• Wajah Baru Seafood Nusantara


    Wajah Baru Seafood Nusantara

    Gulai kepiting, gohu udang, dan mahi-mahi sambal tempoyak tampil apik namun menggugah selera di Nusa Gastronomy.


    Indonesia kaya dengan hasil laut yang patut dibanggakan. Nusa Gastronomy, restoran Indonesia di bilangan Kemang, pun memilih tema Samudra Nusantara untuk merayakan hari jadinya yang pertama.

    Hari jadi yang juga tak jauh dari peringatan kemerdekaan Indonesia, semakin terasa tepat melatari tema Samudra Nusantara.


    Berbagai hasil laut Indonesia seperti kepiting Papua, udang Pulau Bitung, hingga Oyster dari pesisir Laut Jawa pun tersedia di menu Samudra Nusantara.



    Oyster with Dabu-Dabu Espuma


    Kepiting Papua, misalnya, diolah Ragil –chef owner Nusa- menjadi Gulai Kepiting bergaya Bengkulu. Gulai ini dimasak menggunakan rempah-rempah yang salah satunya adalah kemiri dari kawasan Tana Zozo di Ende, Flores.

    Mempertemukan ragam bahan masakan dan gaya memasak dari berbagai pelosok Indonesia, telah menjadi ciri khas Nusa Gastronomy sepanjang usianya yang masih satu tahun ini.



    Gulai Kepiting


    Keistimewaan lainnya, Chef Ragil juga menerapkan teknik memasak ala Prancis untuk mencapai standar hidangan Indonesia yang diinginkannya. Tak heran, tampilan tiap masakan pun memikat mata.

    Anda pun bisa menikmati tiap masakan ini dengan ‘cantik’, tanpa harus khawatir ada saus yang mengotori tangan atau baju.


    Selain gulai kepiting, ada Sup Ikan Arsik khas Tapanuli, misalnya. Sup ikan ini menggunakan gindara asal Kendari dengan bumbu arsik yang sudah menjadi kuah kental.


    Ada juga Gohu Udang, dibuat dengan udang segar dari pulau Bitung, dengan cipratan lemon cui serta taburan kacang kenari dari Jailolo, Halmahera.



    Gohu Udang


    Sementara itu (ikan) Mahimahi Sambal Tempoyak khas Palembang, terbuat dari ikan mahimahi dari Bali, dimasak hingga tingkat kematangan yang pas, menghasilkan potongan ikan yang lembut dan juicy.

    Sambal tempoyak dari durian Medan dijadikan saus bercita rasa sedikit asam, untuk mengimbangi gurihnya ikan.


    Mahi-Mahi Sambal Tempoyak


    Sebagai teman menikmati Mahi-mahi Sambal Tempoyak, Nusa menyajikan nasi dari beras Bareh Solok, Sumatera Selatan, serta beras hitam Adan Krayan dari Kalimantan Utara. Dengan sedikitnya delapan course hidangan Samudera Nusantara (termasuk amuse bouche, dessert, dan petit fours), kita telah dibawa menjelajah sekilas kekayaan bumi Nusantara.


    Foto: Courtesy of Nusa

    Lay-out: M. Kautsar










- MORE STORIES -



Masakan Indonesia untuk Photo of the Day

Zen Food Plating Competition tingkatkan apresiasi terhadap masakan Indonesia dengan presentasi artistik dan penuh cita rasa.


Barbie Merilis Versi Boneka Mengenakan Hijab

"Impian masa kecil yang jadi kenyataan."


Fitur Kecerdasan Buatan Untuk Selfie Pada Oppo F5

Inovasi Oppo F5 untuk hasil selfie yang lebih sempurna


Gelora Seniman Muda di Kota Tua

Mungkin bisa jadi pilihan aktivitas di akhir pekan ini.



Other Stories