• Tips Kembali Sehat Usai Berpesta

    Beauty / Tips


    Tips Kembali Sehat Usai Berpesta

    Rekomendasi tips agar Anda tetap sehat dan bugar seusai menyantap hidangan Natal dan berpesta di tahun baru.


    Natal dan tahun baru adalah saat tersulit mempertahankan diet atau pola makan sehat yang mungkin sedang Anda praktekan. Belum lagi ketakutan saat melihat timbangan setelah deretan undangan makan malam Natal dan tahun baru.

    Namun perlu Anda ketahui, momen Natal dan tahun baru tak perlu jadi momok yang menghancurkan seluruh progres diet Anda, karena ada beberapa tips dan trik yang bisa Anda praktekan dalam menjaga kesehatan dan kebugaran di tahun yang baru.

    Bazaar UK berkonsultasi dengan Despina Hyde, M.D, seorang dietician dari Wight Management Program NYU Langone, dan Maria Elena Rodriguez, seorang dietician dan diabetes educator dari Mount Sinai Medical Centre, untuk berbagi rahasia apa yang harus Anda lakukan jika (atau ketika) Anda terlalu bersenang-senang di pesta akhir tahun.

    Di Hari Natal atau Tahun Baru

    "Saya biasanya memberitahu orang untuk memulai hari Natal atau tahun baru dengan olaharaga, sehingga Anda bisa membakar kalori sebelum memulai menyantap banyak makanan," ujar Despina. Jadi biasakan untuk memulai hari perayaan dengan berjalan kaki, jogging, atau berkunjung ke gym layaknya di hari-hari biasa.

    Despina juga menyebutkan untuk menghindari memakai legging atau sweatpants saat makan malam Natal atau tahun baru. Hindari memakai pakaian dengan bahan yang elastis. Pakaian bisa menjadi pengingat jika Anda sudah terlalu banyak makan. Jangan sampai legging membuat Anda terlalu nyaman hingga makan berlebihan," jelas Despina.

    Apabila Anda menghabiskan hari dengan memasak, jangan sampai Anda sibuk mencicipi makanan hingga berlebihan. Siasati dengan mengunyah permen karet selama sibuk memasak, untuk menghindari tergoda mencicipi begitu banyak karbo yang Anda siapkan.

    Saat Makan Malam

    Tentunya Anda tak mungkin hanya menyantap sayur-sayuran saja dan menghindari kentang panggang. Anda bisa tetap menyantap hidangan pesta, tapi ingat untuk membuat hidangan Anda seimbang, dan jangan lupa untuk tetap minum. "Jika Anda meminum alkohol, pastikan untuk selalu meminum air putih, guna menghindari hangover. Peraturanya adalah minum minimal segelas air putih setiap segelas minuman alkohol," jelas Maria.

    Selain itu, mengonsumsi air berguna untuk memindahkan lemak dan gula dari sistem pencernaan Anda dengan lebih efisien. Anda juga bisa mencoba dengan meminum caffeine-free tea (seperti peppermint, yang bisa membantu pencernaan), namun tentunya air putih jauh lebih baik.

    Setelah Makan Malam

    Jika Anda sudah merasa kenyang, berdiri dan menjauhlah dari meja. Jangan tetap berada di meja, tak peduli betapa enaknya hidangan yang tersisa. Despine merekomendasikan untuk membereskan peralatan dan sisa makanan Anda, sehingga Anda bergerak (plus Anda terlihat sebagai tamu yang berbudi baik).

    Berjalan juga bisa membantu menurunkan level gula darah jika Anda adalah penderita diabetes. Sementara bagaimana dengan makanan yang tersisa? "Serahkan leftover desserts atau makanan pada tuan rumah," saran Maria. "Atau jika Anda merupakan tuan rumah, bekali tamu-tamu Anda dengan makanan yang masih tersisa."

    Hari Selanjutnya

    Jangan bangun tidur lalu langsung menimbang berat badan Anda. Cairan yang dikandung dalam tubuh akan membuat angka di timbangan melonjak naik apalagi setelah makan besar.

    Mulailah hari Anda dengan sarapan yang kaya serat dan protein. Bagi Despine, sarapan terbaik sehabis berpesta adalah sumber protein seperti telur, yogurt, atau keju yang dipasangkan dengan dedaunan dan karbohidrat sehat seperti berry. Jenis sarapan ini akan membantu level gula darah Anda stabil. Selain itu juga biasakan untuk memakan kudapan sehat atau makan sedikit setiap tiga atau empat jam. "Menyantap beberapa hidangan rendah kalori sepanjang weekend setelah berpesta. Jadikan sayuran sebagai hidangan utama dengan sedikit porsi daging serta gandum," tutur Maria.

    Lanjutkan dengan meminum banyak air keesokan harinya. Jika Anda merasa kembung, coba konsumsi asparagus atau nanas, yang bisa membantu meratakan perut Anda. Baik Despine dan Maria setuju bahwa tidak ada gunanya merasa bersalah atau marah setelah makan besar.

    "Triknya adalah untuk menyadari dan menerima bahwa Anda mungkin melanggar diet Anda dan berlebihan dalam mengonsumsi desserts, alkohol, atau lemak, tapi langsunglah kembali ke track Anda dalam pola makan sehat," ujar Maria. Makan malam Natal hanya satu kesempatan yang terbuang dari banyaknya kesempatan untuk menyantap hidangan sehat, jadi bersantailah dan relaks, namun tetap berkomitmen untuk kembali ke gaya hidup sehat Anda.

     

    (Foto: Terry Richardson for Harper's Bazaar)

    -->






- RELATED ARTICLE -