• Beauty / Tips

    Mudahnya Perawatan Alami dengan Sari Cuka Apel


    Mudahnya Perawatan Alami dengan Sari Cuka Apel

    Merawat diri secara alami bisa dilakukan dengan banyak bahan, tapi salah satu yang paling praktis tentunya ialah apple cider vinegar!


    Pada dasarnya, yang disebut dengan apple cider vinegar sebagian besarnya memang terdiri dari jus apel biasa yang telah melalui proses fermentasi. Namun di samping rasa masam dan aroma yang cukup tajam, sari cuka apel ini rupanya menyimpan banyak manfaat lain bagi kesehatan dan juga kecantikan tubuh.

    Mengonsumsinya pun sama sekali tak sulit, baik dengan cara diminum maupun diaplikasikan pada bagian tubuh yang ingin dirawat. Berikut ini, Bazaar lampirkan langkah-langkah mudah untuk mencoba menyertakan apple cider vinegar tersebut ke dalam rutinitas kecantikan Anda.


    1. Menyusutkan berat badan

    Beberapa jurnal penelitian menunjukkan bahwa konsumsi apple cider vinegar secara teratur setiap harinya bisa menekan nafsu makan berlebih sekaligus membuat Anda kenyang lebih lama. Sebuah riset di Jepang bahkan telah menyatakan bahwa sari cuka apel terbukti dapat mengurangi risiko obesitas!

    Sebaiknya, minumlah apple cider vinegar sebelum sesi makan Anda dimulai. Adapun dosis yang banyak disarankan adalah hanya sebanyak satu atau dua sendok makan sehari, itu pun harus dilarutkan dengan segelas air atau teh.

    Tiga puluh menit setelah meminumnya, ada baiknya pula jika Anda berkumur-kumur dengan air putih untuk membilas sisa-sisa sarinya. Sebab, sifat asam yang terkandung dalam sari cuka apel sering dikhawatirkan akan berpotensi merusak gigi. 


    2. Merawat rambut

    Apakah Anda sering mengenakan produk penataan rambut seperti mousse, hairspray, dan lain sebagainya? Hati-hati, karena aplikasinya amat berpotensi meninggalkan jejak berupa residu yang mungkin membuat rambut Anda kusam dan gatal jadinya.

    Sebagai solusi akan masalah tersebut, Anda dapat menjajal khasiat apple cider vinegar! Komponen asam yang terdapat di dalam sari cuka apel kerap diklaim sanggup menuntaskan residu sampo dan lain-lain yang mungkin tertinggal di permukaan rambut sembari membuat kutikulanya semakin bersinar.

    Tidak hanya itu, teksturnya yang alami dan ringan juga memungkinkan helaiannya terasa semakin lembut serta lebih mudah diatur. Caranya, aduk tiga sendok makan sari cuka apel ke dalam segelas air.

    Kemudian, tuang ke dalam botol semprot dan aplikasikan ke seluruh rambut. Tunggulah selama kira-kira lima menit sebelum membilasnya dengan air hangat. Setelahnya, Anda bisa mencucinya lagi dengan sampo apabila dirasa perlu. 


    3. Menutrisi kulit kepala

    Apple cider vinegar dikenal mengandung agen antiseptik, enzim aktif, serta mallic acid yang dikatakan dapat menyeimbangkan pH pada kulit kepala. Hasilnya, kulit kepala pun dapat terbebas dari kekeringan ataupun ketombe serta berbagai masalah rambut lainnya.

    Triknya? Ambil satu sendok teh sari cuka apel untuk dicampurkan ke dalam segelas air. Kemudian, celupkan sisir Anda ke dalam larutan tersebut. Selanjutnya, sisirlah rambut sampai ramuan tadi benar-benar terasa meresap.

    Setelah itu, diamkan sekitar 15 menit sebelum keramas seperti biasa. Banyak orang yang merasa terbantu dengan trik ini. Hal ini bisa jadi karena zat dari sari cuka apel yang diklaim sanggup membunuh kuman sekaligus menyembuhkan gatal-gatal! 


    4. Sebagai facial toner

    Ternyata, kegunaan apple cider vinegar tak hanya terbatas untuk rambut dan tubuh saja. Cairan ini pun sudah banyak dimanfaatkan untuk menggantikan penyegar wajah!

    Caranya pun sangat mudah. Campurkan sari cuka apel ke dalam air dengan perbandingan 1:4 saja. Lalu, seka larutan tersebut ke muka dengan menggunakan kapas. Selain mengandung berbagai nutrisi yang baik bagi kesehatan kulit, apple cider vinegar pun terkenal akan komponen asam yang sanggup mempercepat proses eksfoliasi sehingga membuat permukaan wajah tampak lebih halus dan bercahaya.

    Tidak hanya itu, aplikasi sari cuka apel juga sering disebut-sebut dapat membantu meredakan jerawat yang disebabkan karena bakteri tertentu. Namun, perlu diingat pula bahwa apple cider vinegar tidak disarankan untuk dipergunakan saat kulit kebetulan sedang lecet atau luka. 


    (Foto:  Oksana Mironova©123.com)