• Kiat Bekerja Produktif di Kantor

    Culture / Tips


    Kiat Bekerja Produktif di Kantor

    Siasat jitu agar Anda lebih gesit dalam menyelesaikan tugas di tempat kerja.


    Apakah Anda rutin lembur atau malah sering membawa pekerjaan ke rumah sepulangnya dari kantor? Mungkin selama ini strategi Anda dalam mengerjakan pekerjaan kantor belum sepenuhnya benar. Bagaimana cara menyiasatinya? Simak trik dari Bazaar

    1. Dahulukan pekerjaan yang sulit

    Tugas tersulit akan menyita banyak energi yang kemungkinan akan lebih banyak Anda miliki di waktu pagi. Prioritaskan pekerjaan itu untuk menjadi hal yang pertama kali Anda lakukan, saat tubuh dan pikiran masih segar. Menurut sejumlah ahli, 20 persen dari keseluruhan waktu Anda di kantor cukup untuk melakukan ini (Kira-kira 96 menit jika Anda biasanya menghabiskan delapan jam per hari untuk bekerja).

    2. Hindari multitasking

    Berusaha melakukan segalanya dalam satu waktu sekaligus tak akan membuat tugas Anda selesai dengan efisien. Mulai sekarang, pusatkan konsentrasi Anda pada satu pekerjaan sampai selesai sebelum melanjutkan ke tugas selanjutnya.

    3. Gunakan Teknik Pomodoro

    Inovasi satu ini terbukti banyak membantu segala profesi. Disebut pomodoro (“tomat” dalam bahasa Italia) karena sistem waktu ibarat timer dapur yang salah satu bentuk popularnya adalah buah tomat.

    Cara memakai Pomodoro Technique tersebut yaitu dengan mengerjakan sebuah tugas, tanpa interupsi sedikit pun, selama 25 menit saja. Setiap satu sesinya berhasil dilalui, Anda berhak untuk sekilas relaksasi singkat seperti contohnya meminum segelas kopi.

    Pada akhir dari empat sesi, Anda bisa beristirahat dengan lebih panjang (20-30 menit) dan menghabiskan waktu tersebut dengan berjalan-jalan di luar atau melakukan kegiatan yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan pekerjaan. Begitu sesi berikutnya dimulai lagi, produktivitas Anda dijamin meningkat. 

    4. Cek e-mail tiga kali sehari 

    Mengecek kotak surat elektronik Anda secara terus-menerus seharian hanya akan membuang-buang waktu. Kecuali ada misi darurat, menunda balasan e-mail sekitar beberapa jam tak akan membuat Anda turun jabatan. Batasi aktivitas membaca dan membalas surel saat baru datang di kantor, menjelang tengah hari, dan sebelum pulang kembali ke rumah saja. 

    5. Kurangi distraksi

    Beberapa hal yang biasanya menurunkan kinerja di kantor antara lain penggunaan ponsel dan internet di luar hal kerja termasuk media sosial dan bergosip. Hindari godaan tersebut sedapat mungkin dengan cara mematikan notifikasi, memasang earphone atau headphone, hingga menutup pintu ruangan Anda. 


    (Foto: Aaron Amat/Shutterstock.com)


    Tags :






- RELATED ARTICLE -