• Beauty / Tips

    15 Jenis Kuas Makeup dan Urutan Pemakaiannya


    15 Jenis Kuas Makeup dan Urutan Pemakaiannya

    Berikut adalah ragam kuas makeup yang perlu Anda ketahui kegunaannya sebelum memulai merias diri.


    Tujuan dari artikel ini bukan diperuntukkan bagi para perias profesional, namun Bazaar secara khusus menjabarkan beragam jenis kuas makeup beserta fungsinya demi memperkaya ilmu merias Anda.

    15 jenis kuas di bawah ini merupakan kuas inti yang wajib Anda miliki jika ingin melakukan riasan lengkap dari langkah awal hingga akhir, selamat mencoba!

    1. Foundation Brush


    (M.A.C 190 Foundation Brush; Foto: Courtesy of M.A.C Cosmetics)

    Kuas untuk alas bedak ini cenderung berbentuk pipih dan memiliki jenis bulu lebih keras dari pada kuas-kuas lainnya. Kuas tersebut sangat tepat untuk mengaplikasikan jenis kosmetik yang berbasis cair maupun krim seperti liquid foundation, creamy foundation, hingga BB atau CC cream.

    2. Concealer Brush


    (Lancôme Concealer Brush #8; Foto: Courtesy of Lancôme)

    Kuas ini biasanya memiliki jenis bulu serupa dengan kuas foundation, namun perbedaannya ada pada bentuk yang lebih panjang, kecil dan ujungnya meruncing. Concealer brush dengan ujung seperti itu cocok dipakai untuk memberi kamuflase pada noda-noda di wajah, misalnya lingkaran gelap di bawah mata, titik jerawat, bekas jerawat, hingga tanda kelahiran.

    3. Angled Contour Brush


    (M.A.C 168SH Large Angled Contour Brush; Foto: Courtesy of M.A.C Cosmetics)

    Kuas angled contour berbentuk asimetris (cenderung miring ke satu sisi), dan meruncing pada bagian ujungnya. Biasanya kuas ini digunakan untuk menciptakan aksi contouring pada tulang pipi, area rahang, dan garis dahi, demi mewujudkan siluet tirus.

    4. Powder Brush


    (Bare Minerals Full Flawless Face Brush; Foto: Courtesy of Bare Minerals)

    Kuas ini digunakan untuk membubuhkan bedak pada seluruh wajah. Ujung bulunya cenderung menebal atau cembung, dengan fungsi sebagai pembauran dari alas bedak (foundation), contouring, dan bedak itu sendiri. Bedak yang digunakan dapat berbasis padat (compact) atau tabur (loose powder). Di samping itu, biasanya ada tiga pilihan ukuran kuas di antaranya kecil, medium, dan besar.

    5. Sponge Applicator


    (Make Up For Ever Sponge Applicator 222 Eye Brush; Courtesy of Sephora)

    Kuas ini bukan berupa helaian bulu, melainkan berbentuk spons. Fungsinya adalah sebagai aplikator guna membubuhkan eyeshadow pada kelopak mata. Perlu diketahui apabila kuas ini cukup rentan, sehingga dalam penggunaan maupun perawatannya perlu dilakukan secara lembut.

    6. Eyeshadow Brush


    (Fenty Beauty by Rihanna Galaxy 2-Way Eyeshadow Brush; Foto: Courtesy of Sephora)

    Kuas eyeshadow yang berjenis helaian bulu memiliki bentuk pipih dan ujungnya tebal (cenderung cembung). Kuas tersebut biasanya dipakai untuk membentuk sudut mata menggunakan eyeshadow.

    7. Blending Brush for Eyeshadow


    (NYX Professional Makeup Pro Blending Brush; Foto: Courtesy of NYX)

    Kuas ini memiliki bentuk oval dan berukuran kecil, sehingga cocok untuk membaur warna-warna eyeshadow supaya gradasi pencampurannya tampak lembut dan lebih natural.

    8. Angled Eyeliner Brush


    (Sephora Professionnel Angled Liner/Eyeliner Brush #15; Foto: Courtesy of Sephora)

    Kuas angled eyeliner ini berbentuk asimetris di satu sisi, dan memiliki tekstur lebih keras, Biasanya kuas tersebut digunakan untuk mengaplikasikan eyeliner yang berjenis gel maupun membuat garis dari bubuk eyeshadow, dan mampu memberi efek grafis lebih presisi.

    9. Precise Eyeliner Brush


    (Urban Decay UD Pro Precise Eyeliner Brush; Foto: Courtesy of Urban Decay)

    Kuas ini berbentuk sangat kecil dan tipis, dengan ujung yang lebih lancip. Fungsinya adalah untuk membuat garis eyeliner berukuran kecil atau tipis secara presisi.

    10. Lash Brow Brush


    (The Body Shop Brow and Lash Comb; Foto: Courtesy of The Body Shop)

    Kuas yang identik dengan nama sikat alis ini memiliki dua sisi dengan fungsi berbeda. Pada sisi yang berbentuk sisir mini, fungsinya adalah untuk mempersiapkan bulu mata sebelum diaplikasikan maskara, dan juga dapat berfungsi memperbaiki gumpalan maskara pada bulu mata. Sedangkan sisi lain yang berbentuk sikat kecil, biasa dipakai untuk menyisir bulu alis sebelum menggambar alis.

    11. Mascara Wand


    (Masami Shouko 315 Brow and Lush Brush; Foto: Courtesy of Kay Collection)

    Kuas yang sama persis dengan salah satu sisi lash brow brush tersebut juga memiliki fungsi serupa. Yakni membersihkan bulu mata dari gumpalan maskara, atau sekadar membaur riasan alis supaya tampak lebih membaur natural bersama bulu alisnya.
     
    12. Angled Brow Brush


    (Anastasia Beverly Hills Angled Cut Brow Brush #15; Foto: Courtesy of Anastasia Beverly Hills)

    Kuas angled brow sekilas memang mirip dengan kuas angled eyeshadow, dengan ujung asimetris pada satu sisi. Namun bedanya adalah jenis bulu yang lebih halus agar dapat menggambar helaian bulu-bulu di dalam alis secara natural. Kuas ini dipakai untuk mengaplikasikan kosmetik alis berbasis bubuk atau powder, ataupun gel. Sedangkan sudutnya yang lancip dan asimetris, sengaja dirancang untuk membentuk ujung alis agar lebih presisi.

    13. Blush Brush



    Kuas untuk pemulas pipi ini cenderung memiliki gagang yang lebih ramping dan panjang dibandingkan kuas powder. Ketebalan bulu kuasnya juga lebih sedikit dan biasa digunakan untuk membubuhkan blushon atau produk shimmering.

    14. Fan Brush


    (Tarte Highlighting Fan Brush; Foto: Courtesy of Tarte)

    Kuas ini berbentuk seperti kipas dengan ketebalan bulu yang pipih dan melebar. Sedangkan fungsinya berbeda-beda tergantung ukurannya. Misalnya, fan brush berukuran kecil atau medium biasanya digunakan untuk mengaplikasikan highlighter pada bagian tulang pipi bagian atas.

    (Make Up For Ever Pro Fan Brush #65; Foto: Courtesy of Sephora)

    Kalau fan brush berukuran besar atau jumbo, banyak dipakai sebagai finishing blend untuk membaur atau sekadar membersihkan sisa powder yang berjatuhan pada wajah.

    15. Lip Brush


    (Dior Professional Finish Lip Brus; Foto: Courtesy of Sephora)

    Kuas lipstik ini tentu sudah sering Anda temui. Ya, bentuknya yang tipis dengan jenis bulu sedikit kasar atau keras, dan memiliki ujung lanciup sehingga mampu membentuk garis bibir secara presisi. Sedangkan bulu-bulu kuasnya akan membantu Anda menyempurnakan pengaplikasian lipstik lebih sempurna, baik untuk lipstik berjenis palet atau lipstik pada umumnya.


    (Foto: Dok. Bazaar)


    BACA JUGA: Perawatan Paling Tepat untuk Kulit Wajah Sensitif




    Tags : kuas, brush


- RELATED ARTICLE -