• Clarins Melestarikan Alam Indonesia

    Beauty / News


    Clarins Melestarikan Alam Indonesia

    Clarins turut terlibat dalam melestarikan alam Indonesia


    Sebagai salah satu produk kecantikan yang sangat berdedikasi dengan alam dan natural, Clarins melibatkan diri untuk melestarikan alam Indonesia. Bazaar sendiri menyaksikan perjalanannya secara lalu dari Eco Park, Ancol, Jakarta.

    Perusahaan skincare besar asal Prancis ini memang dikenal sangat akrab dengan alam, hal itu dilihat dari pemilihan bahan dan kandungan yang digunakan Clarins yakni berdasarkan kemampuan dari sumber daya alam. Bazaar masih ingat ketika bertemu dengan Christian Courtin-Clarins, sang pemilik sekaligus anak dari pendiri Clarins, saat bertemu di Shanghai dua tahun lalu. Christian bercerita bahwa ia sangat familiar dengan Indonesia, dan beberapa kekayaan alam serta potensi yang ada di Indonesia. Ia cukup sering berkunjung ke beberapa perkebunan di Indonesia pada tahun '90-an. Menurutnya banyak ekstrak dari kekayaan alam Indonesia yang menjadi kandungan pokok untuk beberapa produknya.
    Christian dan Clarins juga sadar dengan pemanasan global yang kini semakin parah, turut mengancam kekayaan alam yang tersebar di bumi ini. Tak hanya di Indonesia, namun juga di berbagai negara yang kaya sumber daya alam. Oleh karena itu, Clarins bersama dengan Pur Projet bekerja sama untuk membuat gerakan menanam pohon di beberapa lokasi di berbagai negara. Kampanye bernama Seeds of Beauty tersebut sudah dimulai dari tahun 2012, berawal dari Thailand, Tiongkok, dan kali ini Indonesia ditunjuk sebagai negara ketiga yang rencananya akan dilakukan penanaman pohon sejumlah ratusan ribu bibit tanaman.

    Perkebunan kopi di wilayah Aceh dan Sumatra menjadi konsentrasi khusus program bernama The Kopi Lestari Project, karena selama 30 tahun belakangan ini pepohonan tropis di sana sudah mulai berkurang. Hal itu berdampak pada ekosistem dari tanaman kopi yang menghasilkan kopi Robusta dan Arabika itu, di antaranya kualitas tanah, persediaan air, erosi tanah, hingga persoalan kesuburannya. Yang ada sekarang produksi kopi Indonesia merosot tajam dibandingkan dengan Vietnam. Menurut petani perkebunan di sana, memang dibutuhkan banyak pohon pelindung bagi tanaman kopi, agar ekosistemnya semakin baik.
    Beberapa pohon pilihan Clarins untuk memperbaiki kualitas tanah di sana memang berhubungan dengan kandungan tanaman yang ada di dalam sederet produk andalan mereka. Misalnya pohon alpukat, yang ekstraknya menjadi esensi penting pada produk Double Serum. Selain menjaga kualitas tanaman kopi, nantinya hasil buah-buahan yang ada akan menjadi pemasukan tambahan bagi para petani di sana.

    Bazaar sendiri mendapat kesempatan untuk merasakan pengalaman menanam pohon saat menghadiri acara peluncuran kampanye Seeds of Beauty di Eco Park, Ancol, Jakarta. Di tempat itu pula, Clarins mengajak Anda untuk berpartisipasi untuk menanam pohon, yakni dengan pembelian satu botol Double Serum maka Anda akan mendapat satu bibit pohon yang ditanam di berbagai tempat di Indonesia. Semoga dengan adanya program ini, kekayaan alam Indonesia semakin indah dan cantik layaknya kulit Anda yang terawat.

     

    (Erica Arifianda; Foto: Dok. Clarins)








- RELATED ARTICLE -