Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

6 Kebiasaan Buruk Penyebab Jerawat

Segera tinggalkan kebiasaan yang membuat wajah Anda menjadi sasaran jerawat.

6 Kebiasaan Buruk Penyebab Jerawat

Apakah Anda merasa jerawat tak kunjung hilang meskipun sudah melakukan perawatan? Berapa pun banyak produk anti jerawat yang Anda coba, namun jerawat tetap saja muncul.

Melenyapkan problem jerawat memang tidak mudah, banyak faktor yang harus ditelusuri agar dapat dituntaskan secara tepat. Namun, sadarkah Anda kalau kebiasaan sehari-hari juga menjadi faktor penyumbang hadirnya jerawat?

Ya, tidak selamanya jenis kulit, produk, atau kondisi hormon Anda yang bersalah. Untuk itu, Bazaar merangkum beberapa ritual yang bisa menjadi akar masalah timbulnya jerawat:

1. Layar telepon kotor.
Tanpa disadari ketika kondisi wajah sedang kotor atau memakai riasan, residu tersebut kerap menempel di layar telepon genggam Anda. Apabila Anda tidak rajin membersihkannya, maka bersiaplah untuk menyapa jerawat yang akan muncul di wajah.

Solusi : Bersihkan dengan produk yang mengandung disinfektan namun juga aman untuk alat elektronik.

2. Menyentuh jerawat.
Kebiasaan yang satu ini memang sulit dihilangkan. Godaan untuk menekan jerawat meradang demi mengeluarkan sebum yang terjebak seolah tidak bisa terhindari. Padahal Anda tahu benar, kalau jemari Anda belum tentu bersih dan bebas dari kuman. Apalagi dengan mencoba memijit jerawat, Anda akan membuatnya semakin meradang dan timbul iritasi.

Solusi : Tahan diri Anda untuk menyentuh wajah. Dan selalu cuci tangan sebelum membersihkan atau mengoleskan produk perawatan wajah.

3. Aplikator makeup kotor.
Memakai kuas rias atau sponge berulang kali tanpa dicuci adalah sumber kuman bagi wajah Anda. Terlebih lagi, akan menyebabkan terjadinya kontaminasi bakteri pada produk makeup yang digunakan. Mungkin, secara kasat mata peralatan tata rias Anda terlihat bersih, padahal coba rendam lalu lihat hasilnya.

Solusi : Cuci secara rutin kuas rias Anda dengan produk khusus atau memakai sampo bayi demi menjaga kualitas bulu dari kuas tersebut. Begitu juga dengan sponge, rendam terlebih dahulu sampai kotoran keluar.

Setelah itu, pastikan aplikator makeup tersebut kering sepenuhnya, karena kondisi lembap akan mendatangkan kuman. Dan, jangan lupa untuk selalu ganti kuas dan sponge setiap tiga bulan demi menjaga kosmetik Anda tetap higienis serta wajah bebas jerawat.

4. Jarang mencuci seprai dan handuk.
Selain bisa menjadi sarang tungau, menggunakan seprai terlalu lama akan menimbulkan jerawat. Semisal Anda baru saja berkegiatan di luar rumah, kemudian langsung merebahkan diri di atas bantal, bayangkan seberapa banyak kotoran yang menempel pada sarung bantal Anda.

Selanjutnya adalah pemakaian handuk berulang selama lebih dari satu minggu. Kebiasaan itu sama saja dengan Anda mengotori kembali tubuh Anda yang sudah bersih setelah mandi.

Solusi : Ganti seprai dua kali seminggu dan handuk setiap hari. Perhatikan pula kandungan deterjen yang Anda gunakan untuk menghindari iritasi atau reaksi alergi pada kulit sensitif.

5. Potongan rambut menutupi bagian wajah.
Apabila Anda menyukai gaya rambut berponi, sebaiknya perhatikan lagi kondisi kulit wajah Anda. Tidak jarang, dahi Anda menjadi mudah berjerawat karena area tersebut lebih berminyak dan lembap akibat tertutup poni.

Solusi : pilihlah gaya rambut yang tidak hanya membuat Anda lebih percaya diri, namun juga dapat menjaga wajah tetap bersih.

6. Kurang tidur.
Kualitas tidur Anda sehari-hari akan mempengaruhi kondisi tubuh secara keseluruhan. Terlalu sering terjaga apapun alasannya, selain akan berakibat pada kesehatan tubuh, namun juga kulit wajah. Kurang tidur akan memicu meningkatnya tingkat stres yang kemudian membuat keseimbangan hormon terganggu. Hasilnya? Jerawat!

Solusi : Hentikan segala kegiatan ketika mata mulai mengantuk. Idealnya, tidurlah sebelum pukul 10 malam dan bangun sebelum matahari bersinar, karena saat itulah kondisi tubuh lebih prima.


(Foto : Romariolen/Click Photos/Shutterstock)