• Inilah 10 Bangunan Paling Unik di Dunia

    Culture / News


    Inilah 10 Bangunan Paling Unik di Dunia
    Inilah 10 Bangunan Paling Unik di Dunia

    Dari benua Eropa ke Asia, setiap karya arsitektur berikut unggul dengan ciri khasnya.


    Begitu banyak hal yang dapat kita saksikan saat sedang melakukan perjalanan. Selain tentunya kesenangan, satu hal yang selalu didapat dari traveling, yaitu inspirasi.


    Soal hiburan, kita memiliki selera sendiri-sendiri. Ada yang suka kuliner, ada juga yang mencari alam liar penuh tantangan, atau mungkin Anda termasuk si pencinta kota besar dengan hiburan tanpa batas?


    Di antara sekian banyak hiburan saat traveling tersebut, ada satu yang tidak akan pernah disesali untuk dieksplorasi, yaitu keunikan arsitektur. Bersama Bazaar, mari telusuri 10 karya arsitektur terunik yang dikreasikan dengan jeniusnya otak dan keandalan tangan manusia berikut.


    1. Westbank Corp., Toronto, Kanada


    Bangunan ini berada di Toronto. Gedung unik di atas tidak lain merupakan Westbank Corp. Residential mewah karya Bjarke Ingels Group yang menjadi wujud nyata sebuah arsitektur yang fenomenal.


    2. Koloseum Amphiteater Roma, Italia


    Tidak perlu teknologi, bahkan dari masa sejarah para manusia sudah andal mendirikan bangunan berkelas. Amphitheatre di Roma berikut menjadi bukti nyata kekayaan masa lalu.


    3. Katedral Berlin, Jerman


    Satu lagi bukti nyata kekayaan sejarah. Jika datang ke Berlin, jangan lupa menyalakan lilin dan berdoa di katedral megah di atas. Niscaya, panjatan doa akan dijawab Tuhan.


    4. Hotel Sangan, Khorasan, Iran


    Pernah membayangkan tidur di tengah gurun di Iran? Skenario film Aladdin tersebut dapat dialami secara nyata di Hotel Sangan.


    5. Bahai, Santiago, Chile


    Teduh. Demikian kesan yang diberikan arsitektur Bahai di Chile ini. Didesain oleh tim arsitek Hariri Pontarini, tempat ibadah ini terinspirasi dari bentuk sayap. Dibuat dari material baja dan kaca, satu kata yang menggambarkan karya bangunan ini. Jenius! 


    6. Baori, Rajasthan, India


    Sebuah bangunan tempat tinggal berkonsep sustainable di atas akan segera direalisasikan. Terletak di India, Baori akan ditangani langsung oleh seorang arsitek bertitel master, Nuru Karim. Banyak khalayak menantikan peresmian gedung ini.


    7. Hotel Morpheus, Macau


    Dinamakan sama seperti dewa di mitologi Yunani, keberadaan arsitektur di atas tidak kalah agungnya. Morpheus merupakan sebuah hotel premium yang berlokasi di Makau.

    Didesain oleh mendiang diva arsitek, Zaha Hadid, gedung bergaya kontemporer ini menjadi ikon di kota tempat berdirinya.


    8. Shenzen Energy Mansion, Guangdong, China


    Satu lagi karya spektakuler dari Bjarke Ingels Group. Akrab dengan inisial singkatan BIG, tim arsitektur andal ini unjuk aksi keahliannya merancang di Guangdong, China. Shenzen Energy Mansion akan membuat siapa pun yang melihatnya merasa terkagum. 


    9. Guangzhou Opera House, China


    Dari Guangdong, kita beralih ke Guangzhou. Foto barusan merupakan karya spektakuler lainnya yang ditinggalkan Zaha Hadid.  Keunikan gedung opera ini tak dapat dipungkiri menjadi favorit untuk banyak turis.


    10. Bailong Elevator, Zhangjiajie, Hunan,China


    Masih berada di seputar China. Sekarang giliran provinsi Hunan. Sebuah bangunan lift yang seolah terselip di tengah tebing ini sungguh spektakuler! Faktanya, Bailong Elevator adalah lift tertinggi yang ada di dunia.


    Entah apa yang ada di dalam benak para arsitek yang mendesain sejumlah bangunan spektakuler di atas, serta bagaimana cara para pekerja konstruksinya ketika merealisasikan ide jenius tersebut. Setidaknya sekali dalam seumur hidup, mari kunjungi salah satunya.  


    (Foto: Courtesy of Instagram @maricaferrillo, @westbankcorp, @rik_berto, @zerletti, @farshad_mehdizadeh, @ocean.alma, @nurukarim, @_chackmkit, @nk7)







- RELATED ARTICLE -