• 15 Lagu Bertema Cinta Terbaik untuk Playlist Anda

    Culture / News


    15 Lagu Bertema Cinta Terbaik untuk Playlist Anda

    Merasakan kekuatan asmara lewat lagu-lagu cinta populer terbaik sepanjang masa berikut ini.


    Terlepas dari berbagai bentuk ungkapan cinta, para musisi memiliki caranya tersendiri untuk merangkai dan mengekspresikan kasih sayangnya dalam bentuk sebuah lagu yang akan meluluhkan (dan membuat pilu) hati pendengarnya.

    Mulai dari lagu perkenalan dari The Beatles hingga perasaan cinta dari Lauryn Hill dan D‘Angelo yang membuat keduanya melupakan segala hal, kami telah merangkum beberapa lagu cinta terbaik sepanjang masa. 


    1. I Will Always Love You - Whitney Houston


    Lagu cinta terbaik pada dasarnya ialah yang menceritakan tentang perpisahan. Tidak terkecuali adalah I Will Always Love You yang sebelumnya ditulis oleh Dolly Parton di tahun 1974 setelah ia mengakhiri hubungan tanpa landasan rasa cinta.

    Ia juga pernah menyebutnya sebagai tembang yang sederhana dan tulus. Pada tahun 1992, Whitney Houston melantunkan lagu ini kembali dengan suaranya yang sangat merdu dan melambungkannya menjadi salah satu lagu cinta paling powerful sepanjang masa.

    Crescendo selama tiga menit terdengar begitu luar biasa sekaligus memilukan sebagai tembang yang merepresentasikan kisah cinta abadi. I Will Always Love You merupakan sebuah bukti bahwa Whitney Houston mampu bernyayi dalam berbagai melodi.


    2. So High - John Legend


    Berbagai pendapat yang dilontarkan oleh penikmat lagu So High di kolom komentar YouTube pada video klipnya membuktikan bahwa ada sekian banyak orang yang telah terbius oleh John Legend. Alih-alih berisi cercaan dan kritikan, komentar yang tertulis di sana banyak berisi tentang cerita pernikahan dan perayaan anniversary.

    Ada pula penggemarnya yang mengungkapkan bagaimana lagu ini menjadi soundtrack bagi momen-momen penting dalam hidup mereka. So High adalah salah satu lagu bop dari album John Legend yang berjudul Get Lifted. Lagu ini cocok dalam segala situasi, baik momen bahagia saat pernikahan maupun ketika Anda tengah dilanda kesedihan.


    3. Something - The Beatles


    Something merupakan sebuah pernyataan cinta dalam bentuk lagu klasik dari The Beatles yang tidak akan habis dimakan waktu. Berkisah tentang cinta yang baru saja bersemi, lirik lagu Something lebih terlihat seperti coretan pujangga yang mengawali sebuah buku harian.

    George Harrison mengutarakan  hal-hal kecil yang membuatnya jatuh cinta pada seorang gadis, termasuk dari gerak-gerik dan rayuannya.


    4. Some Unholy War - Amy Winehouse


    Terkadang sulit untuk memahami makna lagu Some Unholy War. Memasuki awal usianya yang ke 20, ada seorang pria yang sangat disanjung dan dipertahankan oleh Amy Winehouse. Sesuai dengan apa yang diceritakan dalam film dokumenternya yang berjudul Amy, pria tersebut merupakan seseorang yang membuatnya patah hati dan merusak dirinya sendiri.

    Lagu ini menyiratkan arti kesetiaan, sebuah pernyataan devosi kuat yang bahkan membuatnya mengakhiri hidup. Some Unholy War membuat sosok Amy tak hanya nampak lebih anggun dan kuat tetapi juga sangat rapuh dalam kisah yang tragis.


    5. At Last - Etta James


    Ada emosi tertentu pada sosok dan karakter Etta James yang membuatnya menjadi penyanyi ikonis dan abadi. At Last mampu menunjukkan bagaimana Etta sepenuhnya menerima kehadiran cinta dalam hidupnya melalui vokalnya yang kuat dan mantap.

    Tak hanya lewat suara, dalamnya makna lagu ini pun tersirat pada lirik yang berisi tentang ungkapan rasa syukurnya sebab ia telah bertemu dengan seseorang yang ia cintai. Lebih dari itu, At Last  merupakan sebuah lagu yang menunjukkan arti dan buah kesabaran.


    6. Love on Top - Beyonce


    Beyonce menunjukkan kekuatan vokal yang menakjubkan di lagunya yang berjudul Love on Top. Keceriaan yang hidup dalam lagu ini membuatnya menjadi salah satu ode terbaik dari Beyonce bagi sang suami, Jay-Z, meskipun mereka sempat berada di masa-masa kelam seperti yang disiratkan lewat musik di album Lemonade


    7. You Make Me Feel So Young - Frank Sinatra


    Frank Sinatra mampu membuat semua lagu terdengar begitu romantis. Pada lagu You Make Me Feel So Young, ia bernyanyi dengan suara baritone-nya dengan imbuhan bunyi siulan dan dentang lonceng. Frank mengungkapan bagaimana cinta dapat mempengaruhinya dalam waktu yang cukup singkat.


    8. Nothing Even Matters - Lauryn Hill ft. D’Angelo


    Sebelumnya, Lauryn Hill dan D‘Angelo masing-masing telah menciptakan banyak lagu cinta unggulan. Mereka lalu berkolaborasi bersama dalam lagu berjudul Nothing Even Matters yang mampu menggetarkan hati.

    Lagu ini menunjukkan bahwa cinta tak hanya mampu meredam segala kebisingan dan tekanan dalam diri, namun juga mengabaikan segalanya bahkan termasuk panggilan penting dari bos Anda. 


    9. If I Ain’t Got You - Alicia Keys


    If I Ain‘t Got You adalah salah satu lagu cinta yang tak kalah enak untuk didengarkan. Anda pun bisa menyanyikan lagu ini sekeras-kerasnya ketika sedang berada sendirian di rumah selama akhir pekan. Suara Alicia Keys yang kuat terdengar begitu mengagumkan dan manis seiring irama musik.

    If I Ain‘t Got You merupakan tembang di puncak masa keemasan Alicia. Ia menggandeng Method Man untuk menemaninya dalam video klip yang memperlihatkan suasana khas kota New York.


    10. Best Part - Daniel Caesar ft. H.E.R.


    Ibarat cerita romantis yang seringkali tak terpisahkan dengan adanya nostalgia, daftar ini pun tak akan lengkap bila kami tidak mencantumkan satu lagu hits dari Daniel Caesar ft H.E.R.. Gospel yang dinyanyikan oleh Daniel terdengar simpel namun tetap elegan.

    Ia dan H.E.R. mampu merangkai kata menjadi ungkapan dan simile yang mungkin tak bisa dilakukan oleh penyanyi lain, membuat Best Part menjadi balada yang apik.


    11. (You Make Me Feel Like) A Natural Woman - Aretha Franklin


    Dunia seakan menjadi jauh lebih baik apabila Anda bersama cinta yang tepat. Itulah yang diungkapkan oleh Aretha Franklin dalam bait lagunya yang berjudul Natural Woman. Memasuki bagian refrain, ia menunjukkan bagaimana cinta yang terpancar dari orang yang benar dapat mempengaruhi Anda.

    Untaian bait lagu ini terangkai menjadi sebuah kombinasi indah untuk menyanjung sosok yang benar-benar Anda cintai sekaligus membuat diri Anda sendiri bahagia.


    12. Can’t Take My Eyes Off Of You - Frankie Valli and the Four Seasons


    Lagu Can‘t Take My Eyes Off Of You pasti sudah tak asing terdengar di telinga Anda, terutama bagian refrainnya yang nyaring dari perpaduan drum, terompet, dan vokal Frankie yang kuat. Tembang ini merepresentasikan kegembiraan seseorang saat ia menyatakan rasa cintanya.

    Satu hal lagi yang perlu diingat, Can‘t Take My Eyes Off Of You juga pernah dinyanyikan oleh Heath Legder muda dalam film komedi romantis berjudul Ten Things I Hate About You.


    13. Prototype - Outkast


    Untaian kata yang berbunga-bunga yang tidak berkesan sudah ditinggalkan oleh Andre 3000 dalam lagunya yang berjudul Prototype. Ia lebih memilih untuk merangkai ungkapan cinta kepada kekasih barunya di sini dengan musik yang begitu lembut dan menenangkan.

    Andre juga menggunakan visualisasi terbaiknya untuk merepresentasikan lagu ini ke dalam video klip dan Prototype pun menjadi salah satu ciptaan terbaiknya.


    14. Living For The Love of You - the Isley Brothers


    The Isley Brother, kelompok musik yang dulunya juga beranggotakan Jimi Hendrix, turut meninggalkan jejak di ranah musik dengan lagu-lagu ciptaan mereka. Beberapa dekade berikutnya, karya mereka masih memiliki daya tarik tersendiri di telinga pendengarnya meskipun banyak penyanyi seperti Jay-Z, Kendrick Lamar, 2Pac, Public Enemy, dan lainnya yang mengambil sampel dari musik mereka.


    15. How Sweet It Is - Marvin Gaye


    Di awal karirnya dalam bermusik, karya Marvin Gaye terdengar lebih sederhana daripada lagu-lagunya yang bertema sosiopolitik dan lirik cinta yang bermuatan seksual. Salah satunya adalah How Sweet It Is. Bahkan judulnya sendiri sudah mewakili isi lagu tersebut.

    Dirilis pada tahun 1960-an, tembang ini terkesan simpel namun tentunya enak didengar. Marvin menyanyikannya dengan suara falsettonya, diikuti dengan suara penyanyi latar perempuan serta dentingan piano dan nada-nada yang lembut. 


    (Penulis: Natalie Maher; Artikel ini disadur dari BAZAAR US; Alih Bahasa: Erlissa Florencia; Foto: Courtesy of BAZAAR US)


    Tags : lagu, cinta






- RELATED ARTICLE -