• Tips untuk Memulai Diet Vegetarian Bagi Pemula

    Culture / Tips


    Tips untuk Memulai Diet Vegetarian Bagi Pemula

    Ingin meniadakan daging dari menu makan Anda? Baca dulu kiat-kiat berikut ini!


    Yang dimaksud dengan vegetarian kurang lebih adalah seorang yang menganut pola makan yang berbasis tumbuhan dan mengeliminasi daging atau asupan dari hasil hewan. Fenomena ini memang bukan hal baru.

    Malah, kian lama diet ala vegetarian ini kian popular saja. Tak jarang pula artis Hollywood yang mengaku sangat menikmati hidup sebagai seorang vegetarian dan bahkan vegan, sebut saja Gwyneth Paltrow, Ariana Grande, dan Tobey Maguire. Penasaran ingin ikut mencoba? Melalui artikel ini, Bazaar telah menyusun beberapa trik termudahnya!


    1. Mulailah secara bertahap

    Menghilangkan menu ayam, sapi, kambing, dan lain sebagainya dari keseharian Anda bisa dibilang merupakan keputusan yang akan mengubah hidup. Untuk itu, tak perlu terburu-buru karena Anda selalu bisa melakukannya tahap demi tahap.

    Sebagai contoh, kurangi daging sedikit demi sedikit saja sambil terus menambahkan porsi sayur. Dan sebisa mungkin, jangan langsung menghapus telur dan produk susu karena paham seperti ini termasuk kepada diet yang relatif ketat.

    Cobalah untuk mempraktikkan diet vegetarian ini selama sehari sampai dua hari terlebih dulu dalam waktu sepekan ke depan. Jika Anda sudah merasa sanggup beradaptasi sekaligus merasakan manfaatnya, barulah frekuensi menu sayur bisa ditingkatkan lagi. 


    2. Utamakan resep favorit

    Memprioritaskan makanan kesukaan saat bertransisi menjadi seorang vegetarian pastinya akan membuat Anda lebih bersemangat! Apabila Anda menyenangi lasagna, misalnya, siasati isian daging cincangnya dengan bayam ataupun lentil.

    Tak hanya itu, substitusi protein hewani seperti ayam dan sapi dengan opsi nabati yang mudah untuk didapatkan seperti tahu serta tempe. Adapun terung ataupun jamur juga bisa diolah sedemikian rupa untuk menggantikan daging berkat tekstur dan rasanya yang sedap.


    3. Tetap cukupi kebutuhan nutrisi

    Kurangnya kualitas maupun kuantitas makanan yang dikonsumsi tentu dapat mengakibatkan tubuh lemas, cepat lelah, serta mudah terkena macam-macam penyakit. Salah satu solusinya, lahap kacang-kacangan yang kaya akan serat serta nutrisi penting bagi kesehatan.

    Zat besi yang biasanya diperoleh dari daging pun sebenarnya masih bisa Anda dapatkan melalui konsumsi sayuran hijau ataupun sereal dengan kandungan bersangkutan. Bila perlu, Anda juga bisa menambahkan suplemen vitamin B12 agar kesehatan tubuh tetap terjaga.


    4. Pastikan Anda merasa kenyang

    Salah satu tujuan diet vegetarian seharusnya menjadikan hidup Anda jauh lebih baik daripada sebelumnya. Jadi, jangan sampai Anda sengsara sendiri dengan pola makan ini. Bila perut belum terasa penuh, tambahkanlah jumlah penganannya sampai Anda bisa merasa cukup puas. Tak usah khawatir akan cepat gemuk, karena makanan ala vegetarian biasanya rendah kalori dan hampir bebas lemak.


    5. Hindari godaan dan kebosanan

    Pertama-tama, bukan mustahil Anda akan banyak tergiur ataupun rindu untuk memakan gurihnya produk hewan. Akan tetapi, semua itu sebetulnya dapat dihindari dengan niat bulat yang disertai dengan perencanaan nan matang. Misalnya, saat pergi bersama teman-teman ke restoran sushi, Anda sudah harus tahu apa saja yang bisa menjadi alternatif hidangan vegetarian.

    Contoh, cawan mushi, sepiring edamame, ataupun vegetable tempura yang tentu sama enaknya! Selanjutnya, variasikan jenis sayur-sayuran agar Anda tidak cepat jenuh dengan pilihan menu yang itu-itu melulu.


    6. Bergabung dengan komunitas vegetarian

    Memiliki teman senasib tentu mampu membuat Anda termotivasi untuk konsisten mengikuti pola makan vegetarian. Selain itu, Anda pun bisa bertukar pikiran hingga mencari solusi dari masalah apa pun yang dialami selama menjalani diet tersebut. Last but not least, Anda bisa saling bertukar inspirasi, referensi rumah makan vegetarian, dan juga kreasi resep untuk memasak menu vegetarian sendiri di dapur!

    (Foto: Andrey KiselevĀ©123RF.com)


    Tags : vegetarian






- RELATED ARTICLE -