• 10 Peraturan Saat Magang di Industri Fashion

    Culture / Tips


    10 Peraturan Saat Magang di Industri Fashion

    Bagaimana cara mendapatkan manfaat maksimal saat internship di dunia fashion


    Alkisah Anda sudah mendapatkan lowongan magang impian Anda di industri fashion, dan kini saatnya menghadapi tantangan yang sebenarnya.

    Pengalaman magang ini akan menjadi salah satu jalur Anda untuk membentuk karir Anda, maka jangan sampai kesempatan ini terlewatkan. Oleh karena itu Bazaar akan berbagi 10 peraturan yang boleh dan tidak boleh Anda lakukan saat Anda magang dalam dunia fashion.

    1. Lakukan riset sebelum hari pertama

    Sebelum Anda memulai hari pertama magang, penting untuk mengetahui segala informasi terkait perusahaan, brand, atau majalah tempat Anda bekerja.

    Lakukan riset mengenai pegawai lainnya, terutama supervisor yang mungkin akan membantu Anda selama magang. Hal ini tentunya bukan hal yang sulit mengingat di era media sosial saat ini Anda dengan mudah menemukan apapun tentang siapapun. 

    2. Jangan berlebihan dengan penampilan Anda

    Tentunya saat Anda magang di dunia fashion, semua orang tahu bahwa Anda menyukai mode. Jadi Anda tak perlu muncul di kantor layaknya baru saja keluar dari Paris Couture Week.

    Penampilan terbaik tentunya adalah dengan menunjukan personal style Anda. Tapi tetaplah ingat bahwa Anda bekerja di kantor dan sebagai pemagang Anda mungkin melakukan berbagai aktivitas yang not-so-glamorous, maka tinggalkanlah sepatu heels Anda.

    Sebagai pemagang Anda akan dilatih bekerja di belakang layar, bukan untuk duduk di front row dalam sebuah fashion show

    Cara terbaik untuk tidak salah tampil adalah dengan memperhatikan bagaimana penampilan pegawai lain. Jika semuanya tampil sederhana dan konservatif, maka jangan pernah datang ke kantor dengan menggunakan fishnet socks atau sneakers.

    3. Ambil inisiatif

    Sebagai seorang yang tengah melakukan internship, jangan sampai waktu Anda terbuang sia-sia dengan tidak melakukan apapun. Jika Anda memang tidak sedang memiliki tugas, lakukan hal berguna lainnya, seperti membereskan arsip majalah, arsip pakaian, atau membersihkan area Anda bekerja.

    Hal ini juga berfungsi untuk menunjukan karakter Anda sebagai seorang pekerja keras dan berani mengambil inisiatif.

    4. Jangan takut untuk bertanya

    Anda berada di perusahaan ini untuk belajar, maka jangan pernah takut untuk bertanya. Karena tentunya supervisor Anda akan lebih menghargai jika pekerjaan Anda eksekusi dengan baik, ketimbang hanya asal selesai.

    5. Lakukan tiap tugas dengan antusias

    Tidak ada tugas yang terlalu remeh. Jika Anda melakukan kegiatan internship ini dan berkhayal akan dikirim ke Paris seperti atau lokasi fashion week lainnya, Anda harus sadar, bahwa hal tersebut tidak akan terjadi.

    Sebagai intern, Anda akan belajar mulai dari bawah. Dari mulai menyiapkan konsumsi untuk photoshoot atau meminjam dan mengembalikan barang pemotretan, pastikan Anda melakukannya dengan antusias dan penuh semangat.

    6. Jangan beranggapan bahwa Anda tengah menjadi karakter dalam film fashion

    Kita semua tentunya memiliki gambaran dunia fashion berdasarkan The Devil Wears Prada, Project Runway, Ugly Betty, dan berbagai tayangan lainnya.

    Ingatlah bahwa meskipun Anda tengah menjalani profesi yang mungkin sama dengan karakter dalam film atau series tersebut, jangan sampai Anda memproyeksikan karakter tersebut pada kepribadian Anda.

    Tetap jadi pribadi yang sopan dan ramah. Leave the bitchy, snobby role to the reality TV characters.

    7. Perhatikan budaya kantor

    Ketika Anda diberikan sebuah tugas atau tengah dievaluasi, pastikan Anda betul-betul memperhatikan dan mencatat semuanya. Selain hal ini bisa membantu Anda, gestur ini akan mengesankan Anda serius untuk belajar dan menjadi lebih baik. 

    Memperhatikan budaya kantor juga akan menjadi pengalaman belajar untuk pengalaman kerja di masa yang akan datang.

    8. Jangan habiskan waktu Anda bermain smartphone.

    Adalah suatu hal yang sangat tidak profesional jika menghabiskan waktu scrolling Instagram atau chatting dengan teman Anda, selama di kantor.

    Terkecuali jika Anda memang tengah riset melalui Instagram, kurangilah waktu menggunakan ponsel selama di kantor.

    9. Anggap aktivitas magang Anda sebagai pekerjaan nyata dan jalur untuk menjalin network

    Mayoritas orang-orang yang bekerja di industri fashion memulainya dari fase internship. Sehingga penting bagi Anda untuk menganggap serius kesempatan magang layaknya hal tersebut adalah pekerjaan Anda. Misalnya dengan datang paling pagi dan pulang lebih sore. 

    Keseriusan Anda terhadap kesempatan ini bisa membuat Anda dianggap sebagai karyawan yang penuh potensi.

    10. Jangan menyelesaikan program magang Anda tanpa mendapatkan feedback dan nasihat dari supervisor Anda.

    Di hari terakhir Anda magang, pastikan Anda telah mendapatkan feedback dan tanggapan dari supervisor dan kolega atas seluruh performa Anda selama magang.

    Dan ingatlah bahwa kesempatan ini juga menjadi salah satu cara untuk menjalin networking, dan manfaatkan waktu singkat tersebut untuk bertanya mengenai nasihat karir serta pertanyaan lain seputar industri mode yang ingin Anda ketahui. 

     

    (Alih bahasa: Daniar Cikita. Foto: Courtesy of 20th Century Fox)

     








- RELATED ARTICLE -