• Culture / Tips

    Nara, Kota Sekaligus Habitat Rusa di Jepang


    Nara, Kota Sekaligus Habitat Rusa di Jepang

    Habiskan masa liburan dengan bermain di alam bebas dengan para rusa bak di negeri dongeng.


    Jepang. Membahas mengenai Negara Matahari Terbit ini memang selalu membuat bersemangat. Selain tentunya kemajuan teknologi, faktanya Jepang merupakan salah satu negara incaran para turis untuk berlibur.

    Tidak sebatas menyuguhkan kekayaan budaya dan kelezatan kuliner lokal. Kenyataan bahwa negara ini menjadi pakem bagi tren mode kaum muda juga tidak bisa dipungkiri.

    Bazaar yakin sebagian besar dari para traveler pasti sudah pernah menyambangi negara di belahan Asia ini. Berbagai maskapai penerbangan seakan berlomba menawarkan promo tiket penerbangan dengan harga di luar akal sehat.

    Bukan hanya sejumlah maskapai tersebut yang sibuk berlomba. Para traveler pun tidak mau ketinggalan berkompetisi. Hal ini terbukti dari tiket promo penerbangan yang selalu saja habis dipesan tepat seusai diumumkan ke publik. Benar, jika mengenai tiket penerbangan murah. Siapa cepat, dia dapat. 

    Tokyo, Osaka, Kyoto, Sapporo, sejumlah kota ternama di Jepang tersebut mungkin bukan sekali dua kali telah Anda telusuri. Namun tahukah Anda mengenai Nara? Kota cantik yang terletak berbatasan dengan Prefektur Kyoto ini tidak kalah memesona. Jauh dari hiruk pikuk ala kota besar dan belum ramai dikunjungi, sisi historikal Nara justru menjadi pesona terkuatnya. 


    Mengucap kata sejarah, jangan dulu berpikir terlalu berat. Sisi historikal kota ini tidak lantas membuat Anda menjadi serius layaknya seorang sejarawan. Sebaliknya, kekayaan kisah masa lalu Nara justru meninggalkan jejak masa lalu berupa tempat wisata menyenangkan nan atraktif.  

    Surganya para rusa. Fakta bahwa Nara merupakan salah satu titik wisata para turis tidak terlepas dari kenyataan bahwa kota ini merupakan habitat dari para rusa menggemaskan. Uniknya, spesies hewan yang sering muncul di kisah dongeng ini dilepas begitu saja di alam liar. Sehingga, para pengunjung pun dapat bebas bermain dengan para rusa anggun ini.  


    Tidak sekadar menggemaskan, para rusa ini dapat unjuk aksi layaknya kebiasaan sopan ala penduduk lokal Jepang. Saat Anda memberikan mereka makanan, mereka akan mengganggukan kepalanya berkali-kali untuk berterima kasih. Tingkah sopan mereka tentunya mengingatkan kita kepada kebiasaan membungkuk khas warga Jepang saat mengucapkan salam. 

    Walaupun para rusa ini tergolong sopan dan jinak, tetaplah berhati-hati kepada para rusa jantan. Beberapa di antaranya cenderung agresif, terutama saat Anda memegang kepingan roti gandum favorit mereka. 


    Seusai puas bermain dengan para rusa, Anda dapat melanjutkan perjalanan Anda dengan mengeksplorasi situs warisan dunia UNESCO yang tersebar di Nara. Kota ini merupakan tempat dimana tujuh bangunan kuil Buddha dan Shinto berada.

    Ketujuh kuil ikonis tersebut terdiri dari Todai-ji, Sadaiju, Kofuko-ji, Kasuga Shrine, Gango-ji, Yakushi-ji dan Toshodai-ji. Selain itu, reruntuhan bangunan dari Istana Heijo dan kawasan hutan Kasuguyama juga turut melengkapi kekayaan situs warisan dunia yang berada di kota ini.



    Mengunjungi Nara, Anda memang harus meluangkan waktu seharian. Mengeksplorasi kawasan bersejarah ini memang harus dilakukan perlahan. Jangan hanya sekadar berpose untuk memenuhi hasrat eksis semata di dunia sosial media.

    Namun, alangkah baiknya Anda pulang membawa pengetahuan baru mengenai Jepang dan keunikan budayanya. Tentunya selain berbagai cinderamata unik bergambar rusa yang menjadi ikon dari Nara.  


    Bazaar merekomendasikan Anda untuk memakai pakaian kasual serta sepasang sneakers favorit demi kenyamanan perjalanan. Mengeksplorasi Nara memang paling tepat jika dilakukan dengan berjalan kaki. Anda dapat menikmati hijaunya pepohonan dan kesegaran udara dari alam sekitar.


    Letih berjalan kaki, Anda dapat beristirahat sejenak di restoran lokal milik penduduk sekitar. Segarnya mie soba dingin akan menghapus rasa letih Anda dalam sekejap. Jangan lupa juga untuk mencicipi es surut kacang merah dengan siraman saus berbahan teh hijau untuk akhir manis dari sesi makan Anda.

    Kabar baiknya lagi, akses perjalanan ke Nara pun amat mudah ditempuh. Anda dapat menggunakan kereta limited express dari Kintetsu. Apabila Anda ingin memiliki lebih banyak waktu bermain di Nara, maka JR Line Nara akan menjadi pilihan yang lebih sesuai. Kedua transportasi canggih tersebut berada di Stasiun Kyoto dan Osaka. 

    Akhir kata, selamat mengeksplorasi keindahan alam serta kekayaan budaya dari Nara, kerajaan rusa milik negara Jepang. 


    (Fotografi: Courtesy of Ria Iskandar, Instagram @ourtravelventure, @chuntaro45, @7700f8)


    Tags : jepang, kyoto