• Para Selebriti Ini Memilih Gaya Hidup Tanpa Alkohol

    People / News


    Para Selebriti Ini Memilih Gaya Hidup Tanpa Alkohol

    Mulai dari Blake Lively hingga Bradley Cooper, berikut adalah 52 selebriti yang tidak mengonsumsi minuman beralkohol.


    1. Bradley Cooper


    Aktor berusia 44 tahun tersebut pernah bercerita dalam cover story majalah GQ tentang bagaimana hidupnya saat berada di bawah pengaruh minuman beralkohol dan akhirnya memutuskan untuk menjauhinya. Ia menjelaskan apa yang terbesit di dalam pikirannya saat berusia 29 tahun, "Jika saya tetap terus minum alkohol, saya akan merusak seluruh kehidupan saya."


    2. Tyra Banks


    Menurut Forbes, supermodel ini pernah menyampaikan kepada penggemarnya, "Saya merasa sangat beruntung karena tidak memiliki ketergantungan terhadap minuman beralkohol. Saya tak pernah memakai obat-obatan dan pernah merasakan sedikit alkohol ketika berusia 12 tahun. Cukup sampai di situ."


    3. Kristin Davis


    Bintang film Sex and the City tersebut pernah merasa bahwa ia tak akan bisa bertahan hidup hingga usia 30 tahun. Ceritanya pernah diungkapkan dalam Marie Claire di mana Kristin berkata, "Saya menyadari bahwa mabuk tak akan membuat keadaan berakhir dengan baik. Saya bergabung dalam program akting yang sangat menantang. Saya mabuk berat dan tidak belajar dengan baik di kelas. Saya berpikir bahwa saya harus memilih salah satu jalan hidup dan tak bisa menjalani keduanya."


    4. Jada Pinkett-Smith


    Dalam profil US Weekly di tahun 2010, istri aktor Will Smith ini mengungkapkan 25 hal yang tidak diketahui banyak orang tentang dirinya. Di urutan kelima Jada menyatakan bila dirinya tidak mengonsumsi minuman beralkohol sejak awal tahun 1990-an.


    5. Robert Downey Jr.


    Aktor pemeran Iron Man ini berbincang dengan salah satu majalah lifestyle ternama mengenai penyalahgunaan alkohol yang ia alami di tahun 2014. Ia mengaku kini telah sadar dan tidak lagi mengonsumsi alkohol selama lebih dari 10 tahun.

    6. Christina Ricci


    Christina Ricci pernah muncul sebagai sampul majalah BlackBook di tahun 2008. Aktris asal Amerika tersebut mengatakan, "Saya mengalami akhir masa remaja yang normal dan minum minuman beralkohol di awal usia 20-an. Namun itu adalah pilihan yang saya buat sendiri. Saya merasa bahwa mengonsumsi alkohol tidak akan berdampak baik bagi hidup saya."


    7. Naomi Campbell


    Dalam wawancara ekslusifnya bersama Life & Style di tahun 2013 lalu, Naomi Campbell menjelaskan bahwa dirinya telah berhenti mengonsumsi alkohol. Supermodel dan aktris tersebut juga mengungkapkan, "Alkohol tidak membuat saya lebih bahagia."


    8. Lana Del Rey


    Seperti yang dilansir dari profil Women of the Year 2012 oleh British GQ, Lana menceritakan kisahnya saat berjuang melawan ketergantungan alkohol pada awal masa remajanya. Ia akhirnya sadar dan menghindari minuman keras sebelum berusia 20 tahun dan pindah ke New York untuk mengejar impiannya di dunia musik.


    9. Leona Lewis


    "Saya tidak minum. Saya tidak suka rasa minuman beralkohol. Ketika lagu debut saya yang berjudul Bleeding Love  menjadi nomor satu di tangga lagu, saya merayakannya dengan sampanye yang tidak mengandung alkohol," jelas Leona dalam sebuah wawancara terbuka.


    10. Lucy Hale


    Aktris serial Pretty Little Liars ini pernah menyampaikan pada InStyle mengenai keputusannya untuk menjauhi minuman beralkohol. Hal ini berawal ketika ia memutuskan untuk mengubah gaya rambutnya menjadi bob seperti saat ini. "Saya dulu berusaha keras untuk beradaptasi," ujarnya. Setelah sekian lama mencoba untuk bergaul dengan kehidupan malam Hollywood, akhirnya Lucy dapat menerima dirinya sendiri.


    11. Jack Osbourne


    Lewat unggahan di akun Twitter-nya tahun 2015 lalu, bintang televisi Jack Osbourne pernah memamerkan hasil pencapaiannya bahwa ia bisa bertahan tanpa mengonsumsi alkohol. Kini, terhitung sudah hampir 15 tahun ia menjauhi minuman keras.


    12. Rob Lowe


    Rob Lewe mendapatkan penghargaan Spirit of Sobriety di tahun 2015 lalu setelah 25 tahun ia hidup tanpa minuman beralkohol. Atas pencapaiannya tersebut, aktor Amerika ini mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Sheryl Berkoff sang istri.

    Dalam pidatonya, Rob menjelaskan, "Sheryl menjadi inspirasi saya untuk tetap sadar dan menjauhi minuman keras. Ia tetap bertahan dengan segala kekurangan saya. Banyak hal yang bisa diambil sebagai pelajaran ketika Anda tidak kehilangan kesadaran."


    13. Calvin Harris


    Sebagai seorang DJ, pekerjaan Calvin Harris tak akan pernah jauh dari pesta dan kehidupan malam. Lewat sebuah wawancara di BBC, pria asal Skotlandia tersebut mengungkapkan bila dirinya meninggalkan kebiasaan minum alkohol demi sesuatu yang lebih baik. "Saya berhenti karena minuman beralkohol membuat saya sakit dan memberikan dampak yang buruk bagi otak saya," jelas Calvin.


    14. Eva Mendez


    Eva Mendez menjalani rehabillitasi pada tahun 2008 lalu dan sejak saat itu ia tidak lagi mengonsumsi minuman beralkohol. Di tahun yang sama ia bercerita dalam artikel cover story majalah Interview mengenai penyalahgunaan dan ketergantungan alkohol.


    15. Daniel Radcliffe


    Melalui sebuah wawancara dengan The Telegraph di tahun 2016, aktor pemeran Harry Potter ini menuturkan perjalanan panjangnya ketika kecanduan alkohol usai ia menyelesaikan seri film penyihir populer tersebut. Daniel menjelaskan keadaannya saat itu setelah ia memutuskan untuk berhenti minum minuman beralkohol, "Rasanya menyenangkan. Saya tidak lagi memikirkan tentang hal itu."


    16. Ben Affleck


    Ben Affleck berjuang untuk melawan ketergantungannya terhadap alkohol selama bertahun-tahun. Lewat unggahan di Facebook, ia akhirnya menyampaikan bahwa dirinya sedang melakukan pemulihan demi menjadi sosok ayah yang terbaik. Aktor tersebut bahkan membawa seorang sober coach ke perhelatan piala Oscar’s tahun 2017 untuk menemaninya.

    17. Macklemore


    Penyanyi rap Macklemore pun memiliki cerita sendiri mengenai ketergantungan alkohol pada masa-masa remajanya sebelum akhinya berhenti di usianya yang ke-25 tahun. Ia menjelaskan lewat sebuah wawancara dengan MTV bahwa alasan kuat yang membuatnya sadar untuk tidak kembali jatuh ke dalam pengaruh alkohol adalah keinginanya untuk menjadi musisi.

    "Dan jika saya ingin melakukan apa yang saya inginkan, maka saya harus menjauhkan diri dari alkohol," terangnya.


    18. Russell Brand


    Komedian sekaligus aktor asal Inggris, Russell Brand, menyampaikan melalui unggahan di Facebook-nya di tahun 2012 bahwa ia telah bersih dari pengaruh alkohol selama 10 tahun. Dengan demikian, hingga sekarang terhitung sudah hampir 17 tahun ia tidak mengonsumsi minuman keras.

    Russell juga berupaya untuk membantu orang-orang yang pernah mengalami nasib yang sama dengannya dulu melalui bukunya yang berjudul Recovery: Freedom from our Addictions.


    19. Blake Lively


    Bintang film favorit dari serial Gossip Girl ini mengungkapkannya melalui cover story sebuat majalah kecantikan ternama pada tahun 2012 bahwa ia sama sekali tidak menyentuh alkohol dan obat-obatan. Blake menjelaskan, "Saya sama sekali tidak memiliki keinginan untuk melakukan hal-hal tersebut."


    20. Kendrick Lamar


    Berbeda dengan lirik lagu yang ia bawakan, Kendrick Lamar sebenarnya tidak mengonsumsi alkohol dan obat-obatan. Hal tersebut dibahas dalam profil Kendrick sebagai Rapper of the Year tahun 2013 di majalah GQ. Kendati tumbuh dalam lingkungan dengan pecandu alkohol, ia memilih jalannya sendiri dan ingin membantu mereka untuk tetap bertahan jauh dari pengaruh minuman keras.

    21. Andy Murray


    Lewat Daily Record, pemain tenis berdarah Inggris ini pernah menyampaikan bahwa ia berhenti untuk minum minuman beralkohol pada masa akhir remajanya. Andy menuturkan, "Saya selalu ingin melihat sampai sejauh mana pencapaian saya di dunia olah raga. Saya tak mau ambil risiko untuk merusaknya."


    22. Mike Posner


    Mike Posner telah mengumumkan kepada publik lewat akun Twitter-nya pada tahun 2015 mengapa ia memutuskan untuk berhenti minum alkohol. Melalui pesannya tersebut ia menjelaskan, "Saya telah memutuskan untuk tidak membiarkan alkohol merebut momen-momen spesial dalam hidup saya."

    23. Kim Kardashian West


    Kim Kardhashian memang pernah mengunggah foto bersponsor di mana ia berpose tengah meneguk segelas minuman beralkohol di akun Instagramnya pada tahun 2017 silam. Namun pada kenyataannya, pasangan hidup Kanye West ini tidak mengonsumsi minuman keras.

    Hal ini pun didukung dengan pernyataan dari saudarinya, Khloe Kardashian,  dalam wawancara bersama salah satu majalah lifestyle. "Kimberly tidak minum alkohol dan semacamnya. Baik dalam keadaan hamil atau tidak, ia tak pernah menyentuhnya."


    24. Common


    Penyayi rap dan aktor asal Amerika, Common, telah hidup tenang tanpa pengaruh alkohol kendati ia pun sebenarnya tak jauh dari stereotip gaya hidup penyanyi rap yang penuh godaan minuman tersebut.

    25. Brad Pitt


    Sang aktor menuturkan secara terbuka melalui cover story majalah GQ Style baru-baru ini mengenai perjuangannya melawan ketergantungan alkohol di masa lalu. Ketika ditanya mengenai hal tersebut, ia menanggapi, "Saya tak mau hidup seperti itu lagi."

    26. Jennifer Lopez


    Penyanyi sekaligus aktris ini pernah menceritakan soal alkohol dan rokok melalui majalah lifestyle ternama di tahun 2003 lalu. Ia berkata, "Menurut saya, kedua hal itu merusak kulit." Apabila ia berada dalam sebuah perayaan, Jennifer menambahkan, "Tentu saja semua orang akan berkata kalau kalian tidak bisa merayakan sesuatu dengan segelas air. Jadi saya akan meminum alkohol sedikit saja."


    27. Logic


    Penyanyi rap asal Amerika ini pernah mengatakan lewat wawancaranya dengan VLAD TV di mana ia menjelaskan, "Anehnya saya tak pernah mau mengonsumsi minuman beralkohol." Hanya saja, Logic harus berjuang lebih keras untuk mengatasi ketergantungannya terhadap rokok dan obat-obatan lainnya.


    28. Pharrell Williams


    Pharrell Williams juga telah menyatakan bahwa ia memilih gaya hidup dengan menjauhi minuman beralkohol. Melalui majalah Paper tahun 2004 silam, ia berkata, "Setiap orang bisa melakukan apa saja sesuka mereka, tetapi hal yang satu ini bukanlah menjadi bagian hidup saya."


    29. Matthew Perry


    Salah satu aktor favorit dari serial Friends berbicara secara terbuka soal perjuangannya melawan ketergantungan terhadap alkohol selama bertahun-tahun, bahkan ia juga membuka rumahnya untuk memfasilitasi mereka yang ingin sadar dari pengaruh minuman keras.

    Matthew masih merayakan keberhasilannya untuk tetap jauh dari godaan minuman beralkohol dan mengatakan kepada The Hollywood Reporter, "Hal terbaik dalam diri saya adalah ketika ada seorang alkoholik datang kepada saya dan bertanya apakah saya bisa membantunya untuk berhenti. Saya akan menjawabnya bahwa saya bisa dan tahu bagaimana cara melakukannya."

    30. Sarah Silverman


    Komedian dan aktris Sarah Silverman menyatakan bahwa ia tak suka dengan alkohol dalam sebuah interview kepada Giuliana Rancic dari E! di karpet merah perhelatan Emmys tahun 2014. "Saya tidak minum alkohol karena itu membuat saya sakit perut," jelasnya. "Saya selalu mencobanya. Sepertinya mabuk terlihat menyenangkan tetapi saya memiliki perut orang Yahudi."

    31. Dane Cook


    Dikutip dari GQ tahun 2014 lalu, komedian kondang Dane Cook mengatakan bahwa ia tidak minum alkohol ataupun merokok. Ia bahkan membuat pesan kontroversial di akun Facebook-nya, meminta mereka yang memiliki masalah dengan alkohol untuk mencari pertolongan sendiri dan bertanggung jawab atas perbuatannya.


    32. Eminem


    Setelah berjuang selama bertahun-tahun di sepanjang karirnya untuk melawan kecanduannya terhadap alkohol dan obat-obatan terlarang, Eminem akhirnya kembali berkarya di dunia musik. Kabarnya, ia akan merilis album baru pada musim gugur tahun ini.  

    33. Gerard Butler


    Tidak berbeda jauh dengan Eminem, aktor berdarah Skotlandia ini juga berusaha keras selama untuk mengatasi ketergantungannya terhadap alkohol dan obat-obatan sebelum akhinya ia mencari pertolongan. Kini, ia sudah bisa menangkal godaan alkohol dan 20 tahun sudah ia hidup tanpa berada di bawah pengaruhnya.

    34. Kat Von D


    Wanita bertato yang bergerak di bisnis kecantikan ini mengatakanya lewat unggahan di Instagram-nya bulan Juli lalu bahwa ia masih mempertahankan gaya hidup tanpa minum alkohol setelah bertahun-tahun mengalami kecanduan.


    35. Chris Martin


    Vokalis Coldplay tersebut mengakui bahwa bandnya senang berpesta di masa-masa awalnya. Namun Chris sendiri sudah berhenti dan tidak lagi mengonsumsi minuman beralkohol.

    36. Ewan McGregor


    "Suatu ketika ada satu pertanyaan yang terbesit di kepala saya, 'apa yang kau lakukan?'" aktor asal Skotlandia tersebut mengingat kembali saat-saat di mana ia berdansa dengan Iggy Pop di ruang gantinya. Hal  tersebut kemudian membuatnya ingin meninggalkan minuman beralkohol.


    37. Kellie Preston


    Keputusannya untuk berhenti mengonsumsi alkohol dan obat-obatan berawal dari niatnya untuk mementingkan kebahagiaannya dan menjadi ibu yang lebih baik. Kellie menjelaskan, "Saya sudah tidak minum lagi. Saya sudah berhenti merokok dan tidak lagi mengonsumsi obat-obatan. Dulu saya sering melakukan hal-hal tersebut."


    38. Jim Carrey


    Aktor film komedi, Jim Carrey, menanggapi dengan sangat serius saat berbicara soal ketergantungan alkohol. Ia mengatakan keada CBS News, "Saya jarang minum kopi. Saya benar-benar serius untuk tidak mengonsumsi minuman beralkohol dan obat-obatan. Hidup ini terlalu indah."


    39. Kathy Griffin


    Kathy Griffin menjelaskan dalam sebuah interview dengan Marlo Thomas bahwa ia pernah tersedak saat minum bir di usianya yang baru 11 tahun. Sejak saat itu, komedian ini menolak kehadiran alkohol dalam hidupnya.


    40. Jennifer Hudson


    Meskipun gaya hidupnya tak lepas dari dunia pesta Hollywood, Jennifer Hudson dengan percaya diri mengatakan, "Saya sama sekali tidak pernah minum alkohol." Dalam sebuah wawancara dengan Chelsea Handler, penyanyi sekaligus aktris ini menjelaskan, "Saya sama sekali tidak tertarik. Tidak satupun orang percaya akan hal ini."


    41. Colin Farrell


    Dalam acara The Ellen DeGeneres Show tahun 2017, aktor asal Irlandia ini mengaku sudah tidak mengonsumsi alkohol selama 10 tahun setelah sebelumnya berjuang keras untuk melawan ketergantungannya ketika ia pertama kali masuk ke dunia Hollywood. Colin mengaku ia memiliki caranya sendiri untuk mengatasinya. "Saya melakukan yoga. Saya suka mendaki dan minum dragon nasal juice," tuturnya.


    42. Edie Falco


    Bintang serial televisi Nurse Jackie, Edie Falco, sudah bersih dari pengaruh minuman keras selama hampir 27 tahun dan mengaku bahwa ia mampu bertahan. "Saya hingga saat ini masih mendapat banyak sekali dukungan. Hanya saja mereka tidak bisa melakukannya demi saya," ujarnya sebagaimana dikutip dari The New York Post.


    43. Joe Manganiello


    Aktor film Magic Mike ini mengungkapkan bahwa tidak ada pilihan lagi selain untuk tetap sadar di luar pengaruh alkohol. Sembari mengingat masa lalunya, dalam wawancaranya bersama Huffington Post ia mengatakan, "Saya dulu tidak memiliki tempat tinggal, sembrono, dan karir saya hancur. Jadi, ya, berhenti mengonsumsi alkohol sangat berdampak dalam hidup saya."


    44. Keith Urban


    Penyayi country Keith Urban pernah berupaya untuk melawan ketergantungannya terhadap alkohol saat ia memasuki dunia musik. Ialah sang istri, Nicole Kidman, yang ikut turun tangan dan membantunya untuk bangkit dan berhenti mengonsumsi alkohol .

    45. Samuel L. Jackson


    Setelah mengalami ketergantungan alkohol di tahun '70-an dan '80-an ketika ia memasuki dunia akting di kota New York, Samuel kemudian sadar bahwa ia harus menghilangkan minuman keras ini dari dalam hidupnya jika ia ingin serius soal karirnya. Aktor tersebut mengaku bahwa tanpa menggunakan alkohol ia bisa lebih mendalami karakter yang ia perankan dengan lebih baik.


    46. Gillian Jacobs


    Meskipun karakter yang ia perankan di televisi dan film terkadang tak jauh dari minuman keras, Gillian Jacobs mengungkapkan dalam Jimmy Kimmel Live! bahwa ia tidak pernah minum alkohol dan tak pernah berencana untuk melakukan hal demikian.


    47. Tim McGraw


    Musisi country ini berbincang dengan Ellen DeGeneres mengenai perjalanan panjangnya untuk tetap berada di luar pengaruh alkohol. Tim McGraw mengingat kembali masa-masa ketika ia memutuskan untuk mengubah hidupnya di tahun 2008 lalu, "Menurut saya, ini adalah keputusan personal yang saya buat, terutama sat tiba di satu titik ketika Anda menyadari bahwa alkohol memberikan pengaruh buruk untuk diri sendiri dan hubungan Anda."


    48. Tobey McGuire


    Aktor yang dikenal lewat perannya sebagai Spiderman tersebut menyampaikan di berbagai wawancara bahwa ia telah jauh dari pengaruh alkohol. Tobey pernah mengatakan kepada The Guardian, "Saya berhenti mengonsumsi alkohol ketika saya berusia 19 tahun. Sejak saat itu saya tidak pernah menyentuhnya lagi."


    49. Eric Clapton


    Gitaris berdarah Inggris ini berjuang melawan ketergantungannya terhadap alkohol di masa-masa awal karirnya. Ia memutuskan untuk berhenti minum alkohol sejak kelahiran putra pertamanya di tahun 1986 dan tetap mempertahankannya hingga sekarang.


    50. Kelly Osbourne


    Kelly Osbourne mengalami kecanduan alkohol dan obat-obatan ketika kedua orang tuanya, Sharon dan Ozzy Osbourne, menderita penyakit yang mengancam nyawa mereka di tahun 2000-an. Hingga kini ia telah benar-benar berhenti melakukan hal tersebut.


    51. 50 Cent


    Penyanyi rap sekaligus aktor 50 Cent mengatakan kepata Piers Morgan dalam sebuah wawancara bahwa meski ia pernah terlibat dalam penjualan obat-obatan di masa lalu demi bertahan hidup, ia sebenarnya tak pernah mencoba menggunakan barang tersebut ataupun minum alkohol. Alasannya adalah hal ini tidak selaras dengan hidupnya.


    52. Brandon Flowers


    Vokalis grup musik The Killers, Brandon Flowers, mengungkapkan bahwa ia sering mengonsumsi alkohol di masa-masa awal kesuksesannya. Ia akhirnya memutuskan jalan hidupnya untuk mejauhi minuman keras setelah menjadi seorang ayah. Brandon kini sudah tidak lagi terjerat dalam pengaruh alkohol selama bertahun-tahun.


    (Penulis: Victoria Sines; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Erlissa Florencia; Foto: Courtesy of Bazaar UK)






- RELATED ARTICLE -