• Culture / Tips

    Hidangan Brunch Ala Daerah Pecinan di Jakarta


    Hidangan Brunch Ala Daerah Pecinan di Jakarta

    It’s brunch o’ clock! Saatnya bangun lebih siang di akhir pekan untuk menikmati menu brunch andalan tanpa diburu waktu.


    Bosan dengan suasana mall yang penuh keramaian? Di akhir minggu, tidak ada salahnya membelokkan setir mobil Anda menuju ke sejumlah tempat kuliner berikut. Bertempat di kawasan Utara hingga Barat kota Jakarta, sejumlah kafe dan restoran ini menghadirkan ragam menu brunch yang mengguggah selera. Pasti ini bukan kali pertama Anda mendengar keunikan kuliner yang disuguhkan para penduduk keturunan China di kedua kawasan tersebut. 

    Mulai dari bakpao daging hangat dengan asap mengepul kala kita menyobek bagian luarnya, ragam bakmi dengan kelezatan tiada tara hingga segarnya rasa autentik es liang teh lengkap tersaji. Jangan takut soal hidangan halal, karena begitu banyak pilihan destinasi kuliner yang menjamur di kedua wilayah ini. Anda pun bebas memilih tipe makanan yang sesuai dengan selera serta kepercayaan pribadi. 

    Satu hal yang jelas, semuanya menawarkan kelezatan hidangan yang pastinya akan membuat Anda ingin kembali lagi. Perut Anda sudah mulai berbunyi membayangkan kenikmatan sejumlah hidangan khas pecinan tersebut? Itu tandanya Anda tidak boleh melewatkan bahasan yang berikut ini.

    Di antara sekian banyak pilihan untuk berkuliner ria, Bazaar memilih secara eksklusif lima destinasi tempat brunch yang wajib Anda cicipi di Jakarta Barat sekaligus Utara. Mulai dari kedai roti sederhana dengan menu menyehatkan hingga kafe kekinian tempat hangout favorit kaum muda. Semuanya tersedia lengkap untuk memenuhi hasrat kuliner Anda. Simak lebih lanjut.


    1. Kedai Roti Kobi, Pluit


    Tidak ada salahnya memulai hari sedikit lebih terlambat di akhir minggu. Saatnya bersantai sembari menikmati sesi breakfast lunch di Kedai Roti Kobi. Sesuai namanya, kedai ini menyajikan ragam menu roti tanpa bahan pengawet. 


    Selain menyehatkan, pilihan rasa menu rotinya akan membuat Anda tergiur. Mulai dari Roti Nogat Meses, Roti Srikaya Kelapa hingga variasi rasa gurih dari Roti Abon menjadi andalan mereka. Jangan takut tubuh melebar akibat terlalu banyak tepung karena kedai roti ini juga menyediakan jenis roti gandum utuh.


    Jika roti belum sanggup mengenyangkan perut, Bazaar menyarankan Anda memesan Lontong Cap Go Meh. Rasakan nikmatnya kehangatan lontong nasi yang terendam sempurna di kuah opor ayam hangat ditemani sentuhan rasa pedas dari telur balado dan sambal goreng hati.



    Jangan lupa taburkan kerupuk sebanyak mungkin di atasnya untuk rasa yang lebih mantap. Menemani sejumlah menu andalan barusan, Kopi Hitam, Kopi Susu dan Kopi Alpukat Kerok khas Kedai Roti Kobi siap menjadi pendamping sempurna. 



    2. Bakmi Lamlo, Pantai Indah Kapuk


    Mengunjungi kawasan Utara Ibukota, menu makanan yang satu ini jelas tidak boleh dilewatkan. Faktanya, hampir semua restoran yang menyajikan menu bakmi di area ini ibarat lulus sensor jika ditinjau dari dunia perfilman. Tidak perlu ada yang dikoreksi karena sudah sempurna adanya. Di antara sekian banyak pilihan terbaik, Bazaar merekomendasikan Bakmi Lamlo di Pantai Indah Kapuk atau cabangnya di jalan utama Muara Karang.


    Anda dijamin terpuaskan dengan sajian bakmi yang dipercaya oleh warga keturunan Tionghoa dapat memberikan umur panjang ini. Berkunjung ke Bakmi Lamlo, jangan tanggung-tanggung saat memesan. Menu Bakmi Komplit dengan ragam taburan daging, kelembutan pangsit dengan rasa harum irisan bawang goreng wajib menjadi pesanan pertama Anda.

    Belum lagi, ditambah potongan telur bebek rebus serta siraman kuah kaldu hangat sebagai penambah rasa. Tunggu apalagi? Jangan hanya menatap mangkok di depan Anda. Habiskan hingga tak bersisa!


    3. Pantjoran Tea House, Kota Tua


    Bernostalgia sembari menyesap racikan teh istimewa, Pantjoran Tea House jelas menjadi juaranya. Terletak di kawasan Glodok, Kota Tua, ketenaran destinasi kuliner yang satu ini tidak perlu diragukan lagi. Bahkan, tempat ini sempat muncul di salah satu scene film ‘Filosofi Kopi’ yang dibintangi dua aktor tampan, Rio Dewanto dan Chicco Jerikho. 


    Awalnya, Pantjoran Tea House merupakan sebuah toko obat tradisional yang bernama Chung Wa. Telah berdiri sejak tahun 1928 pada jaman Batavia, destinasi kuliner ini memiliki pengaruh kuat dari China dan Belanda untuk segi tampilan interiornya.


    Fasad bangunannya pun tidak kalah menonjol. Mengarah ke Glodok dari arah Harmoni, Anda akan dengan mudahnya menemukan bangunan putih dengan papan besar bertuliskan Pantjoran Tea House. Kala berkunjung, jangan lupa memesan berbagai menu Dim Sum andalan sebagai teman minum teh. 



    4. Kedai Kopi Es Tak Kie, Pasar Petak Sembilan


    Jangan hanya berkunjung ke tempat kuliner bergaya modern untuk sesi brunch tidak terlupakan. Saatnya melangkahkan kaki menuju Pasar Petak Sembilan di kawasan Glodok. Bazaar menyarankan untuk bangun lebih awal kala mengunjungi destinasi kuliner yang satu ini.

    Ketenaran Kedai Kopi Tak Kie membuat tempat ini semakin siang semakin sesak dipenuhi para penggemar kuliner lokal hingga mancanegara.


    Umurnya yang sudah mencapai lebih dari 90 tahun jelas membuktikan kualitas kopi yang disajikan di tempat ini. Masih kurang yakin? Bahkan Jokowi selaku Presiden Republik Indonesia pun sudah mengakui betapa adiktifnya kopi racikan Kedai Kopi Tak Kie.

    Disajikan dalam keadaan hangat maupun dingin, keduanya sama nikmat. Namun mengingat suasana pasar yang panas tanpa pendingin ruang, Bazaar merekomendasikan Es Kopi Tak Kie sebagai opsi teratas Anda.  


    5. Hours, Kelapa Gading


    Apabila pasar dirasa terlalu panas dan membuat berkeringat, Anda dapat mengunjungi kafe sekaligus restoran Hours di Kelapa Gading. Variasi menu makanan dan minuman berkonsep lokal hingga internasional lengkap tersaji.


    Nikmatnya irisan daging gurih yang diapit dengan sayuran tersaji sempurna melalui pilihan menu Steamed Cut Chinese Bun. Tetapi apabila Anda sedang menjalankan program diet, cicipi kesegaran Bircher Muesli yang disajikan dingin. 


    Selain dua menu brunch rekomendasi Bazaar barusan, jangan lewatkan racikan kopi andalan para barista profesional di Hours. Kopi nikmat yang tersaji cantik di tengah kafe bernuansa industrial akan menjadi material foto Instagram sempurna. 


    Jadi sudah siapkah Anda untuk pengalaman kuliner tidak terlupakan di akhir pekan ini? Selamat bersantai menikmati sesi breakfast lunch Anda. Saatnya membayar kepenatan akibat bekerja tanpa henti sepanjang minggu dengan bangun lebih siang dan menikmati menu brunch andalan pilihan Bazaar. Hanya karena Anda layak mendapatkannya. 


    (Layout: Asya Hadisuryo; Foto: Courtesy of Ria Iskandar, @kedairotikobi, @bakmilamlo, @pantjoran_tea, @andreasajoe, @hours.jkt)








- RELATED ARTICLE -