• 10 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Memelihara Anjing

    Culture / Tips


    10 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Memelihara Anjing

    Sebelum memilih anjing impian, temukan fakta-fakta menarik yang akan membuat peliharaan Anda menjadi man’s best friend sesungguhnya.


    Apakah Anda sudah lama memimpikan mengadopsi seekor anjing? Mendapatkan teman bermain sepintar Lassie, Buddy, atau Hachiko yang begitu melegenda seperti di dalam film.

    Anda tentu berharap mendapatkan peliharaan yang penurut dan selalu setia mendampingi. Bahkan jika melihat di film, anjing begitu pintar serta dapat diandalkan dalam keadaan sulit.

    Namun dalam realita, memelihara anjing tidak semudah yang kita bayangkan. Ada banyak persyaratan yang harus dipenuhi agar peliharaan Anda bahagia dan terhindar dari stress yang bisa mempengaruhi kesehatannya.

    Baca terus artikel ini untuk mengulik fakta-fakta menarik yang mungkin belum Anda ketahui.



    1. Anjing membutuhkan banyak perhatian, yang berarti Anda harus bersedia meluangkan waktu dan energi lebih jika berniat memeliharanya. Jika Anda tinggal seorang diri dan sering pulang kerja larut malam, mungkin memelihara anjing bukan keputusan yang tepat.

     

    2. Setiap breed anjing memiliki karakternya masing-masing. Seperti contohnya, jika Anda membutuhkan anjing yang bersahabat, jenis Golden Retriever bisa menjadi pilihan. Namun jika Anda menginginkan anjing yang periang, Bazaar menyarankan untuk memelihara jenis French Bulldog atau Corgi.

    Anda bisa menemukan informasi tentang breed yang diinginkan pada halaman pertama Google. It’s really easy but people usually forget.

       


    3. Anda tentu sudah sering mendengar kalimat a dog is for life. Alasannya sederhana, memiliki anjing berarti Anda siap untuk berkomitmen memenuhi kehidupan sang peliharaan hingga mereka menutup mata. Not to mention the food, vet bills, vaccines, grooming, check ups, spraying or neutering, heartworm pills, medicines and maybe some training.

    Jangan lupa jika anjing juga memiliki ikatan yang kuat dengan pemiliknya. Maka setiap perubahan yang terjadi dalam kehidupan Anda, akan mempengaruhi perasaan mereka sama besarnya.

     

    4. Apakah Anda sering melakukan perjalanan ke luar kota? Jika ya, Anda harus mulai memikirkan biaya penitipan anjing yang dihitung per malam seperti layaknya hotel, atau biaya membawa hewan peliharaan ke dalam pesawat maupun alat transportasi umum lainnya.



    5. Bagaimana keadaan rumah Anda? Jika Anda menyukai rumah yang rapi dan spotless, tentu akan ada banyak pekerjaan rumah menunggu.

    Sebaiknya hindari memiliki barang pecah belah jika Anda berniat memelihara anak anjing. Karena seperti anak manusia, they like to run and smash.

     

    6. Your dog should be suitable to not only your lifestyle, but also your surroundings. Perhatikan ukuran anjing yang akan Anda adopsi. Jika Anda tinggal di apartemen, jangan memelihara anjing berjenis besar.

    Meski memelihara breed kecil, mereka juga membutuhkan ruang untuk bermain. Jangan sampai membuat anjing Anda sulit bergerak dan kebosanan. Karena hal ini juga akan berpengaruh pada kesehatannya.

       


    7. Jangan lupa memperhatikan tingkat kelembapan udara dan suhu. Sama seperti manusia, makhluk berbulu ini juga bisa kepanasan. Beberapa breed tertentu bahkan membutuhkan ruangan ber-AC jika dipelihara di Jakarta.

    Perlu diingat jika anjing tidak memiliki pori-pori, jadi mereka tidak akan berkeringat. Cara anjing mengatur suhu tubuh adalah dengan membuka mulutnya dan mengeluarkan lidah.

     

    8.Talking about training, it’s an endless fight. Jika Anda beruntung, bisa saja Anda mendapatkan anjing berbakat yang mudah menyerap pelajaran house training yang Anda berikan setiap hari.

    Namun sebaliknya jika Anda tidak seberuntung itu, mengajarkan anjing untuk pup di tempat yang sudah disediakan dapat memakan waktu berbulan-bulan.

    Belum lagi menambah gerakan idaman seperti duduk, berguling, atau gesture memohon yang menggemaskan.

       


    9. They become a part of the family. Jika Anda tinggal dengan orang lain, atau bahkan dengan anak kecil, pastikan kondisi anjing Anda stabil untuk berada di antara keramaian.

    Baru setelahnya, Anda bisa nyaman melepaskan anjing di dalam rumah tanpa leash. Hal ini penting karena kadang beberapa anjing tidak terbiasa dan takut berada di antara manusia. Sehingga keadaan emosi yang kurang stabil dapat menyebabkan anjing menyerang atau stress.

     

    10. Kenali bahan-bahan yang dapat membahayakan kesehatan anjing Anda. Deterjen, alpukat, anggur, cokelat, jenis bawang-bawangan, dan beberapa sayuran tidak boleh diberikan pada anjing.

    Beberapa bahan berakibat fatal karena dapat menjadi racun yang membahayakan hidupnya.

     

    Bazaar harap fakta-fakta di atas akan membantu Anda menemukan peliharaan idaman. Jangan takut memelihara anjing karena jika Anda berhasil menjadi pemilik yang baik, pengalaman ini akan menjadi salah satu momen paling menyenangkan dalam hidup Anda.


    Foto: Courtesy of Instagram @frenchiebutt @marutaro @marniethedog @baby.beckham @corgnelius








- RELATED ARTICLE -