• Culture / Tips

    Mengeksplorasi 4 Pulau Utama di Nusa Tenggara Timur


    Mengeksplorasi 4 Pulau Utama di Nusa Tenggara Timur

    Masih sering kesulitan membedakan sejumlah pulau eksotis di NTT? Mari mulai belajar dari 4 destinasi pulau berikut terlebih dahulu.


    Mengaku kenal baik dengan negeri sendiri, nyatanya masih banyak yang tidak bisa membedakan sejumlah destinasi berikut. Salah satu contoh, begitu banyak yang masih kebingungan membedakan antara Sumba dan Sumbawa.

    Beberapa di antara kita mungkin mengira keduanya merupakan tempat yang sama. Maaf, persepsi Anda salah. Keduanya memang sama indah, tetapi berbeda posisi geografis. Sumba berada di Nusa Tenggara Timur, sedangkan pulau Sumbawa berada di sisi berseberangan yakni Nusa Tenggara bagian Barat.  

    Tidak perlu malu jika salah mengira. Bersama Bazaar mari kita belajar mengenai keindahan tanpa batas milik kawasan Timur Indonesia berikut. Di antara 566 pulau yang ada, Bazaar memilih 4 destinasi pulau utama yang paling menarik untuk dieksplorasi. Simak bahasannya.


    1. Sumba


    Sebagai awal, mari awal kita menuju Pulau Sumba. Mengingat fakta akan luas wilayah pulau cantik yang mencapai angka lebih dari 10 ribu kilometer persegi, menjelajah pulau ini bukanlah perjalanan singkat.

    Seakan menawarkan pesona tanpa akhir, destinasi yang tengah menjadi salah satu tujuan favorit para traveler ini memang memukau. Bentangan padang sabana seolah menyihir kita untuk seketika terbuai dengan kecantikannya. 


    Penduduk lokal Sumba sebagian besar beragama Kristen dan sisanya menganut kepercayaan animisme yang dikenal dengan istilah Merapu. Jika Anda pernah menyaksikan film lokal Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak, pasti sudah familiar dengan keunikan budaya mereka.



    Banjirnya pujian yang dilontarkan kepada Yunus Pasolang akan keberhasilan sinematografi garapannya di film ini kembali membuktikan betapa indahnya Pulau Sumba di NTT. 


    2. Flores


    Cantik seperti setangkai bunga. Nyatanya nama pulau Flores memang diambil dari bahasa Portugis yang bermakna “bunga.” Begitu banyak alasan bagi pulau ini untuk menjadi salah satu tujuan yang paling digemari para turis.

    Selain kekayaan budaya lokal, Flores terdiri dari beberapa pulau kecil yang sungguh memesona. Anda pasti tidak asing dengan spesies langka hewan Komodo hingga lembutnya pasir merah muda khas Pink Beach. Keduanya hanyalah bagian kecil dari keindahan yang ada di Flores. 


    Mengeksplorasi pulau ini, Anda harus menyediakan durasi waktu liburan yang agak panjang. Sayang rasanya hanya bertandang sebentar karena pesonanya jelas mengundang. Dari Labuan Bajo di Barat hingga Larantuka di ujung sebelah Timur, alam kepulauan ini indah tak terbatas. Belum lagi birunya Danau Kelimutu hingga panorama memesona khas Pulau Padar, Flores memang luar biasa indah. 

    Untuk memperkaya konten Instagram Anda, jangan lupa berfoto mengenakan pakaian tradisionalnya yang terbuat dari Tenun Ikat Solor. Para wanita lokalnya akan dengan senang hati mengajarkan Anda cara memakainya.


    Usai puas berpose ala penduduk lokal, cicipi juga keunggulan kuliner khas “pulau bunga” ini. Se’i, Jagung Bose, dan Kue Rambut menjadi tiga rekomendasi teratas Bazaar untuk kuliner autentik Flores yang wajib dicicipi. 


    3. Timor


    Berwujud menyerupai seekor buaya, sebagian besar para penduduk lokalnya percaya bahwa pulau tempat mereka bermukim merupakan jelmaan dari hewan ganas tersebut. Lepas dari segala kontroversi seputar mitos barusan, satu hal yang melahirkan kata sepakat.

    Hal yang tidak terlepas dari fakta betapa menakjubkannya Pulau Timor. Bahkan, kesepakatan tersebut tidak hanya melibatkan para penduduk lokal, namun warga dunia. Anda pun termasuk salah satunya bukan?

    Bukan asal menyebut. Bazaar berasumsi demikian mengingat ketenaran pulau di NTT berikut yang kerap menjadi urutan teratas para traveler di bucket list mereka. Sering disebut dalam kisah sastra Jawa klasik, pulau ini dulunya merupakan jalur perdagangan China dan India.

    Keindahan eksotisme alam hingga kayanya kearifan lokal semuanya lengkap tersedia. Bulir keringat yang jatuh akibat cuaca panas sama sekali tidak menjadi penghalang bagi para turis untuk berpetualang ke destinasi ini.

    Pesona pantai dengan bentangan pasir putih hingga hutan unik nan menarik seketika mengalahkan keluhan manja akibat cuaca panas. 

    Menyambangi Pulau Timor, jangan lewatkan pesona kawasan Soe hingga keindahan bukit Tuamese di Kefemenanu. Jangan lupa juga menyapa ramah para anak-anak yang merupakan penduduk lokalnya. Mereka akan dengan senang hati menjadi pemandu wisata gratis Anda ke berbagai tujuan wisata yang anti mainstream



    4. Alor


    Puas berpelesir di tiga opsi pulau utama di kawasan Nusa Tenggara Timur, sekarang giliran Pulau Alor. Mulai dari menyelami keindahan wisata bahari hingga indahnya pemandangan Pulau Sika dapat dijumpai di destinasi yang satu ini.

    Para penduduk lokal yang masih kuat memegang adat pun dikenal ramah kepada para pelancong. Jangan takut kesulitan berbahasa. Begitu tenarnya destinasi ini, membuat sebagian besar penduduknya lancar berbahasa yang baik dan benar. Bahkan, beberapa di antaranya mahir berbahasa asing. 

    Masih berkisar keindahan alam, selain pantai dan laut, jangan lewatkan Hutan Nostalgia kala berkunjung ke kawasan Timur Indonesia ini. Mendatangi hutan ini, Anda akan teringat dengan Nara di Jepang, tempat wisata dimana para rusa cantik nan jinak berkeliaran bebas.


    Kemudahan akses transportasi juga menjadi keunggulan lain yang ditawarkan pulau ini. Untuk mencapai pulau ini, Anda harus menempuh perjalanan laut mengenakan kapal feri dari Kupang dilanjutkan kapal kayu ke pelabuhan Kalabahi.


    Rasa letih akibat durasi perjalanan belasan jam yang ditempuh akan hilang seketika ketika tiba, karena Alor begitu memesona. Tunggu dulu, bukan hanya Alor. Ketiga pulau utama lainnya pun tidak kalah indah!


    (Foto: Leo Lintang©123rf.com; Courtesy of Instagram @eryradixa, @escape_your_life, @ell_tofall, @witwikan, @d_yufrianto)







- RELATED ARTICLE -