• Menuju Singkawang untuk Merayakan Imlek

    Culture / News


    Menuju Singkawang untuk Merayakan Imlek

    Bulan Februari sudah dekat, segera pesan tiket Anda!


    Saatnya berbagi rezeki! Usai kemeriahan malam pergantian Tahun Baru kemarin, kini giliran Imlek. Siapa yang tidak menantikan hari berbagi "amplop merah" ini? 

    Dikenal sebagai Tahun Baru versi warga keturunan China, faktanya Imlek bersifat universal. Tidak hanya warga keturunan China saja yang dapat merayakannya. 

    Bahkan, para penjaga keamanan di komplek perumahan juga dapat ikut merayakan hari penuh kemurahan ini. Di hari Imlek, para keluarga keturunan China biasanya membuka pintu rumah mereka seharian. Bahkan ada beberapa yang membukanya sampai seminggu penuh!

    Tidak hanya para keluarga yang boleh datang dan merayakan. Siapa pun boleh bertandang. Karena hari raya Imlek bicara mengenai berbagi dan kebersamaan.

    Tinggal menghitung hari. Tahun ini, perayaan Imlek jatuh tepat di tanggal 5 Februari. JIka biasanya Anda hanya merayakan Imlek di rumah para tetua. Kenapa tidak mencoba hal berbeda di perayaan Imlek kali ini?

    Usai menghabiskan waktu dengan keluarga, mungkin setelahnya Anda dapat mengambil hak cuti perusahaan untuk melakukan traveling. Traveling kali ini bukan sekadar perjalanan biasa.

    Bedanya kali ini Bazaar mengajak Anda untuk merayakan Imlek dengan cara berbeda. Alami Imlek yang lebih bermakna melalui momen perjalanan. Bukan hanya foto traveling baru yang akan memperkaya konten Instagram.

    Jauh daripada itu semua, Anda dijamin semakin jatuh cinta dengan negeri sendiri. Tanpa berpanjang lebar lagi. Mari menuju ke destinasi terbaik di Indonesia untuk merayakan Imlek.

    Singkawang.



    San Keuw Jong atau kita kenal dengan kota Singkawang kerap menjadi tempat favorit untuk dikunjungi para traveler. Terutama menjelang Imlek.

    Kota yang terletak di Kalimantan Barat ini memang tidak tanggung-tanggung dalam merayakan Tahun Baru China. Tidak heran para fotografer sudah memesan tiket jauh hari untuk mengabadikan meriahnya Imlek di Singkawang.



    Sejumlah atraksi seperti unggahan foto di atas akan ditemui saat Anda mengunjungi Singkawang ketika Imlek. Tidak hanya berupa hiburan semata. Ada pesan mistis serta religi tersirat dari atraksi para warga lokal tersebut.

    Bagi Anda yang tidak terlalu berjiwa pemberani, lebih baik tinggal di hotel saja. Karena aksi ekstrem seperti di foto berikut akan memenuhi jalanan kota Singkawang saat Imlek tiba.



    Menakutkan, tetapi di lain sisi kaya akan budaya. Inilah yang menjadi daya tarik Singkawang. Saat Imlek, tidak hanya para turis yang antusias, warga lokal kota ini juga selalu bersemangat menyambut datangnya hari raya tersebut.

    Satu hal lagi yang menjadi kelebihan kota yang dikelilingi bukit ini ialah rasa kebersamaan. Dihuni oleh berbagai suku dan agama, kedamaian tetap terjaga di kota ini.



    Perbedaan tidak menjadi masalah, justru memperindah tampilan kota ini. Semuanya rukun bersatu.

    Terlihat dengan keberadaan masjid dan juga kelenteng. Keragaman tersebut yang menjadikan Singkawang begitu istimewa.





    Kembali ke suasana Singkawang saat perayaan Imlek berlangsung. Ketika sampai ke daerah pecinan ini, eksplorasi maksimal keindahan kotanya.



    Mulai dari rumah penduduk, jalanan sekitar hingga kawasan wisatanya dijamin mewarnai masa perjalanan Anda. Serta, jangan lupa mengambil foto dengan pose candid cantik seperti berikut ini.



    Gantungan lampion merah akan menghiasi hampir seluruh jalanan kota Singkawang di bulan Februari.





    Pertunjukan kembang api juga terus mewarnai langit kota Singkawang hampir setiap malamnya. Kemeriahan ini akan terus terjadi hingga hari Cap Go Meh tiba. Atau yang biasa dikenal dengan hari kelima belas setelah Imlek.



    Sudah sampai ke Singkawang, tentu jangan sampai ketinggalan mencicipi kelezatan kuliner lokalnya. Bazaar menyarankan Anda untuk memperpanjang masa liburan demi mengalami pengalaman kuliner tak terlupakan.



    Berbeda dengan yang dijajakan di Jakarta. Rasa autentik dari tiap hidangan lokalnya dijamin membuat ketagihan! Lihat saja foto sepiring Choi Pan di atas.

    Tidak bisa memutuskan ingin makan bakmi atau kwetiau? Hanya di Singkawang, Anda dapat menemukan dua kelezatan tersebut tersaji di satu piring Mie Tiaw. Ah sungguh nikmat tiada tara!




    Sebelum berat badan bertambah, sebaiknya turunkan isi perut dengan mengeksplorasi keindahan alam Singkawang.

    Sebagai opsi, Anda dapat berjalan menyusuri damainya suasana Pantai Kura-Kura yang terkenal dengan keindahan momen golden hour-nya.




    Selamat menikmati masa liburan Imlek Anda. Gong xi gong xi!


    (Foto: phaitoon©123RF.com; Courtesy of Instagram @exploresingkawang, @singkawangfood)









- RELATED ARTICLE -