• Tips Belanja Barang Mewah secara Online

    Fashion / Tips


    Tips Belanja Barang Mewah secara Online


    Maraknya situs berbelanja online yang menawarkan beragam barang-barang high fashion lansiran terkini memang menjadi suatu godaan yang sulit ditampik para pencinta mode. Kemudahan mengakses koleksi teranyar, banyaknya varian barang yang ditawarkan, lengkap dengan potongan harga yang kerap datang tak kenal waktu membuat kegiatan impromptu shopping di dunia maya menjadi suatu hal yang dimaklumi, bahkan menjadi hobi. Namun, kendati begitu banyak great deals di situs e-commerse yang rasanya tak patut untuk dilewati, Anda tetap perlu mencermati beberapa hal demi menghindari penyesalan paska berbelanja barang luks yang menggiurkan. Berikut adalah tips dari kami:

    1. Berbelanjalah di e-commerce dengan reputasi yang baik.

    Hindari situs-situs kecil yang mengklaim menjual koleksi desainer, terlebih bila produk yang dijual dibandrol dalam harga yang jauh lebih murah daripada harga ritel. Cek reputasi situs e-commerce sebelum memutuskan untuk berbelanja. Anda tentu tidak ingin menerima barang palsu, bukan?

    2. Kenali ukuran Anda.

    Berbelanja secara online tidak memberikan keleluasaan untuk mencoba secara langsung produk yang hendak Anda beli. Ada baiknya Anda kenali betul ukuran Anda untuk produk lansiran brand yang Anda minati, sehingga Anda tidak perlu repot mengembalikan pembelian Anda lalu menunggu untuk mendapatkan refund. Namun bila Anda ragu, size charts yang tersedia pada deskripsi produk dapat membantu Anda.

    3. Belilah produk yang tidak tersedia di negara domisili Anda.

    Salah satu keuntungan utama berbelanja online adalah begitu banyaknya variasi produk yang tersedia. Maka tentu akan lebih memuaskan apabila Anda membeli produk yang sudah pasti tidak tersedia di negara Anda. Exclusivity is the key.

    4. Komparasi harga sebelum berbelanja.

    Sejumlah brand tentu juga tersedia di berbagai situs luxury e-commerce. Bila Anda memiliki cukup banyak waktu, ada baiknya Anda melakukan survey kecil-kecilan untuk membandingkan harga antar situs e-commerce beserta biaya pengirimannya. Karena terkadang, pada event tertentu suatu situs e-commerce kerap memberi diskon tak terduga untuk koleksi yang ia tawarkan.

    5. Jangan lewatkan penawaran "Free Shipping" dan "Free Returns".

    Biaya pengiriman yang tak murah acap kali menjadi kendala berbelanja online. Adanya penawaran pengiriman dan retur gratis dapat Anda jadikan momen tepat untuk berbelanja secara lebih hemat.

    6. Mencoba peruntungan di situs konsinyasi, situs lelang, maupun luxury outlet.

    Anda mengincar produk off-season yang sudah langka keberadaannya? Situs konsinyasi, situs lelang, ataupun luxury outlet dapat menjadi jawaban untuk Anda. Perlu diperhatikan bahwa dalam situs konsinyasi maupun lelang, Anda mungkin akan mendapatkan produk yang sudah pernah dipakai sebelumnya sehingga kondisinya belum tentu sempurna layaknya Anda membeli langsung dari butiknya. Begitu pula dengan koleksi di luxury outlet yang tak jarang merupakan produk yang telah diretur oleh pembeli sebelumnya. Namun bila hal tersebut tidak menjadi masalah bagi Anda, menemukan barang idaman dengan harga yang relatif lebih terjangkau tentu tetap terasa sangat menyenangkan.

    7. Puaskan hasrat berbelanja Anda saat musim diskon tiba.

    Fashion luxury goods memiliki masa jualnya yang terprediksi dan terbagi atas dua periode besar: Spring/Summer dan Fall/Winter. Akhir musim merupakan saat yang tepat untuk berburu koleksi high-end dengan potongan harga hingga 80%. Bagi sebagian brand, potongan harga sebesar ini jarang terjadi di butik-butik ritel jadi pastikan Anda tidak melewatkannya.

    8. Bijaksana saat berbelanja

    Berbelanja secara online tidak terlepas dari pengecekan bea dan cukai pada proses pengirimannya. Cek situs resmi bea dan cukai sebelum memutuskan untuk berbelanja barang mewah karena setiap produk yang terkategorikan barang mewah memiliki perhitungan tarifnya masing-masing, dan tarif ini biasanya di luar biaya pengiriman yang ditetapkan oleh situs e-commerce.

    (Chekka. Foto: dok. Bazaar)








- RELATED ARTICLE -