• 10 Situs Kerajaan Inggris Yang Wajib Anda Kunjungi

    Culture / News


    10 Situs Kerajaan Inggris Yang Wajib Anda Kunjungi

    Mulai dari London hingga Skotlandia, inilah gereja, kastil, istana kerajaan indah yang menyimpan banyak sejarah


    Ada sekian banyak kastil dan istana megah yang tersebar di penjuru Britania Raya. Bagi Anda penggemar keluarga kerajaan atau sekadar ingin menyelami sejarah dan budaya negeri Ratu Elizabeth ini, situs tersebut tentu wajib masuk ke dalam daftar perjalanan.

    Jangan ragu untuk melangkah menuju istana Buckingham dengan halamannya yang begitu menakjubkan sembari mendalami setiap jejak sejarah yang terekam di sana atau mengunjungi tempat di mana para anggota kerajaan mengikat janji suci mereka. Selebihnya, kami telah menyiapkan panduan mengenai situs-situs kerajaan di Inggris lainnya yang tak boleh Anda lewatkan.


    1. Buckingham Palace, London

    Westminster, London SW1A 1AA



    Sebagai tempat tinggal resmi bagi Yang Mulia Ratu, istana Buckingham selalu menjadi tujuan wisata nomor satu bagi sebagian besar wisatawan. Awalnya, istana ini dibeli oleh Raja George III pada tahun 1761 untuk istrinya yakni Ratu Charlotte, sehingga telah sekian lama Buckingham menjadi pusat kegiatan anggota kerajaan Inggris. Situs yang juga menjadi salah satu landmark kota London ini dibuka untuk umum selama musim panas. Sementara itu, tur terbatas diadakan pada bulan Desember, Januari, dan saat libur Paskah.


    2. Kensington Palace, London

    Kensington Gardens, London, W8 4PX



    Kensington telah menjadi rumah bagi keluarga kerjaan sejak abad ke-17 dan sekarang digunakan sebagai kediaman resmi untuk Duke dan Duchess of Cambridge. Sebelumnya, istana tersebut dikenal sebagai Nottingham House dan dikelilingi oleh berhektar-hektar taman yang amat cantik. Anda bisa mengunjunginya kapan saja, sebab istana Kensington siap menyambut para pengunjung setiap hari kecuali pada tanggal 24 hingga 26 Desember setiap tahunnya. Bahkan, rumah kelahiran Ratu Victoria ini sering menjadi tuan rumah berbagai ekshibisi kerajaan.


    3.  Kastil Balmoral, Skotlandia

    Balmoral Estates, Ballater AB35 5TB




    Kastil Balmoral mulanya dibeli oleh Pangeran Albert bagi sang istri, Ratu Victoria, pada tahun 1852. Sejak saat itu, bangunan ini menjadi kediaman keluarga kerajaan di Skotlandia. Kastil Balmoral dibuka untuk umum mulai tanggal 30 Maret hingga 31 Juli dan setelah itu Yang Mulia Ratu bersama keluarga kerjaan lainnya akan tinggal di sana untuk berlibur selama musim panas.


    4. Kastil Windsor, Windsor

    Windsor, SL4 1NJ


    Kastil Windsor merupakan puri tertua dan terbesar di dunia yang hingga kini masih digunakan. Ialah Raja William I (atau dikenal juga sebagai William the Conqueror) yang mendirikan bangunan berarsitektur megah ini pada abad ke-11. Sejak saat itu Windsor menjadi rumah bagi 39 Raja dan Ratu Inggris selama lebih dari 1000 tahun dan di sinilah Ratu Ellizabeth II menikmati masa akhir pekannya. Anda pun tentu tahu bahwa kastil Windsor menjadi tempat pernikahan Duke dan Duchess of Sussex serta Putri Eugenie dan Jack Brooksbank tahun 2018 kemarin.

    5. Istana Hampton Court

    Molesey, Easr Molesey KT8 9AU



    Terletak di tepi sungai Thames di Surrey, Hampton Court dulunya merupakan istana keluarga Tudor di awal abad ke-16 dan juga kediaman bagi Raja Henry VIII beserta keenam istrinya. Bagi Anda penggemar sejarah Inggris, pecinta arsitektur megah, dan suka melihat taman yang terbentang begitu cantik, situs ini wajib masuk ke dalam agenda perjalanan teratas selama mengunjungi Inggris. Istana Hampton Court terbuka untuk umum setiap hari kecuali pada masa Natal yakni tanggal 24 hingga 26 Desember.


    6. Westminster Abbey, Westminster

    20 Deans Yd, Westminster, London SW1P 3PA



    Situs lain yang tak boleh Anda lewatkan selama berada di ibu kota Inggris adalah Westminster Abbey, gereja di mana Duke dan Duchess of Cambridge serta Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philiip menikah. Selain itu, Westminster Abbey juga digunakan sebagai tempat pelantikan raja dan ratu Inggris sejak pemimpin pertamanya, William I, serta makam orang-orang penting seperti Isaac Newton dan Stephen Hawking. Arsitektur bangunannya pun tak kalah menakjubkan dengan tempat-tempat bersejarah lainnya di kota London.


    7. Tower of London, London

    The Tower of London, London, England EC3N 4AB



    Dibangun oleh William the Conqueror pada tahun 1070-an, Tower of London menyimpan banyak cerita, sejarah, dan budaya. Selain sebagai benteng dan lokasi pembuatan uang logam, tempat ini dahulu juga digunakan untuk mengurung tahanan, di antaranya yang terkenal adalah Anne Boleyn (istri kedua Raja Henry VIII) dan Guy Fawkes. Bagi penggemar hal-hal berbau kerajaan, pastikan Anda menjejakkan kaki di sini sebab Tower of London juga terkenal sebagai tempat penyimpanan mahkota sang Ratu.


    8. Highgrove House, Gloucestershire

    Highgrove House, Doughton, Tetbury GL8 8TN



    Bangunan tersebut terletak sekitar wilayah barat daya Inggris, tepatnya di Gloucestershire, dan menjadi kediaman milik Prince of Wales bersama Duchess of Cornwall. Highgrove terkenal dengan keindahan tamannya dan Anda dapat mengunjunginya pada tanggal-tanggal tertentu di bulan April dan Oktober. Pengunjung dapat berjalan menyusuri area hijau dan menikmati beragam bunga yang tertata dengan sangat apik di sana. Jangan lupa untuk berkunjung ke toko pernak-pernik sebelum meninggalkan tempat ini.

    9. St. Paul’s Cathedral, London

    St. Paul’s Churchyard, London, EC4M 8AD



    Putri Diana dan Pangeran Charles memilih katedral ini sebagai tempat pernikahan mereka pada tahun 1981 silam. St. Paul’s Cathedral merupakan salah satu bangunan paling ikonis di kota London dan memiliki interior yang mengagumkan. Anda bisa menjelajah setiap keindahannya dan mengunjungi Whispering Gallery yang terkenal. Jangan lupa untuk naik ke puncak katedral yang disebut juga sebagai Golden Gallery. Dari situ Anda akan mendapati pemandangan menakjubkan ibu kota yang mencakup sungai Thames, Tate Modern, dan Shakespeare’s Globe Theatre.

    10. Sandringham House, Norfolk

    Sandringham, PE35, 6EN



    Inilah kediaman pribadi favorit milik Ratu Elizabeth II yang berlokasi di Norfolk. Tanahnya disewakan kepada para petani dan semakin banyak tanaman pangan yang tumbuh di sana sebab areanya sendiri terdiri dari tanah pertanian, hutan kecil, dan kebun anggrek. Sandringham House pertama kali dibuka untuk umum pada tahun 1977 saat peringatan ke-25 tahun Ratu Elizabeth II bertahta dan sejak saat itu menjadi lokasi wisata yang populer. Situs ini tutup selama musim dingin karena keluarga kerajaan sering berkumpul di sini untuk merayakan Natal. Rumah, museum, serta taman Sandringham akan kembali menyambut pengunjung pada tanggal 1 April 2019.


    (Penulis: Jessica Davis; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Erlissa Florencia; Foto: Courtesy of Bazaar UK)










- RELATED ARTICLE -