• Agenda Long Weekend Tahun 2017

    Culture / News


    Agenda Long Weekend Tahun 2017

    Susun rencana liburan menurut tanggal merah yang jatuh menjelang akhir pekan di sepanjang tahun ini.


    Sudah tahu ke mana Anda akan berlibur untuk melewatkan beberapa weekend yang lebih panjang selama tahun ini? Jika belum, tak perlu khawatir. Khusus untuk Anda yang mengaku pelancong sejati, Bazaar telah menyusun alternatif tujuan wisata baik lokal maupun internasional yang sesuai untuk menghabiskan akhir pekan tersebut. 

    1. Libur Memperingati Wafat Isa Almasih

    Kapan: 14, 15, 16 April




    Pergi ke: Pulau Rubiah, Aceh. Calling all scuba divers! Pulau ini merupakan salah satu dari 119 pulau yang berada di Serambi Mekkah. Terletak tak jauh dari Pulau Weh yang menjadi magnet bagi para wisatawan, Pulau Rubiah juga menyimpan harta karun berupa kekayaan alam bawah laut yang spektakular.

    Untuk sampai ke pulau ini, Anda hanya perlu menyeberang dari Pantai Iboih dengan menggunakan moda transportasi perahu atau kapal dayung. Pastinya, jangan lupa membawa serta kamera kedap air selama Anda berlibur ke sana.



    2. Libur Isra Mi’raj

    Kapan: 22, 23, 24 April

    Pergi ke: Langkawi, Malaysia. Masih merupakan bagian dari Negeri Jiran, wilayah Langkawi yang berbentuk kepulauan menganugerahkannya begitu banyak keuntungan. Dari pulau utamanya, Anda bisa menyeberang selat-selat ke berbagai pulau-pulau lain yang keindahannya tak perlu diragukan lagi.

    Berbagai aktivitas rekreasi yang bisa dilakukan di Langkawi sangat beraneka ragam, mulai dari parasailing hingga mengagumi bentang alamnya dari atas sky bridge. Terdapat beberapa maskapai yang melayani rute dari Jakarta ke Langkawi dengan setidaknya satu kali transit, entah itu melalui Kuala Lumpur ataupun Singapura.



    3. Libur Hari Buruh 

    Kapan: 29 dan 30 April, 1 Mei

    Pergi ke: Sumba, Indonesia. Tak kalah memesona dari tujuan mancanegara, Tanah Air kita memiliki beberapa destinasi yang menunggu untuk disambangi, seperti contohnya Sumba dengan sejumlah resor yang resik dan memiliki desain apik.

    Bagian dari provinsi Nusa Tenggara Timur ini memiliki penginapan prestisius yang patut dicoba yakni Nihiwatu, di mana Anda dapat bermalam dengan nyaman di tengah pepohonan rindang dan melakukan stargazing dengan duduk-duduk di pantainya saat malam. Ingin mencoba surfing? Ombak di sini sangat menggoda bagi Anda yang senang berselancar.



    4. Hari Raya Idul Fitri

    Kapan: 23, 24, 25, 26, 27, 28 Juni (cuti bersama)

    Pergi ke: Dubai, Uni Emirat Arab. Long weekend yang berlangsung selama kurang lebih seminggu ini tak ada salahnya untuk dirayakan dengan berkunjung ke Dubai di mana Anda bisa menemukan kemeriahan Hari Raya Id yang berbeda.

    Suasana di sana pasti akan lebih riuh daripada biasanya, tetapi itu semua sepadan dengan pengalaman yang akan diraih. Pastikan Anda mengakses lantai observasi dari struktur bangunan yang tertinggi di dunia yaitu Burj Khalifa sekaligus menyaksikan aksi Dubai Fountain yang berada tepat di luarnya. Apalagi, Dubai kerap memang kerap diramaikan oleh pesta kembang api saat Id.




    5. Hari Raya Idul Adha

    Kapan: 1, 2, dan 3 September

    Pergi ke: Phuket, Thailand. Hanya dengan beberapa jam penerbangan dari Jakarta, Anda sudah bisa menjajaki surga tropis satu ini. Phuket yang berada di sebelah selatan Thailand merupakan pulau terbesar di Negeri Gajah Putih dan menyuguhkan pemandangan alam dengan figur keelokan yang tak perlu diragukan lagi.

    Iklim di sini pun tergolong cerah selama hampir sepanjang tahun. Salah satu spot yang paling sempurna untuk melewatkan malam ataupun sekadar bersantap ialah Kata Rocks Phuket. Di sini, Anda bisa bersantai sepanjang hari sambil mengagumi Laut Andaman yang cemerlang, memanjakan diri di spa, hingga mengarungi bahari dengan kapal mewahnya.



    6. Hari Raya Maulid Nabi Muhammad SAW

    Kapan: 1, 2, dan 3 Desember

    Pergi ke: Shirakawa, Jepang. Jika ingin mengintip Negeri Matahari Terbit dari perspektif lain, ada baiknya Anda bertolak ke prefektur Gifu khususnya di Shirakawa. Situs yang dinobatkan sebagai Warisan Kebudayaan Dunia oleh badan internasional UNESCO ini berada di puncak gunung Haku sehingga menjadikannya senantiasa memiliki hawa sejuk.

    Pemandangan tercantik di sini dapat Anda saksikan saat musim dingin, di mana hampir seluruh permukaan Shirakawa tertutup dengan salju putih. Anda bahkan bisa menginap di rumah penduduk dan dijamu dengan kuliner otentik yang bahan-bahannya dipanen dari kearifan lokal. 



    7. Hari Raya Natal

    Kapan: 23, 24, 25, dan 26 Desember (cuti bersama)

    Pergi ke: Adelaide, Australia. Negeri Kangguru merupakan tempat sempurna untuk mencari kehangatan sejati sementara orang-orang yang bertandang ke berbagai negara di belahan bumi utara sedang menggigil dengan cuaca yang menusuk tulang. Lain daripada tetangganya yaitu Melbourne dan Sydney, kota Adelaide cocok untuk Anda yang mendambakan ketenangan liburan yang jauh dari ingar bingar.

    Mulailah wisata Anda dengan kunjungan ke beberapa museum serta tak lupa Adelaide Botanical Garden. Setelah itu, Anda bisa berbelanja di pusat perbelanjaan nan unik yaitu Rundle Mall. Rencanakan pula untuk sekadar mencicipi wine di Barossa Valley ataupun juga day trip ke Kangaroo Island. 


    (Foto: TorriPhoto/Shutterstock.com, Dok. Instagram @acehvacation via @rozialdi, @glimpseofmalaysia via @davidsbeenhere, @nihiwatu via @taniasmagicaltravels, @dubai, @katarocksphuket, @visitjapanau via @zaidita, @visit.adelaide via @8zerokms)










- RELATED ARTICLE -