• Super Blood Wolf Moon Akan Terjadi Bulan Ini

    Culture / News


    Super Blood Wolf Moon Akan Terjadi Bulan Ini

    Fenomena langka gerhana trifecta yang tak boleh Anda lewatkan, sayangnya tidak terlihat di wilayah Asia.


    Banyak berita yang mengabarkan bahwa super blood wolf moon akan terjadi bulan ini. Hal tersebut memang benar adanya. Kami telah merangkum segala hal yang perlu Anda ketahui mengenai peristiwa gerhana trifecta tersebut sehingga Anda tidak melewatkan fenomena langka ini.


    Apa itu sebenarnya super blood wolf moon?

    Super blood wolf moon mungkin terdengar cukup rumit di telinga Anda. Bukan hanya menjadi fenomena yang langka, dinamakan demikian sebab gerhana bulan ini merupakan perpaduan dari tiga peristiwa sekaligus yaitu supermoon, blood moon, dan wolf moon.

    Menurut situs online EarthSky, supermoon terjadi ketika bulan baru atau bulan purnama jaraknya berdekatan dengan bumi di dalam satu putaran orbitnya. Sementara blood moon merupakan peristiwa ketika bulan mengalami gerhana total dan nampak berwarna merah karena terkena sinar matahari.

    Wolf moon sendiri merupakan sebutan untuk bulan purnama pertama yang muncul di awal tahun. Serigala umumnya akan melolong nyaring menghadap bulan karena kelaparan di musim dingin, oleh karena itu penduduk asli Amerika dan Eropa di abad pertengahan menamainya demikian.


    Jadi, apa yang akan terjadi bila tiga peristiwa tersebut terjadi secara bersamaan? Ya, Anda akan menyaksikan fenomena super blood wolf moon.


    Kapan gerhana ini akan terjadi?

    Super blood wolf moon di tahun 2019 akan terjadi pada tanggal 20 atau 21 Januari. Hal ini sebenarnya tergantung pada zona waktu di mana Anda tinggal. Menurut National Geographic, puncak gerhana akan dimulai pada pukul 11.41 malam waktu Amerika wilayah timur di tanggal 20 Januari dan diperkirakan berlangsung selama 62 menit. Dengan demikian, mereka pun mengatakan bahwa peristiwa tersebut secara keseluruhan akan terjadi selama tiga setengah jam.


    Di mana Anda dapat menyaksikan super blood wolf moon?

    National Geographic menyebut bahwa fenomena gerhana trifecta ini secara keseluruhan dapat disaksikan di wilayah Amerika, Greenland, Islandia, Eropa Barat, dan Afrika Barat. Anda pun masih bisa melihatnya bila berada di daerah Eropa Timur dan Afrika Timur meski hanya nampak sebagian. Dan bagi Anda yang tinggal di wilayah Asia, sungguh disayangkan bahwa Anda tidak bisa menyaksikan fenomena langka super blood wolf moon.

    (Penulis: Taylor Mead; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Erlissa Florencia; Foto: Courtesy of Bazaar US)







- RELATED ARTICLE -