Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Kenali Gejala Menopause Dini

Beberapa wanita bahkan mengalami menopause sebelum usia 40 tahun. Apa saja tanda-tandanya?

Kenali Gejala Menopause Dini

Sejumlah penyebab seperti prosedur medis, riwayat penyakit dan faktor genetik dapat mengantar perempuan menuju menopause lebih cepat daripada umur rata-rata. Kurang lebih sama dengan menopause pada umumnya, berikut adalah beberapa indikasi yang perlu Anda ketahui sedini mungkin. 

1. Variasi siklus menstruasi

Banyaknya darah haid yang keluar bisa jadi lebih deras atau malah menjadi sedikit. Frekuensi datang bulan pun menjadi tak teratur.

2. Hot flash

Fenomena di mana badan Anda terasa hangat terutama pada tubuh bagian atas selama beberapa saat dan berpotensi mengganggu kualitas tidur.

3. Melemahnya kandung kemih

Beberapa kasus menopause mengakibatkan Anda kehilangan kontrol ketika hasrat ingin buang air muncul. 

Baca juga: 5 Cara Cepat Atasi Kram Saat Haid


4. Kekeringan vagina

Area intim yang tak lagi fleksibel terkadang menimbulkan rasa nyeri saat berhubungan secara seksual. Tidak hanya itu, libido Anda pun tak lagi menggairahkan seperti seharusnya.

5. Instabilitas emosi

Pada individu yang mengalami menopause, perasaannya cenderung mudah tersinggung, mengalami mood swing atau bahkan menunjukkan depresi.  

6. Kulit yang kasar dan gatal

Hilangnya kekenyalan kulit berakar dari kurangnya hormon estrogen sebagai pemicu produksi kolagen yang berfungsi untuk melembutkan permukaannya. Selain itu, kondisi seperti ini pun biasanya terlihat pada organ mata dan mulut.


Baca juga:

5 Mitos Keliru tentang Osteoporosis

7 Fakta Penting Soal Vitamin C

Mengenal Terapi Oil Pulling


(Foto: Luna Images/Shutterstock.com)