• Referensi Imlek: Tips Bergaya dengan Cheongsam Klasik

    Fashion / Tips


    Referensi Imlek: Tips Bergaya dengan Cheongsam Klasik


    Perayaan tahun baru China (atau yang dikenal dengan istilah Imlek) kini semakin dekat, dan bagi para wanita keturunan Tionghoa, tampil memikat dalam balutan cheongsam pada perayaan Imlek tentu sudah menjadi agenda wajib di setiap tahunnya. Kendati disebut sebagai busana tradisional China, namun cheongsam telah mengalami banyak perkembangan dalam desainnya sehingga tampak modern dan sangat erat dengan tren terkini. Terdapat begitu banyak bentuk dan rupa cheongsam telah hadir mewarnai industri mode di masa modern seperti saat ini. Untuk artikel ini, Harper's Bazaar Indonesia mengangkat kembali pesona cheongsam klasik seperti yang sempat menjadi tren besar di daratan Tiongkok pada era '20-an hingga '60-an. Dan berikut adalah sejumlah trik untuk tampil memesona dalam balutan cheongsam bergaya klasik, lengkap dengan setiap detail yang menjadikannya kian sempurna.

    1. Cheongsam klasik atau Shanghainese cheongsam memiliki sejumlah pakem khusus yang terus diterapkan sebagai standar baku konstruksi cheongsam. Misalnya peletakan kancing harus mengarah ke kanan. memiliki kerah tinggi (Mandarin collar) dan potongan slit di kedua sisi rok, serta menggunakan kaitan khusus bernama huaniu yang memberikan karakter nyata akan warisan budaya China.

    2. Motif, warna, dan ornamen dekoratif pada cheongsam mempunyai makna simbolis tersendiri. Bunga lotus diartikan sebagai lambang kecantikan, naga adalah lambang kekuatan, dan ikan (serta warna merah) merupakan lambang keberuntungan. Pilih elemen-elemen yang tepat agar penampilan Anda kian memukau.

    3. Pemilihan aksesori merupakan hal yang sangat krusial. Kalung yang menjuntai di luar bagian dada, bangles tumpuk dalam ukuran yang tak terlalu besar dan jumlah yang tak terlalu banyak, anting berdesain sederhana seperti teardrop earrings, hoop, atau clip on (lupakan anting chandellier yang terlalu besar), tas berukuran kecil maupun minaudière, serta sepatu hak tinggi menjadi padanan aksesori yang tepat ketika Anda mengenakan cheongsam.

    4. Terdapat kepercayaan bahwa bagian terseksi dari seorang perempuan yang mengenakan cheongsam adalah pada bagian lekuk perutnya. Inilah salah satu keunikan karakteristik cheongsam yang menonjolkan, sekaligus merayakan tiap lekuk tubuh perempuan secara indah dan elegan.

    Untuk pembahasan lebih lanjut tentang cheongsam, baca artikel lengkapnya di majalah Harper's Bazaar Indonesia edisi Februari 2016.

    (Chekka. Foto: dok. Bazaar, courtesy of USA Films)








- RELATED ARTICLE -