Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Inilah Makanan yang Melancarkan Metabolisme

Berbagai alternatif asupan untuk meningkatkan kualitas pencernaan, di samping menu sayuran.

Inilah Makanan yang Melancarkan Metabolisme

Seperti yang Anda ketahui, alasan mengapa sayur-sayuran merupakan sumber gizi yang sangat baik bagi tubuh adalah karena kemampuannya untuk memperbaiki metabolisme.

Namun sayangnya, beberapa orang masih malas ataupun lupa memakan sayur mayur yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hariannya.

Namun jangan khawatir, Bazaar telah mencari beberapa opsi sajian lain untuk memastikan siapa pun tetap bebas dari konstipasi meski enggan mengkonsumsi sayuran berserat. Check this out! 

1. Brown rice

Berkat padatnya nutrisi dan karbohidrat kompleks yang terdapat di dalamnya, makanan dengan whole grain mampu menyeimbangkan tingkat gula darah dalam tubuh sehingga metabolisme pun berjalan cepat.

Selain brown rice, biji-bijian utuh tersebut dapat ditemukan pada quinoa dan oatmeal


2. Kalkun 

Secara alamiah, kalkun memiliki kadar lemak yang rendah dan baik untuk dimakan baik saat siang maupun malam. Konsumsi daging ini membantu Anda merasa kenyang sepanjang hari berkat kadar proteinnya yang tinggi.


3. Chia Seed

Tahukah Anda bahwa chia seed sesungguhnya mengandung Omega-3 lebih banyak daripada ikan salmon sekalipun? Selanjutnya, chia seed juga diklaim efektif membakar lemak perut yang seringnya merupakan penghambat bagi kelancaran metabolisme tubuh.

Tidak hanya itu, khasiat chia seed yang lain ialah menyokong pencernaan kalsium dan fosfor yang baik untuk kekuatan tulang. 


4. Buah-buahan bervitamin C

Segala buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi sangat berguna untuk membantu metabolise dan menghindarkan Anda dari kesusahan saat ingin buang air besar.

Di antara beberapa contohnya yaitu buah sitrus (jeruk, lemon, dan lain sebagainya) serta beri-berian (strawberry, raspberry, blueberry, dan blackberry). 



(Foto: Foxys Forest Manufacture/Shutterstock.com)