• Culture / Tips

    5 Hal yang Harus Dihindari Saat Perjalanan Bisnis


    5 Hal yang Harus Dihindari Saat Perjalanan Bisnis

    Saatnya Anda menikmati perjalanan bisnis Anda sepenuhnya!


    Farewell to exhausting and unhappy business trip! Berikut beberapa aspek keliru yang sebetulnya pantang dilakukan apabila Anda mendambakan kelancaran saat melakukan perjalanan bisnis.

    1. Tidak berolahraga

    Mengapa tidak? Olahraga adalah cara yang paling efektif untuk meredakan stress akibat pekerjaan sekaligus membantu meningkatkan kualitas tidur Anda pada malam harinya.

    Jadi, tak ada salahnya untuk mengepak sepatu kets dan sports bra Anda setiap melakukan perjalanan bisnis!

    2. Melupakan diet

    Bahkan jika klien Anda yang mentraktir sekalipun, bukan berarti Anda bisa menyantap kuliner apa pun tanpa kecuali. Ingat, Anda tetap perlu menjaga asupan nutrisi serta memperhatikan kebersihan makanan agar tubuh senantiasa sehat dan perut pun tak mudah mulas.

    Tak mau, ‘kan, apabila di tengah-tengah meeting Anda harus terus menerus izin ke toilet?

    3. Begadang

    Jangan membenamkan diri di balik tumpukan tugas hingga larut malam, apalagi kalau hanya sibuk mengunggah foto ke media sosial. Bagaimana pun juga, Anda harus bersikap profesional dan tetap bangun pagi seperti biasanya.

    Jika perlu, jangan lupa untuk memanfaatkan fasilitas wake-up call yang biasanya disediakan oleh pihak hotel atau penginapan.

    4. Mudah stress

    Mungkin tak semuanya akan berjalan sempurna. Tapi, tetaplah bersikap tenang apabila sampai terjadi hal-hal yang kurang diinginkan seperti tertundanya penerbangan hingga kehilangan bagasi.

    Kultur di tempat tujuan berbeda dengan kota atau negara asal Anda? Hindari berkomentar negatif apalagi sampai membanding-bandingkan gaya berpakaian, harga barang, dan lain sebagainya.

    5. Konsumsi kafein dan alkohol yang berlebihan

    Terkadang, jet lag menuntut Anda untuk meminum kopi banyak-banyak hingga terjaga. Sebaliknya, ajakan kolega untuk minum di bar sungguh sukar ditolak.

    Apa pun alasannya, adalah wajib untuk lebih disiplin dalam menentukan batas maksimum keduanya (tak lebih dari empat cangkir kopi dan segelas wine) agar jangan sampai mengurangi mutu istirahat Anda.

     

    (Foto: Rawpixel.com/Shutterstock/Click Photos)