• Resolusi Tahun Baru: Berhenti Minum Alkohol Selama Sebulan

    Beauty / Tips


    Resolusi Tahun Baru: Berhenti Minum Alkohol Selama Sebulan

    Kami di sini untuk memberi tahu manfaatnya.


    Liburan adalah waktu yang tepat untuk berpesta, mencicipi alkohol, menyisip wine, champagne, pastinya Anda turut serta mengambil bagian jika menginginkannya.

    Tetapi ketika tanggal 1 Januari tiba, banyak orang mulai kembali pada jadwalnya dan menjalani rutinitas, umumnya mereka merasa kembali seperti masa sebelum liburan. Apabila Anda adalah seseorang yang mencari pemulihan kesehatan tanpa melibatkan perubahan seluruh menu santapan Anda, mungkin tertarik dengan Dry January.





    Apa itu Dry January?

    Sebenarnya, itu cukup mudah, Anda hanya perlu menghindari mengonsumsi alkohol selama bulan Januari. 

    Konsep ini sebenarnya berasal dari Inggris pada tahun 2013, ketika kelompok non-profit yang bernama Alcohol Change UK memulai gerakan ini dengan tujuan mengumpulkan uang untuk meningkatkan kesadaran dan memberikan perawatan terhadap penyalahgunaan alkohol.

    Tren ini tersebar di seluruh dunia, dan sekarang banyak orang memilih untuk ambil bagian dalam Dry January sebagai cara yang mudah untuk mengurangi konsumsi minuman alkohol atau sebagai pemulihan kesehatan setelah satu atau dua bulan berpesta.


    Bagaimana cara mengetahui jika Dry January merupakan solusi yang tepat bagi saya?

    Jika Anda ingin berpantang alkohol selama sebulan penuh, penting untuk memahami mengapa Anda melakukannya. Sangat normal untuk ingin mengurangi konsumsi minuman alkohol setelah liburan, terutama jika Anda merasa belum memiliki kendali atas asupan alkohol Anda baru-baru ini. Pertama, penting untuk memahami apa yang bahkan dianggap sebagai mengonsumsi minuman alkohol terlalu banyak.

    Menurut National Institute on Alcohol Abuse and Alcoholism, yang dimaksud dengan heavy drinking adalah mengonsumsi lebih dari tujuh minuman alkohol dalam satu minggu; binge drinking adalah mengonsumsi lebih dari empat minuman alkohol dalam dua jam. Kedua, Anda harus tahu bahwa konsumsi alkohol jenis ini memiliki efek negatif pada kesehatan, sehingga merupakan alasan bagus untuk mempertimbangkan kembali kebiasaan minum Anda.

    "Saat binge drinking, kadar alkohol dalam darah meningkat dengan cepat, dan dengan meningkatnya kadar alkohol dalam darah, risiko penurunan kesehatan meningkat," kata Trang M. Vu, MD, asisten profesor kedokteran di Icahn School of Medicine di Mount Sinai. Penurunan kesehatan ini termasuk berkurangnya sifat untuk menahan diri, diskoordinasi motorik, dan masalah ingatan yang dapat menyebabkan kecelakaan mobil, jatuh, perilaku berisiko atau kekerasan, dan banyak lagi.

    Bahkan mengonsumsi minuman alkohol terlalu banyak dapat menyebabkan masalah kesehatan: "Seiring waktu dapat menyebabkan masalah medis kronis seperti penyakit hati kronis, tekanan darah tinggi, peningkatan risiko kanker tertentu, osteoporosis, sakit saraf, dan gangguan penggunaan alkohol," kata dr. Trang.

    Jika Anda binge drinking atau heavy drinking, konsultasikan dengan dokter Anda sebelum tiba-tiba memutuskan untuk berhenti mengonsumsi minuman alkohol selama sebulan. "Binge drinking atau heavy drinking dapat membangun toleransi Anda terhadap efek alkohol, dan berhenti dapat menyebabkan alcohol withdrawal, yang dapat berkisar mulai dari gemetaran, cemas, lekas marah, susah tidur, mual, dan muntah hingga gejala yang sangat parah seperti halusinasi, delirium, koma, kejang, dan kematian," kata dr. Trang. Dokter Anda dapat membantu menentukan cara terbaik untuk memperlambat atau berhenti konsumsi minuman alkohol berdasarkan kebiasaan Anda saat ini.

    Jika Anda tidak merasa memiliki masalah alkohol, tetapi tetap ingin mencoba Dry January, hal tersebut dapat menghasilkan beberapa manfaat positif bagi kesehatan. Anda mungkin tidak akan melihatnya dalam bulan pertama, kata dr. Trang, tetapi jika Anda memutuskan untuk terus membatasi asupan alkohol atau tidak melakukan semuanya, Anda akan merasakan lebih sehat seperti yang tercantum di bawah ini. 


    Jadi... apa manfaat kesehatan dari Dry January?

    Ada banyak potensinya. Inilah yang dapat Anda harapkan:

    1. Anda akan dapat tidur lebih baik dan memiliki lebih banyak energi

    "Ini mungkin terdengar kontra-intuitif, karena kebanyakan dari kita cenderung cepat pingsan setelah minum minuman alkohol dengan porsi lebih banyak dari biasanya, tetapi terlalu banyak alkohol justru mengacaukan kondisi tidur Anda," kata Brigitte Zeitlin, RD, pemilik BZ Nutrition di kota New York.

    Ia menambahkan bahwa, setelah minum sedikit, tubuh Anda tidak mendapatkan kesempatan untuk mencapai tidur nyenyak (misalnya REM Sleep) sesuai yang Anda butuhkan untuk membantu tubuh Anda menghilangkan stres, memperbaiki, dan melengkapi diri untuk hari yang akan datang.

    Namun ketika Anda membuang alkohol, Anda tidak akan lagi mengalami kantuk yang bercampur dengan gelisah. "Berlatih satu bulan sober akan meningkatkan kenyamanan tidur dan membuat Anda merasa lebih tenang serta berenergi di pagi hari," kata Brigitte. 


    2. Dapat memiliki kulit yang bersih

    Alkohol adalah diuretik, yang artinya bisa membuat Anda pergi ke kamar mandi lebih sering — dan pada akhirnya membuat Anda sedikit dehidrasi, kata Brigitte. Dan dehidrasi itu bisa sangat merugikan kulit Anda.

    "Kita cenderung lupa bahwa kita masih perlu fokus pada hidrasi selama bulan-bulan dingin berlangsung karena kita tidak akan berkeringat, tetapi musim dingin ini justru mengeringkan kulit dan tubuh Anda lebih dari yang Anda sadari," jelasnya. "Dengan membuang alkohol dan meningkatkan asupan air Anda, hal tersebut merupakan keputusan terbaik untuk mengatasi kondisi hidrasi Anda dan akan membuat kulit Anda terasa lebih sehat dan terlihat lebih bercahaya."

    Selain itu, tingginya kadar garam dan gula dalam minuman beralkohol dapat memicu hormon IGF-1, yang menyebabkan produksi minyak berlebih di kulit Anda (hai, jerawat!). Kadar insulin yang tinggi ini dapat menyebabkan peradangan dan memicu timbulnya jerawat. Cairan minuman alkohol berpotensi meningkatkan jerawat bagi mereka yang sudah memilikinya, seperti yang dilaporkan sebelumnya di Women's Health.


    3. Anda bisa menurunkan berat badan

    Dapat menurunkan berat badan ketika Anda berhenti minum minuman alkohol adalah standar, kata Brigitte — bahkan, jika Anda tidak membuat perubahan lain pada diet Anda (kecuali untuk mengurangi alkohol), mungkin Anda masih bisa menurunkan berat badan.

    "Satu minuman beralkohol biasanya mengandung sekitar 150 hingga 200 kalori, dan bisa lebih," kata Brigitte. "Selain itu, ketika kita banyak minum minuman alkohol, kita cenderung makan dalam porsi lebih banyak daripada yang kita sadari, sehingga mengurangi konsumsi alkohol kemungkinan juga dapat membantu Anda untuk mengurangi pola makan secara berlebihan yang biasanya terjadi setelah meneguk koktail ketiga (atau keempat atau kelima)."


    Sebagai bonus tambahan, mungkin Anda juga tidak terlalu merasa kembung atau bloated karena minum minuman alkohol terlalu banyak, serta dapat membuat Anda merasa lebih ramping dan lebih baik secara alami, kata Brigitte.


    4. Sistem kekebalan tubuh Anda bisa menjadi lebih kuat

    Mabuk dapat menekan fungsi kekebalan tubuh, sehingga dapat membuat Anda lebih rentan terhadap patogen yang menyebabkan pilek dan flu, atau penyakit lainnya, kata dr. Keri Peterson, MD, anggota dewan penasihat Women's Health. Selain itu, sering minum minuman alkohol dapat menyebabkan peradangan di seluruh tubuh. Sehingga dengan berhenti melakukan hal tersebut dapat membantu Anda melawan penyakit musiman dengan lebih baik. Anda juga bisa tidur lebih baik karena tidak merasa sakit.


    5. Anda mungkin merasa tidak terlalu cemas

    Sehari setelah minum minuman alkohol, Anda mungkin mengalami mual dan sakit kepala yang datang bersamaan dengan mabuk. Tetapi Anda mungkin juga mengalami apa yang disebut "hang-xiety," atau perasaan cemas yang dialami sebagai bagian dari mabuk, kata dr. Keri. Jika Anda menjauhi minuman alkohol selama sebulan, Anda akan mabuk dan terbebas dari hang-xiety, yang berarti Anda akan mendapatkan malam yang lebih damai dan pagi yang tidak terlalu mengkhawatirkan.


    6. Sakit kepala Anda akan berkurang

    Apa manfaat lain dari Dry January? Sakit kepala berkurang, kata dr. Keri. Sakit kepala biasanya disebabkan oleh dehidrasi yang terjadi ketika Anda minum. Selain itu, juga merupakan gejala mabuk klasik yang tidak perlu Anda khawatirkan selama bulan Dry Anda.


    7. Kesehatan Anda secara keseluruhan akan meningkat

    Ketika tubuh Anda menyesuaikan diri dengan kurangnya alkohol, tekanan darah Anda kemungkinan akan lebih rendah dan hati Anda akan pulih dari efek apa pun akibat minum minuman alkohol, kata dr. Keri.


    Ini kedengarannya hebat... tapi bagaimana saya bisa melakukan Dry January?

    Pertama, tentukan dan pahami mengapa Anda berkomitmen untuk melakukan Dry January. "Mengetahui motivasi Anda akan membuat Anda lebih memperhatikan pemicu atau saat-saat ketika ingin menyerah," kata Brigitte. "Memanfaatkan alasan pribadi, semisal mengapa Anda melakukan hal ini, akan membantu Anda melalui 31 hari tersebut."

    Kemudian, komitmen diri Anda untuk membuang minuman alkohol. Brigitte menyarankan untuk merekrut seorang teman atau anggota keluarga agar dapat melakukan Dry January bersama dengan Anda, karena mungkin Anda akan merasa lebih mudah untuk tetap sober pada Sabtu malam jika Anda tidak melakukannya sendirian.

    Anda juga dapat membuatnya sedikit lebih mudah pada diri sendiri dengan menghindari pemikiran apa yang seharusnya Anda lewatkan — dan ketika Anda pergi keluar, minumlah minuman hidrasi lain seperti air (biasa atau sparkling), teh (hangat atau es), atau minuman lain seperti matcha latte, kata Brigitte. Mocktail atau koktail bebas alkohol, selalu menjadi pergantian yang baik.

    Anda juga dapat menukar agenda "minum-minum" bersama teman-teman dengan kegiatan yang hanya berjalan-jalan, pergi ke kelas olahraga, atau hanya makan malam, karena sebenarnya, Anda tidak perlu alkohol dalam setiap situasi sosial.


    Oke, tapi apa yang terjadi ketika Februari tiba?

    Hal pertama yang disarankan Brigitte adalah memeriksa diri sendiri (manfaat lain dari Dry January adalah memiliki kesempatan untuk menilai hubungan Anda dengan minuman alkohol, katanya).

    "Tanyakan pada dirimu bagaimana perasaanmu tanpa minuman alkohol. Apakah Anda memiliki lebih banyak energi, menghemat lebih banyak uang, atau kehilangan beberapa kilogram seperti yang Anda inginkan?” katanya. "Kemudian gunakan hal ini sebagai titik awal untuk menyesuaikan kembali hubungan Anda dengan alkohol, jika itu diperlukan."

    Dalam beberapa kasus, mereka yang secara sukarela berhenti minum alkohol selama sebulan mungkin berakhir dengan minum alkohol lebih sedikit bahkan setelah periode berakhir — itulah yang terjadi dalam penelitian tahun 2016 yang diterbitkan dalam jurnal Health Psychology; setelah berpartisipasi dalam Dry January, peserta melaporkan mereka memiliki kebiasaan minum yang lebih sehat bahkan setelah periode berakhir.

    Namun, jika Anda tidak merasakan perubahan, tidak apa-apa untuk kembali pada bagaimana hubungan Anda dengan alkohol sebelum periode dimulai. Hanya perlu diingat bahwa Dry January masih merupakan ide bagus untuk membatasi minuman alkohol Anda pada satu atau dua minuman setiap malam, kata Brigitte — atau tidak lebih dari tujuh minuman per minggu untuk seorang wanita, menurut Institut Nasional Penyalahgunaan Alkohol dan Alkoholisme.



    (Penulis: Kristin Canning dan Emilia Benton; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Elizabeth Michelle; Foto: Courtesy of Bazaar UK) 










- RELATED ARTICLE -