• 5 Trik Pengusir Kantuk di Kantor

    Culture / Tips


    5 Trik Pengusir Kantuk di Kantor

    Trik ini bisa dicoba saat kantuk menyerang di saat yang salah.


    Pada dasarnya, penyebab rasa kantuk adalah berkurangnya pasokan oksigen ke otak.  Apa penyebab rasa kantuk yang biasanya menyerang sehabis makan siang? Proses pencernaan makanan memerlukan pasokan darah yang cukup banyak. Semakin banyak porsi dan semakin berlemak makan siang kita, semakin banyak darah yang dibutuhkan tubuh.

    Sistem saraf turut membantu memasok darah dalam proses pencernaan. Itu sebabnya  kita mengantuk karena sistem saraf sedang kekurangan oksigen dan menurun efektifitas kerjanya.
     
    Selain itu, rendahnya nilai gizi makanan yang kita konsumsi juga dapat mendatangkan rasa kantuk. Pastikan pula kita cukup mengonsumsi air minum, minimal dua liter per hari. Faktor dehidrasi pun merupakan salah satu penyebab kantuk.

    Mana trik pengusir kantuk yang paling efektif bagi Anda?
    1. Mencuci muka
    Proses berjalan ke kamar kecil pun dapat menyegarkan tubuh kembali. Mineral water spray juga bisa menjadi penolong jika rasa kantuk menyerang Anda dalam perjalanan menemui relasi di luar kantor.

    2. Melakukan senam ringan
    Senam sambil duduk di kursi kantor? Bisa. Kepalkan kedua telapak tangan
    di depan dada sambil menarik napas panjang, lalu embuskan saat Anda meluruskan kedua tangan di samping telinga. Lakukan minimal tiga kali. Jika memungkinkan, lakukan sampai rekan kerja Anda menutup hidungnya.

    3. Gosokkan kedua telapak tangan satu sama lain sekitar 40 kali hingga terasa hangat. Lalu ketukkan ujung jemari di ubun-ubun sebanyak 10 kali. Sehabis itu, tarik ujung bawah kedua telinga, juga sebanyak 10 kali.

    4. Ulangi proses menggosok telapak tangan, lalu 'garuk' dahi dengan kedua tangan dengan memulainya dari tengah dahi ke arah luar sebanyak sepuluh kali. Ulangi gerakan yang sama pada bagian tengkuk.

    5. Di bawah tulang bahu kita, ada dua titik di kiri-kanan yang akan terasa geli jika ditekan agak keras.. Lokasinya sekitar tiga sentimeter di bawah leher. Ketuklah kedua titik tersebut dengan telunjuk dan jari tengah secara bersamaan, minimal sepuluh kali.







- RELATED ARTICLE -