• Fakta Seputar Serial Sherlock

    Culture / News


    Fakta Seputar Serial Sherlock

    Beberapa fakta seputar serial televise fenomenal, Sherlock.


    Bagi Anda penggemar serial televisi Sherlock, momen tahun baru kali ini bisa jadi telah Anda tunggu-tunggu sejak dua tahun lalu. Setelah penantian panjang penuh teka-teki mengenai kelanjutan petualangan Detektif Sherlock Holmes dan partner-nya, John Watson, akhirnya kini Anda bisa kembali menyaksikan duet pasangan dinamis yang sejak enam tahun lalu berhasil menjadi primadona bagi penggemar serial televisi, khususnya yang bergenre crime drama.  

    Sherlock merupakan serial televisi hasil kolaborasi antara BBC, Hartsood Film, dan WGH Boston, yang diangkat dari kisah detektif Sherlock Holmes kreasi Sir Arthur Conan Doyle. Semenjak pemutaran perdananya di tahun 2010, Sherlock langsung menjadi fenomena televisi di Inggris hingga kemudian menyebar ke seluruh dunia. Dibintangi oleh Benedict Cumberbatch sebagai Sherlock Holmes dan Martin Freeman sebagai Dr. John Watson, Sherlock telah mendulang banyak penghargaan dan melejitkan nama kedua pemainnya ke level dunia. 

    Di awal tahun 2017 ini, Sherlock kembali hadir dengan season terbarunya yang dijamin akan membawa para penonton menelusuri pengungkapan kisah kriminal kompleks sembari menyaksikan kecerdasan Sherlock dan keberanian Dr. Watson.




    Tak mau ketinggalan, Bazaar akan berbagi beberapa fakta menarik seputar serial televisi fenomenal ini. 

    1. Seperti season penayangan sebelumnya, dalam season keempat ini akan ada tiga episode yang ditayangkan pada 1 Januari, 8 Januari, dan 15 Januari 2017, pada waktu setempat. Ketiga episode tersebut adalah The Six Tatchers, The Lying Detective, dan The Final Problem.

    Ketiganya terinpirasi dari tiga judul cerita Sherlock Holmes karangan Sir Conan Arthur Doyle. The Six Tatchers diangkat dari cerita The Six Napoleons. The Lying Detective merupakan adaptasi dari The Adventure of Dying Detective, dan The Final Problem diambil dari cerita pendek, The Final Problem.

    2. Berdasarkan hasil interview dari kedua pemeran utama Benedict Cumberbatch dan Martin Freeman, menyiratkan bahwa season keempat ini akan menjadi musim yang penuh kejutan ditambah keberadaan konflik yang akan bisa jadi berakhir tragis. Beberapa pemain juga menyebutkan agar penonton bersiap menyaksikan season paling kelam dalam sejarah pemutaran Sherlock

    3. Kepopuleran Sherlock yang membawa peruntungan kepada kedua pemain utamanya juga ternyata membawa nasib kurang baik bagi kelanjutan serial ini. Dalam beberapa hasil wawancara dengan Steven Moffat, salah satu kreator dari serial TV ini, disebutkan bahwa status Benedict dan Martin yang kini menjadi superstar dan banyak bermain dalam film Hollywood membuat keduanya sulit meluangkan waktu untuk Sherlock.

    Masalah ini membuat banyak pihak berspekulasi bahwa bisa jadi season keempat akan menjadi penutup dari petualangan Sherlock dan Dr. Watson di abad 21 ini. 

    4. Pemutaran season ketiga Sherlock di tahun 2014 lalu berhasil mencetak rekor menjadi serial produksi BBC dengan penonton paling banyak dalam 10 tahun terakhir. Pasalnya dalam episode pertama season ketiga, The Empty Hearse, para penonton akhirnya mendapatkan jawaban bagaimana Sherlock berhasil memalsukan kematiannya, setelah menunggu selama dua tahun!

    The Empty Hearse (2014)

    5. Tim produksi Sherlock dikenal dengan cara promosi yang cukup unik. Seperti blog pribadi milik John Watson dan website konsultasi Sherlock keduanya benar-benar nyata, meskipun kini sudah tidak aktif (blog John Watson baru saja dinyatakan tidak aktif lagi menjelang pemutaran season keempat). Dalam blog dan situs ini Anda bisa melihat penuturan keduanya mengenai kasus-kasus yang mereka pecahkan.

    Untuk pemutaran perdana season ketiga episode pertama, The Empty Hearse, tim BBC mengumumkan tanggal pemutaran melalui sebuah mobil jenazah yang dibiarkan berputar di London dengan karangan bunga yang dibentuk menyerupai waktu pemutaran. Strategi ini menyebabkan banyak fans pada hari itu berkeliling London untuk berburu foto dan penampakan dari mobil tersebut. 


    Sementara untuk season keempat, BBC mengumumkan nama putri dari John dan Mary Watson dalam harian Telegraph. Pengumuman tersebut dibuat seakan-akan ucapan yang dikirimkan oleh Mrs. Hudson, Molly, dan Sherlock. 

    6. Total episode serial Sherlock selama enam tahun penayangan adalah 11 episode. Termasuk di dalamnya episode spesial yang ditayangkan pada 1 januari 2016 lalu, The Abominable Bride. Episode spesial ini mengambil setting waktu era Victoria.

    The Abominable Bride (2016)

    Sementara satu episode spesial lainnya dirilis di Youtube pada saat Natal 2013 lalu, berjudul Many Happy Returns. Mini episode ini menggambarkan kehidupan John Watson pasca 'meninggalnya' Sherlock. 

    7. Dalam season keempat Sherlock akan menghadapi seorang musuh besar, Culverton Smith. Berbeda dengan Moriarty yang menjadi ancaman psikologis, Culverton disebut akan mengancam Sherlock secara fisik. Diperankan oleh aktor kawakan Toby Jones, Steven Moffat menjelaskan karakter Culverton Smith sebagai 'the purest evil'. 

    Toby Jones sebagai Culverton Smith.

    8. Dalam event San Diego Comic Con, Mark Gatiss dan Steven Moffat selaku otak di balik Sherlock menyebutkan tiga nama kunci dalam season kali ini. Ketiga nama tersebut adalah Tatcher, Smith, dan Sherrinford. Nama Sherrinford sendiri merujuk pada karakter imajnatif yang disebutkan sebagai kakak tertua dari Mycroft dan Sherlock Holmes.

    Lantas apakah pada season keempat ini akhirnya kita bisa tahu lebih banyak seputar latar belakang keluarga Sherlock? Hal ini tentunya membuat para fans semakin bertanya-tanya. 

    Happy New Sherlock!

     

    (Foto: Courtesy of BBC, Courtesy of Hartswood Film, Courtesy of Masterpiece PBS)

     

     



    Tags : news, culture






- RELATED ARTICLE -