• 5 Tip Penting Sebelum Renovasi Rumah

    Culture / Tips


    5 Tip Penting Sebelum Renovasi Rumah

    Berminat mendekorasi ulang beberapa ruang di kediaman Anda? Artikel berikut ini wajib disimak.


    Beberapa orang senang melakukan remodeling terhadap kediamannya karena berbagai alasan, entah itu sekadar menandai tahun baru hingga menyambut kelahiran bayi.

    Apakah Anda salah satunya? Cek poin-poin esensial yang telah Bazaar susun agar rumah idaman Anda dapat terwujud sesuai harapan.

    1. Siapkan desain dengan matang

    Seleksi konsep yang Anda suka, rancang tampilan rumah sesuai keinginan dan kebutuhan dalam bentuk gambar maupun tulisan, serta konsultasikan dengan seorang arsitek ataupun desainer interior jika perlu. Anda bisa mendapatkan inspirasi dari majalah, film, dan internet. Yang penting, persiapkan dengan sedetail mungkin beserta alternatifnya. 

    2. Tentukan budget dan patuhi batasnya

    Merenovasi sebuah bangunan biasanya membutuhkan pengeluaran yang tidak sedikit. Jika Anda kurang disiplin dalam menyesuaikan pengerjaan dengan anggaran, hal ini bukan saja akan menuntut biaya mahal namun juga proses yang lebih lama. Selain upah pekerja dan harga bahan bangunan, jangan lupa memperhitungkan biaya tak terduga.

    3. Pekerjakan orang-orang terpercaya dan mudah diajak bekerjasama

    Sebagian dari pekerjaan renovasi biasanya memerlukan tenaga profesional, terutama yang berhubungan dengan listrik dan saluran air. Pastikan pekerja Anda cukup berpengalaman, dapat dipercaya, memiliki kontrak yang jelas serta kooperatif. Selain itu, Anda juga semestinya merasa nyaman dengan mereka saat harus berkomunikasi dan menyampaikan ide-ide. 

    4. Pertimbangkan untuk pindah sementara waktu

    Selama direnovasi, besar kemungkinan bahwa rumah Anda tak ubahnya seperti situs kontruksi yang bising dan cukup berdebu. Jika merasa lingkungan tersebut akan membuat stress ataupun mengganggu kesehatan, carilah tempat singgah yang tak begitu jauh dari rumah sehingga Anda merasa lebih tenang namun masih dapat berkunjung kapan pun untuk mengontrol keadaan. 

    5. Amankan barang-barang berharga Anda

    Apabila Anda mengoleksi lukisan antik dan benda-benda seni yang nilainya tinggi, sebaiknya ungsikan dulu ke tempat lain agar tetap bersih dan relatif lebih aman. Begitu juga halnya dengan barang-barang pecah belah. Tutupi pula marmer dan parket atau apapun lantai kesayangan Anda agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.


    (Foto: Poznyakov/Shutterstock.com)


    Tags : rumah






- RELATED ARTICLE -