• 10 Kata yang Harus Dihindari Saat Membuat Surat Lamaran

    Culture / News


    10 Kata yang Harus Dihindari Saat Membuat Surat Lamaran

    LinkedIn mengungkapkan daftar yang terlalu sering digunakan oleh banyak orang saat melamar pekerjaan.


    Situs jejaring sosial LinkedIn telah memberikan daftar sepuluh kata yang terlalu banyak dipakai oleh penggunanya saat mempromosikan diri untuk melamar pekerjaan. Sampelnya diambil dari para anggota LinkedIn di Britania Raya dalam kurun waktu 12 bulan terakhir. Hasilnya, kata specialized berada di urutan nomor satu, diikuti dengan leadership dan experienced

    LinkedIn kemudian bekerja sama dengan Christopher Sanford, seorang penulis biografi, yang tentunya juga ahli dalam mendeskripsikan hasil pencapaian banyak orang. Ia memberikan sarannya mengenai bagaimana cara untuk menjual diri dalam lamaran kerja.

    “Bahasa yang kita gunakan merupakan gambaran diri kita sebenarnya. Maka dari itu, pemilihan kata sangatlah penting,” ujar Christopher. Ia juga menjelaskan bahwa orang terlalu sering bersembunyi di balik kata-kata umum yang sebenarnya tidak mencerminkan dirinya, bahkan tidak memiliki arti apa-apa.

    Kata-kata tersebut sekadar digunakan supaya surat lamaran terlihat lebih ringkas atau bisa jadi mereka tidak memiliki kepercayaan diri untuk berbicara tentang pencapaian kerja yang pernah diraihnya.

    Christopher kemudian melanjutkan, jika terpaksa menggunakan kata-kata tertentu yang sudah sering muncul, ada baiknya Anda menyiapkan contoh-contoh konkret sebagai pendukung pernyataan. Sarannya, gunakanlah kata yang mengandung makna kuat dan berpengaruh sebagai pembuka untuk memperkenalkan diri Anda secara spesifik.

    Setelah ini, Anda bisa segera membuka akun LinkedIn ada dan melakukan beberapa pembaruan. Pastikan Anda menghilangkan kata-kata yang sangat umum digunakan berikut ini:


    1. Specialised
    2. Leadership
    3. Experienced
    4. Passionate
    5. Strategic
    6. Excellent
    7. Focused
    8. Creative
    9. Enthusiastic
    10. Successful


    (Penulis: Ella Alexander ; Artikel ini disadur dari BAZAAR UK; Alih Bahasa: Erlissa Florencia; Foto: Courtesy of BAZAAR UK)








- RELATED ARTICLE -