubung ke Royal Rota. Sementara pasangan itu tidak membahas detail tentang proses hukum ini di situs web mereka, tidak diragukan lagi merupakan faktor besar dalam keputusan mereka untuk mengubah kebijakan media mereka.




    (Penulis: /; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Putri Arifa Malik; Foto: Courtesy of Bazaar UK)









- RELATED ARTICLE -