Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

4 Langkah Mudah untuk Mencoba Meditasi

Meditasi kerap terkesan sebagai sesuatu yang rumit, namun sesungguhnya hal itu dapat dijajal dengan beberapa tahapan simpel.

4 Langkah Mudah untuk Mencoba Meditasi

Banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan dari aktivitas meditasi. Selain melatih konsentrasi, orang yang melakukan kegiatan tersebut secara berkala menilai bahwa hidupnya lebih produktif dan tertata.

Apabila Anda belum terbiasa, tidak ada kata terlambat jika ingin memulainya. Baca artikel berikut ini untuk kiat bermeditasi bagi pemula.

1. Duduklah senyaman mungkin

Anda bisa duduk di kursi sebagai permulaan. Pilih permukaan yang dapat menopang punggung dengan baik namun bukan berarti menjadikan Anda mudah mengantuk.

Anda dapat menutup mata ataupun membukanya, asalkan tak mengganggu inti meditasi. Sebisa mungkin, kenakan pakaian yang longgar serta lepaskanlah alas kaki Anda. Makanlah sebelumnya apabila Anda lapar dan sempatkan buang air jika dirasa perlu.


2. Siapkan timer

Untuk menghindari keinginan melihat jam, beberapa pakar menyarankan untuk memanfaatkan timer khusus ataupun memakai aplikasi yang tersedia pada ponsel.

Namun, pastikan saja Anda tak akan mendapati dering telepon selama bermeditasi. Sekadar tip, 10 menit meditasi yang dilakoni setiap hari selama satu pekan masih lebih baik daripada melakukannya dalam waktu 70 menit namun hanya sekali seminggu.


3. Pusatkan perhatian pada satu titik

Rilekskan rahang, tarik dan buang napas melalui hidung, serta rasakan sensasinya sambil mengenyahkan pikiran sehari-hari yang membuat stres.

Sebagai catatan, Anda lebih mudah menenangkan pikiran saat napas masuk jika dibanding saat menghembuskannya keluar.


4. Kerahkan konsentrasi

Tahapan ini mungkin adalah yang tersulit di antara semuanya. Orang yang telah bertahun-tahun mempraktikkan meditasi pun masih sering terdistraksi.

“Kapan terakhir kali saya ke dokter gigi?” “Apakah kompor sudah benar-benar mati?” “Berapa tagihan kartu kredit bulan ini?” Jangan khawatir, sejuta angan dalam benak Anda adalah manusiawi.

Tapi yang terpenting dari proses ini adalah upaya mengendalikan pikiran Anda untuk kembali ke fokus awal, begitu terus sampai waktu Anda habis. Jika sudah lebih terlatih, tingkatkan durasinya.


(Foto: brickrena/Shutterstock.com)