• Cara Permanen Menghilangkan Bekas Jerawat dari Ahlinya

    Beauty / Tips


    Cara Permanen Menghilangkan Bekas Jerawat dari Ahlinya

    Tiga ahli perawatan kulit memberikan tips dan trik untuk menghilangkan segala jenis bekas jerawat.


    Satu-satunya hal yang lebih buruk daripada memiliki jerawat besar (atau jerawat) adalah bekas jangka panjang yang mengikutinya. Bahkan jika Anda merawat kulit Anda seperti bayi yang baru lahir, bintik-bintik dan kemerahan dapat bertahan selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan.

    Tetapi ada cara-cara ahli untuk menghilangkannya dengan cepat atau mencegah terbentuknya bekas luka di tempat pertama. Kami berbicara dengan Yunyoung Claire Chang, seorang dokter kulit di Union Square Laser Dermatology, dan juga Dennis Gross yang merupakan dokter kulit sekaligus pendiri Dr. Dennis Gross Skincare dan Dr. Dennis Gross Dermatology. Kemudian berbincang juga dengan Gilly Munavalli, direktur medis dan pendiri Spesialis Dermatologi, Laser, dan Vena dari Carolina. Mereka memberi kami informasi tentang cara mencegah dan menghilangkan bekas jerawat selamanya.

    Apa yang menyebabkan munculnya bekas jerawat?

    Bekas jerawat disebabkan oleh inflamasi jerawat, seperti papula (benjolan berwarna merah muda), pustula (benjolan merah muda dengan nanah putih), atau kista. Menurut Yunyoung, ada beberapa faktor yang berkontribusi terhadap risiko berkembangnya bekas luka.

    Pertama, itu mungkin genetik: jika Anda memiliki anggota keluarga yang memiliki bekas jerawat, Anda berisiko lebih tinggi terkena juga. Jenis kulit Anda juga mempengaruhi jenis bekas jerawat.

    Yunyoung mengatakan mereka yang memiliki kulit lebih terang mungkin lebih rentan terhadap eritema jerawat (kemerahan persisten) setelah jerawat radang, sementara mereka yang memiliki kulit wajah lebih gelap mungkin lebih rentan terhadap hiperpigmentasi pasca inflamasi atau bercak cokelat.

    Ini sudah jelas namun terus terulang: jangan pernah menyentuh jerawat. Kita cenderung menyebabkan trauma berlebihan yang akan memperburuk peradangan, menghasilkan bekas luka. Yunyoung menyarankan untuk menghindari scrub yang keras dan produk perawatan kulit yang dapat membuat iritasi kulit lebih lanjut dan untuk berhenti menyentuh, mengeluarkan, dan memencet jerawat karena itu akan memperburuk peradangan.

    Ia memperingatkan bahwa paparan sinar matahari yang berlebihan dapat membuat jerawat lebih gelap, alasan lain untuk memakai SPF 30 atau lebih tinggi setiap hari (tidak peduli jenis kulit Anda atau tone kulit Anda)

    Apa jenis bekas jerawat Anda?

    Dennis mengatakan ada empat jenis bekas jerawat yang bisa didapatkan: ice pick, rolling, boxcar, dan hyperthropic. Setelah Anda mengetahui jenis apa yang Anda hadapi, lebih mudah untuk memilih perawatan yang paling efektif untuk menghilangkan bekas luka tersebut.

    1. Ice pick

    Bekas jerawat yang kecil, sempit, namun menembus jauh ke dalam kulit, menurut Dennis. Mereka berkembang ketika jenis jerawat seperti cyst yang terinfeksi menjalar ke permukaan dan merusak jaringan kulit serta meninggalkan bekas luka berbentuk silinder.

    2. Rolling scars

    Tampak seperti gelombang yang lebar dan dangkal. Ini berkembang ketika jaringan berkembang antara epidermis dan hipodermis, lapisan kulit paling dalam, dan mereka bersatu untuk menciptakan tampilan seperti gulungan ini.

    3. Boxcar scars

    Memiliki sudut, sudut yang jelas. Ketika sebuah peradangan merusak kolagen, itu mengakibatkan hilangnya jaringan dan kulit dibiarkan dengan daerah yang tertekan.

    4. Hyperthropic scars

    Adalah bekas luka yang muncul kembali. Ia mengatakan ini disebabkan ketika kulit tidak menyadari bahwa luka telah sembuh dan memproduksi kolagen berlebih. Jika Anda masih ragu dengan jenis bekas jerawat Anda, kunjungi dokter kulit Anda.


    Apa perawatan terbaik untuk bekas jerawat?

    Mulailah dengan pengelupasan kimia. Dennis mengatakan menggunakan produk yang menawarkan pengelupasan kimia secara lembut adalah langkah pertama dalam penyembuhan bekas luka. Bazaar menyukai Alpha Beta Universal Daily Peel-nya karena memiliki campuran asam alpha dan beta hydroxy acids yang mengeksfoliasi sel-sel kulit mati, dan juga merangsang produksi kolagen.

    Ia juga mengatakan untuk mencari bahan anti-inflamasi dan mencerahkan kulit di serum Anda seperti vitamin C, antioksidan pencerah kulit, dan vitamin E, yang meregenerasi sel-sel kulit dan memperbaiki tekstur.

    Yunyoung mengatakan untuk mencari pengobatan topikal yang mengandung retinoid, hydroquinone , dan azelaic acid, yang semuanya terbukti secara dramatis menghilangkan noda hitam dan bahkan melasma.

    Pilihan favoritnya adalah Murad Rapid Age Spot and Pigment Lightening Serum dan Skinbetter AlphaRet Overnight Cream. Peringatan: hydroquinone, pemutih kulit, hanya boleh digunakan di bawah perawatan dan pengawasan dokter kulit, karena berpotensi merusak sel kulit yang sehat juga.

    Untuk ice pick, rolling, and boxcar scars, Dennis mengatakan untuk mencari perawatan penambah kolagen, seperti laser Smooth Beam di kantor. Ketika produksi kolagen ditingkatkan, bekas luka pada akhirnya akan naik ke permukaan kulit Anda.

    Perawatan pro lainnya untuk didiskusikan dengan dokter kulit Anda adalah laser Picoway Resolve, microneedling seperti Profound, penyumbatan, dan perawatan filler hyaluronic acid.

    Dengan adanya bekas luka hyperthropic, pengurangan kolagen adalah kuncinya. Yunyoung menyarankan opsi perawatan yang mencakup gel silikon, suntikan steroid, dan laser. Dennis setuju dan mengatakan jika bekas jerawat akan terlihat merah dan terangkat, laser seperti Vbeam adalah "cara yang tidak biasa" untuk mengurangi penampakannya.


    Bagaimana Anda mencegah bekas jerawat?

    Tetapi jika Anda ingin mencegah adanya bekas jerawat di wajah, cara terbaik adalah mengobati jerawat segera setelah muncul. Perawatan bebas yang mengandung benzoyl peroxide dan salycylic acid  adalah tempat yang bagus untuk memulai, tetapi jika jerawat berlanjut, tanyakan dokter kulit Anda tentang obat resep seperti retinol, Aczone, atau spironolactone.

    Gilly Munavalli suka mengobati jerawat dengan krim vitamin A (retinol) dengan resep topikal untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat dan mengurangi peradangan. Dia juga merekomendasikan pembersihan benzoyl peroxide topikal dengan kekuatan empat persen atau lebih tinggi yang dapat menurunkan pertumbuhan bakteri.


    (Penulis: Audrey Noble; Artikel ini disadur dari BAZAAR US; Alih Bahasa: Livia Geraldine; Foto: Courtesy of BAZAAR US)

    -->






- RELATED ARTICLE -