• Manfaat Yoga Anti-gravity untuk Kesehatan

    Beauty / Tips


    Manfaat Yoga Anti-gravity untuk Kesehatan

    Berbagai keuntungan yang dapat diraih bagi tubuh Anda apabila rajin menekuni olahraga ini.


    Berbeda dengan yoga biasa, anti-gravity yoga melibatkan peran hammock yang terpancang kuat pada langit-langit untuk membantu menopang tubuh Anda saat bermanuver. Sesuai namanya, di sini Anda akan diajak untuk melawan gravitasi dengan cara menaklukkan beberapa pose-pose inversi (kepala di bawah dan kaki di atas) yang sekilas terlihat cukup rumit namun sebetulnya bisa dipraktikkan oleh siapa pun juga.

    Diperkenalkan oleh Christopher Harrison, yang sering bekerjasama dengan seleb sekelas Lady Gaga serta Madonna sebagai instruktur koreografi dan olah tubuhnya, yoga anti-gravity atau yang akrab disapa dengan aerial yoga kian menuai peminat karena terbukti memberikan banyak kebaikan bagi tubuh. Ingin tahu apa saja? Baca terus artikel Bazaar yang berikut ini! 

    1. Meningkatkan kekuatan sekaligus fleksibilitas

    Jika Anda disiplin dalam melakukan yoga anti-gravity, hasilnya adalah otot tubuh yang lebih terbentuk. Bahkan, tak jarang orang yang mengklaim bahwa tinggi badannya pun bertambah beberapa sentimeter setelah rutin mengikuti kelas aerial yoga secara rutin dalam waktu cukup singkat yakni sekitar tiga bulan.

    2. Memperbaiki postur tubuh

    Ragam gaya dalam yoga tipe ini terbukti dapat lebih meluruskan tulang belakang dengan cara mengurangi tekanan yang sering mengakibatkan tubuh cenderung membungkuk. Sekali latihan intensif berdurasi sejam saja, Anda pasti sudah dapat merasakan punggung yang tegak baik ketika duduk maupun berdiri. 

    3. Melancarkan peredaran darah dan meningkatkan kekebalan tubuh

    Posisi jungkir balik yang terdapat dalam anti-gravity yoga memiliki khasiat meningkatkan kinerja sistem limfoid yang berfungsi sebagai proteksi tubuh dari zat asing termasuk melancarkan sirkulasi. Pada akhirnya, konsep tersebut diharapkan membantu menetralisasi racun yang tidak diinginkan sekaligus memudahkan aliran sel-sel darah ke seluruh tubuh. 

    4. Mengatasi masalah pencernaan

    Selain menghindarkan penyumbatan terutama pada usus besar, beberapa gerakan dalam yoga anti-gravity diklaim mampu menyeimbangkan jalannya organ-organ pencernaan serta sehingga tak hanya menjadikan makanan terproses secara lebih efisien namun juga meringankan gejala konstipasi.

    5. Mengurangi stress

    Karena sifatnya yang tergolong lebih atraktif serta interaktif jika dibandingkan dengan yoga biasa, sesi aerial yoga dapat menolong Anda untuk merasakan mood yang lebih baik usai berolahraga. Kendati demikian, Anda sebaiknya menghindari yoga tersebut bila tengah hamil, menjalani pemulihan pasca operasi mata, ataupun menderita vertigo tanpa berkonsultasi dengan dokter. 


    (Foto: Dean Drobot/Shutterstock.com)


    Tags :






- RELATED ARTICLE -