• 10 Desainer Pengantin Tradisional di Indonesia

    Bride / Tips


    10 Desainer Pengantin Tradisional di Indonesia

    Ketika memilih gaun pengantin tradisional, dibutuhkan juga desainer pengantin yang sangat mengenal budaya tradisi Indonesia secara mendalam.


    Merencanakan pernikahan beraliran tradisional dan dengan berbagai ritual adat dari daerah asal Anda merupakan sebuah perjalanan yang tidak akan Anda lupakan dan sangat berkesan.

    Pernikahan dengan adat tradisional akan membutuhkan sebuah tim yang mengenal ritual adat dan budaya asal Anda secara mendalam untuk membuat setiap aspek hari pernikahan Anda berjalan dengan sempurna.


    Berbicara tentang pernikahan tentu tidak akan lepas dari gaun pernikahan yang akan dikenakan sang pengantin di hari istimewanya.

    Banyaknya tradisi adat di Indonesia yang berbeda-beda akan mengharuskan Anda untuk memilih desainer gaun pengantin yang tepat merepresentasikan gaun impian sekaligus budaya asal Anda.

    Untuk membantu Anda, Bazaar mengumpulkan sederetan desainer yang telah lama berkontribusi dalam menyulap berbagai pengantin beraliran tradisional mengenakan kebaya dan baju adat yang tak terlupakan. 


    1. Anne Avantie

    Menghabiskan masa kecilnya di kota Solo, Jawa Tengah, desainer kebaya Anne Avantie mengawali kariernya dalam merancang pakaian dengan merancang berbagai busana untuk pergelaran tari.

    Hal itu menunjukkan betapa ia selama ini telah mendedikasikan dirinya di busana tradisional kebaya yang sarat akan budaya Jawa.

    Kecintaannya dalam membuat pakaian untuk para wanita Indonesia yang anggun telah digeluti selama 29 tahun lamanya. 


    Untuk Anda yang akan menikah dengan budaya adat Jawa, sederetan kebaya rancangan Anne Avantie tentu merupakan pilihan yang tepat.

    Ciri khas kebaya rancangannya yang menyatukan sisi konservatif budaya Jawa dengan sisi kontemporer kebaya modern akan menyeimbangkan tampilan Anda di hari pernikahan Anda.

    Ciri khas rancangannya yang kerap menggunakan ekor yang menjuntai hingga ke lantai tentu akan memancing atensi para tamu pernikahan Anda dan membuat tampilan tak terlupakan.


    2. Biyan

    Budaya Indonesia tidak akan pernah lepas dari karya-karya desainer Biyan Wanaatmadja.

    Kecintaannya terhadap budaya Indonesia sering ia gambarkan melalui eksplorasi dengan berbagai macam kain wastra nusantara atau menciptakan sederetan koleksi yang didedikasikan untuk salah satu daerah di Indonesia seperti koleksinya yang bertajuk Biyan Humba Hammu.

    Biyan yang juga turut merancang gaun pernikahan bernuansa internasional, juga merupakan salah satu desainer terbaik yang dapat Anda pilih ketika akan menikah dengan aliran tradisional.


    Talentanya dalam menciptakan kebaya modern bergaya kontemporer hingga baju adat dari beragam daerah seperti adat Padang pada foto di atas sudah tidak diragukan lagi.

    Teknik beading dan embroidery yang merupakan ciri khasnya tentu bukan suatu hal yang perlu Anda ragukan untuk membuat gaun pernikahan sebagai pusat perhatian. 


    3. Sapto Djojokartiko

    Sapto Djojokartiko terkenal akan karya-karyanya dalam menciptakan gaun pernikahan bergaya resort dengan percampuran elemen feminin dan edgy.

    Setiap karyanya yang mengadopsi budaya Indonesia dengan craftsmsanship yang apik, ternyata juga Ia tuangkan di atas kebaya pernikahan kontemporer.


    Seperti yang dapat Anda lihat di halaman Instagram @saptodjojokartikobride, kebaya tradisional rancangan desainer yang berasal dari kota Solo, Jawa Tengah ini sudah banyak menciptakan kebaya pernikahan beraliran modern.

    Permainan detail yang rumit dengan teknik beading dan embroidery banyak diterapkan Sapto di karya-karyanya.

    Percampuran kebaya modern dengan elemen tradisional yang seimbang membuat kebaya rancangannya tetap terlihat megah tanpa terlihat berlebihan.


    4. Eddy Betty

    Kemahiran desainer Eddy Betty yang telah berkecimpung di industri mode selama 20 tahun ternyata juga Ia tuangkan di atas kebaya pernikahan untuk pernikahan beraliran tradisional.

    Kecintaannya terhadap kecantikan para wanita Indonesia, dituangkan di atas sebuah koleksi bertajuk Kinasih yang merupakan sebuah koleksi kebaya kontemporer. 



    Talentanya dalam menciptakan bustier tidak lupa ia aplikasikan di atas kebaya rancangannya yang tentu akan membuat pemakainya terlihat ramping.

    Selain itu, seperti yang terlihat di salah satu look rancangannya, kiat desainer Eddy Betty yang menyatukan elemen gaun modern dengan kebaya dapat menjadi solusi yang tepat untuk Anda penyuka gaya modern.


    5. Ghea Fashion Studio

    Ghea Fashion Studio yang dipimpin oleh desainer Ghea Panggabean merupakan sebuah label yang menjadikan motif print bermacam-macam daerah di Indonesia sebagai ciri khas desainnya.
    Kecintaannya dalam mengadopsi warisan budaya nusantara yang kemudian Ia aplikasikan di atas gaun, kain lilit hingga kebaya, menjadikan karya rancangannya juga tepat untuk Anda kenakan sebagai gaun ketika menjalani ritual adat sebelum hari pernikahan tiba. 


    Salah satu karyanya yang menarik perhatian adalah gaun yang dijahit dari material Prada di foto ini.
    Gaun yang tampak megah dan elegan layaknya pakaian para bangsawan nusantara ini tentu akan membalut Anda dengan cantik saat melalui berbagai upacara adat yang perlu Anda lalui. 

    6. Svarna By Ikat Indonesia

    Svarna by Ikat Indonesia merupakan lini utama lansiran label Ikat Indonesia yang berfokus di gaun pernikahan dan gaun malam.

    Label yang didirikan oleh desainer Didiet Maulana di tahun 2015 ini, pada awalnya memang merupakan label yang didedikasikan khusus untuk pernikahan beraliran tradisional atau pernikahan yang menggunakan unsur ritual adat.

    Tidak heran, gaun rancangan label ini telah menjadi bagian dari banyak pernikahan beraliran tradisional dengan tema adat yang berbeda-beda.



    Salah satu karyanya yang indah dapat dilihat di bagian foto pertama, di mana Ia merancang sebuah gaun pernikahan adat Toraja yang sangat indah.

    Gaun yang diaplikasikan dengan ribuan mutiara dan kristal itu memiliki detail yang sangat rapi dan apik.

    Kemahiran Didiet dalam merancang baju pernikahan berbagai adat dengan megah dan mewah dapat Anda lihat lebih lengkap di halaman Instagram @svarnabyikatindonesia.

     

    7. Ferry Sunarto

    Label Ferry Sunarto telah lama berkecimpung di industri kebaya Tanah Air. Desain kebaya rancangannya yang berevolusi sesuai zaman membuat karya-karya kebayanya tetap dicintai hingga sekarang.

    Cara Ferry dalam merancang kebaya yang tidak terlalu berpaku ke suatu adat, membuat karyanya dapat dikenakan dengan fleksibel untuk berbagai macam acara pernikahan beraliran tradisional.



    Untuk Anda yang ingin mengenakan warna-warna pastel yang feminin di hari pernikahan Anda, Ferry Sunarto merupakan desainer yang tepat untuk Anda.

    Palet warna pastel yang lembut menjadi andalan Ferry dalam menciptakan sebuah kebaya modern yang feminin.

    Kecintaannya terhadap hal-hal feminin juga Ia kembangkan dengan banyak menciptakan kebaya bersiluet mermaid atau peplum yang akan membuat kebaya Anda terlihat seperti gaun malam.


    8. Vera Kebaya


    Label Vera Kebaya yang didirikan oleh Vera Anggraini memiliki garis rancangan yang modern dan simpel.
    Penerapan kebaya yang tampak tidak berlebihan merupakan cara Vera untuk menarik minat generasi muda yang lebih menyukai sesuatu hal yang simpel.
    Maraknya pernikahan beraliran tradisional akhir-akhir ini, sukses membuat label Vera Kebaya semakin diminati.
    Selebriti seperti Raisa hingga putri Presiden, Kahiyang Ayu tampak terlihat pernah mengenakan kebaya rancangannya dengan anggun.


    Walaupun Ia mengusung gaya yang lebih simpel dan modern di kebaya rancangannya, hal itu tidak mengurangi kemegahan kebaya rancangannya untuk dijadikan sebagai gaun pernikahan beraliran tradisional.

    Detail embroidery dan teknik beading yang rumit bagaikan karya seni tetap akan membuat siapa pun yang mengenakan kebaya rancangan Vera terlihat anggun dan stand out.


    9. Yasra Kebaya


    Apakah Anda mengenakan hijab? Untuk Anda yang mengenakan hijab dan akan mengenakan kebaya di hari pernikahan Anda nanti, label Yasra Kebaya dapat dijadikan opsi.

    Label kebaya muslim yang diperuntukkan untuk wanita yang mengenakan hijab ini memiliki karya-karya kebaya modern yang indah untuk dikenakan di hari istimewa Anda. 



    Selain untuk Anda yang berhijab, label Yasra Kebaya yang dipimpin oleh Yasra Hayati ini juga cocok untuk Anda yang ingin mengenakan warna-warna mencolok di hari pernikahan Anda.

    Warna merah, emas dan hijau kerap sering dijadikan sebagai palet warna dasar kebaya rancangan Yasra yang tentu akan mencuri atensi para tamu undangan pernikahan Anda nanti. 


    10. Era Soekamto



    Desainer Era Soekamto adalah salah satu desainer Indonesia yang banyak mengadopsi budaya warisan nusantara Indonesia.
    Kebaya rancangannya pun telah dipercaya banyak selebriti untuk dikenakan sebagai gaun pernikahan mereka.

    Era yang juga berperan sebagai direktur kreatif label Iwan Tirta ini, memiliki garis desain kebaya klasik yang banyak menggunakan palet warna putih yang lembut.

    Menjadikan kebaya rancangannya sangat tepat untuk dikenakan saat menikah.



    Selain kebaya, beragam kaftan yang dijahit menggunakan teknik draperi, siluet symmetrical atau jukstaposisi juga dapat Anda temukan di salah satu rancangannya.

    Kaftan rancangannya yang banyak menggunakan palet warna feminin dan bahan-bahan delicate seperti tulle dan silk dapat Anda jadikan opsi untuk dikenakan sebagai ansambel yang cantik untuk ritual menuju hari pernikahan Anda. 


    (Foto: Instagram.com/@anneavantie, @biyanofficial, @saptodjojokartikobride, @eddybetty, @gheafashionstudio, @svarnabyikatindonesia, @ferrysunarto, @verakebaya, @yasrakebaya, @erasoekamto; Layout: Tevia Andriani)










- RELATED ARTICLE -