• 10 Kiat Jajan Cerdas

    Culture / Tips


    10 Kiat Jajan Cerdas

    Jajan dan tetap sehat bisa dilakukan sepanjang kita memahami kiat-kiatnya.


    Jajan atau makan di luar rasanya sudah menjadi bagian keseharian kita. Kiat apa saja yang bisa kita lakukan agar acara menyenangkan tersebut tetap dapat kita lakukan tanpa mengorbankan kesehatan, apalagi kelangsingan tubuh?

    1. Makanlah separuh porsi
    Berbagilah dengan sahabat dengan minta satu piring kosong. Sendirian?
    Mintalah pada pramusaji untuk langsung membungkus setengah porsi pesanan Anda, agar Anda tidak tergoda untuk menghabiskan pesanan.

    2. Pesanlah saus atau dressing terpisah
    Saus gado-gado, pecel atau ketoprak sebaiknya dibungkus terpisah. Juga pesanlah salad dengan cara yang sama. Tujuannya agar Anda dapat mengontrol takaran saus atau dressing.

    Percayalah, menyantap gado-gado, pecel atau salad dengan setengah porsi saus atau dressing pun sama nikmatnya.

    3. Pesanlah minuman dengan gula dan es batu terpisah
    Jika Anda belum sanggup berpisah dari minuman manis, setidaknya gula terpisah akan membantu Anda untuk mengontrol volume gula yang Anda konsumsi.

    Es batu juga sebaiknya Anda pesan secara terpisah. Proses pencairan es batu akan mengurangi kadar kemanisan minuman secara bertahap. Hal itu akan cenderung membuat Anda menambahkan gula.

    4. Pilih menu bakar
    Sebisa mungkin, pilihlah ayam atau ikan bakar daripada ayam atau ikan goreng. Pepes ikan, sambal dan lalapan adalah pilihan paling aman jika Anda sedang di restoran sunda. 

    5. Minum air putih
    Segelas besar air putih akan menenangkan perut Anda agar tidak memesan atau makan terlalu banyak.

    6. Makan buah
    Sekitar satu jam sebelum jajan, konsumsilah buah potong. Sebutir pisang, apel, atau jeruk juga bisa menjadi alternatif.

    7. Minimalis
    Sumber toksin dan alergi bersumber dari semua makanan ataupun bumbu kemasan seperti saus tomat, produk makanan kaleng dan makanan cepat saji, dan vetsin. Esens pewarna atau perasa juga berpotensi menjadi alergen.

    8. Pilih daging tanpa lemak
    Daging merah tetap diperlukan tubuh, kuncinya adalah moderasi porsi dan frekuensi konsumsi. Selain itu, kualitas daging juga berperan penting. Jika Anda ingin menyantap steak, pilihlah tenderloin steak. Lupakan porterhouse atau sirloin. Jika memungkinkan, ganti kentang goreng atau mashed potato dengan sayuran ekstra.

    9. Pilih ayam dan telur ayam kampung
    Belum semua ayam potong/negeri atau ayam broiler diternakkan secara organik. Masih ada peternak ayam potong yang memakai antibiotik dan hormon untuk mempercepat pertumbuhan ayam.

    Ayam dan telur ayam kampung adalah pilihan yang bisa diambil. Meskipun memang lebih mahal, ini adalah investasi bagi kesehatan Anda sendiri.

    Guess what, jika Anda telah terbiasa menyantap kuning telur ayam kampung, kuning telur ayam negeri akan terasa hambar di lidah. Silakan buktikan sendiri.





    10. Pilih Sorbet

    Ingin makan es krim? Bagaimana jika kali ini Anda menjatuhkan pilihan pada sorbet aneka rasa buah? Dijamin tetap enak dan meniadakan rasa bersalah sesudah sesi makan berlalu!


    (Foto: Kikovic/Shutterstock.com)












- RELATED ARTICLE -