• Culture / Tips

    6 Lokasi Diving Terbaik di Indonesia


    6 Lokasi Diving Terbaik di Indonesia

    Sambil menyelam minum air. Tidak hanya keindahan bawah laut, sejumlah opsi tempat berikut turut menawarkan momen liburan tak terlupakan.


    Siapa yang tidak dibuat kagum dengan indahnya pemandangan bawah laut di Indonesia? Lautan biru sebening kristal yang menjadi habitat bagi sejumlah biota laut hingga terumbu karang unik yang tidak terhitung jumlahnya menjadi daya tarik tersendiri.

    Wisata bahari yang dimiliki sejumlah destinasi ternama di Tanah Air memang layak mendapat acungan jempol. Fakta ini tidak hanya diakui oleh para traveler lokal, namun juga para turis kelas dunia. Pantas saja jika keindahan bawah laut Indonesia kerap muncul di unggahan para travel blogger ternama kelas dunia. 

    Untuk itu, Bazaar mengajak Anda menyelam lebih dalam menuju ke 6 destinasi diving lokal terbaik. Siapkan kostum renang terbaik Anda karena ini saatnya bermain air dan berbasah-basahan!


    1. Raja Ampat

    Berlokasi Raja Ampat, pusat diving satu ini sudah tenar di kalangan para penyelam lokal maupun internasional. Bukan hal baru jika destinasi ini kerap menjadi tujuan utama para turis. Keindahan bawah laut di Raja Ampat memang tidak dapat disangkal. Di antara sekian banyak diving spot, Misool Dive Center dapat menjadi salah satu pilihan jasa pelayanan diving paling aman, terutama bagi Anda para pemula.

    Pusat menyelam ini menyediakan tiga perahu boat setiap harinya untuk menuju ke lokasi diving. Senja dan malam hari direkomendasikan oleh tim pengelola sebagai waktu menyelam paling ideal. Kembali ke segi keamanan, para divers akan diperlengkapi dengan kostum hingga peralatan menyelam yang tidak perlu diragukan kualitasnya.

    Anda juga dapat menyewa jasa pelatih pribadi untuk mendampingi Anda saat menyelam. Tim pengelola Misool Dive Center juga tidak mengijinkan para penyelam untuk menjelajah lebih dari kedalaman 30 meter di bawah laut demi keamanan.


    2. Derawan, Kalimantan Timur

    Apakah berenang bersama dengan kura-kura raksasa, ubur-ubur, kuda laut hingga lumba-lumba lincah menjadi angan Anda sedari dulu? Kali ini, Bazaar mengajak Anda menuju ke pulau Derawan di Kalimantan Timur. Tidak tanggung-tanggung, pulau cantik ini memiliki lebih dari 870 spesies biota laut. Tidak mengherankan apabila Derawan kerap menjadi sasaran utama para penyelam. 

    Tidak hanya pesona bawah laut, mengunjungi pulau eksotis yang terletak di distrik Berau ini Anda juga akan dibuat terpukau dengan keindahan pantainya. Ibarat surga, pantai di Derawan hadir sempurna dengan sapuan angin laut hangat khas iklim tropis, lembutnya pasir putih hingga dedaunan pohon palem yang melambai perlahan.

    Seusai lelah menyelami keindahan kawasan konservasi laut ini, bersantai di pantai sembari memesan sebuah kelapa segar akan terasa sempurna.


    3. Gili Meno, Lombok

    Ada yang berbeda dengan destinasi menyelam berikut ini. Berada di pulau Lombok, Gili Meno hadir dengan keunikan fosil yang berada di dasar lautnya. Tidak hanya kekayaan laut semata, menyelam lebih dalam ke perairan ini Anda akan disapa oleh patung-patung peninggalan bersejarah berwujud manusia. Ini membuat keunikan lokasi menyelam di Gili Meno santer terdengar ke seluruh penjuru dunia.

    Bahkan, bukan hanya peninggalan fosil berbau historikal. Bagi Anda yang mengidamkan konten media sosial dengan sedikit percikan humor, berfoto di sepeda motor yang sengaja ditinggalkan di dasar laut dapat menjadi opsi lainnya. 


    4. Manta Point, Nusa Penida

    Bergeser sedikit ke sebelah Barat Pulau Lombok, satu lagi lokasi diving andalan rekomendasi Bazaar. Sekarang saatnya bagi kawasan Nusa Penida di Bali untuk unjuk aksi. Selain alamnya yang begitu memesona, area ini juga memiliki sebuah spot menyelam favorit para turis.

    Sesuai dengan namanya, menyelam di kawasan laut yang satu ini Anda akan menjumpai salah satu ciptaan Tuhan yang terindah, yaitu ikan manta. Makhluk laut bersayap yang lebarnya mampu mencapai lebih dari 6 meter ini akan Anda jumpai di Manta Point, Nusa Penida. 

    Sensasi menegangkan sekaligus menyenangkan untuk menyelam bersama para manta akan menjadi pengalaman liburan tidak terlupakan seumur hidup. Jangan mengaku sebagai pecinta diving, jika Anda belum pernah menyelami keindahan bawah laut yang satu ini. 


    5. Belitung, Sumatra

    Lokasi shooting film Laskar Pelangi ini memang menarik untuk dieksplorasi. Setelah puas berkulik dengan kekayaan sastra di Museum Kata Andrea Hirata, saatnya menyelam menuju indahnya lautan khas Belitung. Diapit oleh Selat Gaspar dan Selat Karimata, perairan biru yang dimiliki pulau ini tidak dapat dipungkiri keindahannya. 

    Dikenal akan keunikan terumbu karangnya, Anda juga dapat menyelam ditemani sejumlah spesies cantik bewarna-warni yang merupakan penghuni bawah laut pulau ini. Sayangnya, saat ini banyak terumbu karang yang telah rusak akibat ulah pihak tidak bertanggung jawab.

    Jadi saat Anda berlibur ke Belitung, jangan lupa untuk menjaga kelestarian alamnya. Pasti kita tidak ingin aset alam berharga ini menjadi punah bukan?


    6. Wakatobi, Sulawesi Tenggara

    Dari Belitung, mari melanjutkan perjalanan menuju kawasan Tenggara dari Pulau Sulawesi. Betul sekali, Wakatobi menjadi tujuan menyelam kita selanjutnya. Kualitas wisata bahari yang dimiliki taman nasional ini tidak perlu diragukan lagi.

    Jelas saja, mengingat destinasi menyelam ini merupakan habitat dari ribuan spesies ikan dan ragam keunikan karang yang tidak terhitung jumlahnya. Jadi tidak heran jika Wakatobi sukses menggerakan minat tim World Wildlife Foundation atau biasa disingkat WWF untuk turun tangan dalam pelestarian alamnya. 

    Banyaknya opsi yang menawarkan jasa pelayanan diving turut menjadi kelebihan lain yang ditawarkan. Saat mengunjungi Wakatobi, juga jangan lupa untuk menikmati pengalaman liburan mewah di sejumlah resort bertaraf internasional yang ada di destinasi ini. Selamat berlibur!


    (Foto: mihtiander©123rf.com; Courtesy of Instagram @goingepicplaces, @misool.foundation, @jeffreykieffer,@meryldenis, @ohmybest14, @brandonvendura, @inkkyarista, @delonlim)