• Fakta Unik Di Balik Nominasi Oscar 2017

    Culture / News


    Fakta Unik Di Balik Nominasi Oscar 2017

    11 fakta di balik nominasi Oscar 2017


    Dalam dua tahun terakhir Oscar banyak mendapatkan kritik akibat jajaran nominasi yang menurut banyak orang tidak memberikan kesempatan yang berimbang (di mana tidak ada atau minimnya aktor atau aktris dari ras African American yang masuk nominasi).

    Akan tetapi nominasi Oscar 2017 kali ini memberikan banyak kejutan, kekecewaan sekaligus memecahkan rekor baru yang patut untuk Anda simak jika Anda juga selalu penasaran dengan dunia perfilman Hollywood yang glamor. 

    1. La La Land memimpin dengan 14 nominasi. 

    Film La La Land yang sebelumnya telah meraih 7 piala dalam Golden Globes kembali memimpin kompetisi Oscar dengan 14 nominasi. Hal ini membuat film arahan sutradara Damien Chazelle ini, setara dengan Titanic dan All About Eve yang juga pernah meraih 14 nominasi sekaligus dalam Oscar. 

    Tentunya siapapun jadi penasaran seberapa banyak nominasi yang berhasil dimenangkan oleh La La Land nanti?

    2. Viola Davis menjadi aktris African American pertama yang mendapatkan tiga kali nominasi Oscar.

    Masuknya Viola Davis dalam kategori Best Supporting Actress merupakan nominasi ketiganya dalam Oscar. Sebelumnya aktris satu ini pernah mendapatkan nominasi serupa berkat film Doubt (2009) dan The Help (2011).

    Selain itu dua nama lainnya yang bersaing dalam kategori serupa merupakan aktris African American, yakni Naomie Harris dan Octavia Spencer. 

    3.  Dev Patel menjadi aktor berdarah India ketiga yang pernah dinominasikan untuk Oscar, dan menjadi satu-satunya aktor berdarah Asia yang masuk dalam nominasi tahun ini. 

    Sebelumnya Ben Kingsley (yang memiliki darah campuran India) berhasil memenangkan Oscar untuk perannya dalam film Gandhi (1983). Lalu Merle Oberon yang sempat mendapat nominasi di tahun 1936 untuk film The Dark Angel

    Dev Patel sebelumnya populer berkat perannya dalam Slumdog Millionaire (2009) yang juga sukses dalam Oscar, sayangnya ketika itu Dev tidak mendapatkan nominasi. Kini ia dinominasikan sebagai Best Supporting Actor untuk film Lion

    4. Sutradara Martin Scorsese tidak masuk dalam nominasi Best Director.

    Harus diakui bahwa Martin Scorsese merupakan salah satu sutradara terbaik yang dimiliki Hollywood. Sayangnya tahun ini Martin yang merilis film Silence tidak masuk dalam jajaran nominasi sutradara terbaik.

    Bahkan Silence, yang dibintangi oleh Andrew Garfield, harus puas hanya dengan satu nominasi dalam kategori Best Cinematography.

    5. Untuk pertama kalinya layanan movie streaming masuk dalam kategori Best Picture.

    Sebelumnya dalam Sundance Festival beberapa waktu lalu, Amazon Studios, yang dikenal sebagai penyelenggara jasa streaming film, membuat kesepakatan luar biasa senilai 10 juta dollar US untuk hak distribusi film Manchester by the Sea. Mengejutkannya film ini sukses masuk dalam jajaran Best Picture.

    6. Pharell dan Sing Street gagal masuk nominasi Best Original Song.

    Pharell yang menyumbangkan musikalitasnya untuk film Hidden Figures harus kecewa karena tidak masuk dalam nominasi tahun ini. Selain itu film Sing Street yang banyak mendapat apresiasi dari kritikus juga gagal masuk ke dalam nominasi. 

    7. Oscar masih tidak berpihak pada film superhero.

    Selain kemenangan posthumous untuk Heath Ledger, Oscar sama sekali jarang mengapresiasi film superhero. Dan untuk tahun ini kekecewaan harus dirasakan Ryan Reynolds, karena Deadpool yang sebelumnya sukses mendulang nominasi dalam Golden Globes dan Writers Guild, tidak mendapatkan nominasi apapun dalam Oscar kali ini.

    Justru Suicide Squads yang tidak terduga berhasil meraih posisi dalam Best Makeup and Hairstyling

    8. Merryl Streep memecahkan rekornya sendiri. 

    Masuknya Merryl Streep  dalam jajaran nominasi Best Actress untuk film Florence Foster Jenkins merupakan kali ke-20 bagi aktris senior ini untuk dinominasikan dalam Oscar. Ini juga membuatnya menjadi aktris terbanyak yang pernah dinominasikan dalam Academy Awards. 

    9. Mel Gibson kembali mendapatkan perhatian Hollywood. 

    Setelah sebelumnya banyak membuat skandal dengan kontroversinya, Mel Gibson kembali mendapatkan perhatian dari Hollywood berkat film biographical-war arahannya, Hacksaw Ridge, yang sukses mendapatkan enam nominasi

    Mel Gibson juga sempat mendapatkan pengakuan Oscar sebagai sutradara terbaik lewat film Braveheart (1995). Apakah tahun ini akan menjadi kemenangan kedua bagi Mel Gibson?

    10. Amy Adams dan Annette Bening gagal masuk dalam nominasi Best Actress.

    Kesuksesan Amy Adams bermain dalam Arrival serta betapa memuakuanya Annette Bening dalam 20th Century Women ternyata tidak membuat mereka masuk dalam jajaran kategori Best Actress.

    Hal ini menimbulkan kritik bahwa Oscar masih kurang berpihak pada film yang mengambil sosok wanita sebagai pusat cerita. Terbukti bahwa hanya Emma Stone satu-satunya aktris yang filmnya juga berhasil masuk dalam jajaran Best Picture.

    11. Ruth Negga menjadi breakout star to watch.

    Aktris berdarah Irlandia, Ruth Negga merupakan salah satu nama baru yang sangat diperhitungkan dalam ajang penghargaan film tahun ini. Ruth bermain dalam film Loving bersama Joel Edgerton. Film ini bercerita tentang perjuangan pasangan beda ras dalam mengesahkan pernikahan mereka di mata hukum Amerika Serikat. 

     

    (Foto: Dok. Bazaar)








- RELATED ARTICLE -