• Tips Berlibur Bersama Anjing Kesayangan Anda

    Bride / Tips


    Tips Berlibur Bersama Anjing Kesayangan Anda
    Courtesy of Instagram @aspenthemountainpup

    Rasakan sensasi liburan tidak terlupakan bersama sahabat berbulu menggemaskan ini!


    Apakah Anda pernah merasakan beratnya meninggalkan anjing kesayangan ketika melakukan perjalanan berlibur? Tidak dapat dipungkiri ini menjadi salah satu kendala yang kerap dialami para traveler sekaligus pecinta hewan.

    Ibarat anak kandung sendiri, anjing memang dikenal sebagai sahabat terdekat manusia. Bahkan, terkadang hubungan yang terjalin lebih dekat dari sesama manusia sendiri. Jika ini menjadi permasalahan yang sering Anda alami, saatnya mencoba sesuatu yang baru.

    Sesekali bawalah anjing kesayangan Anda melakukan perjalanan liburan. Menjelajah alam bersama sahabat manusia yang satu ini dijamin akan menjadi pengalaman liburan yang tidak terlupakan. Jangan dulu berpikir hal ini akan merepotkan.



    Karena nyatanya, anjing adalah salah satu rekan seperjalanan terbaik yang pernah ada. Tidak perlu ada drama untuk menentukan restoran mana yang akan dituju untuk makan siang. Atau mungkin, perbedaan tempat tujuan wisata dengan sesama rekan seperjalanan yang tidak jarang memicu keributan.

    Saat berlibur bersama anjing peliharaan, makhluk menggemaskan ini akan menuruti kemana pun tujuan Anda hari itu. Tidak hanya penurut, namun spesies berbulu nan ramah ini akan menjadi hiburan tersendiri kala perjalanan berlangsung. 

    Bagi para pemula, mungkin bisa mencoba melakukan traveling dengan anjing Anda melalui perjalanan darat terlebih dahulu. Mengingat perjalanan tempuh melalui jalur udara maupun laut pastinya akan sangat melelahkan bagi hewan kesayangan Anda ini.



    Anda pastinya tidak mau melihat mereka jatuh sakit seusai berlibur bukan? Soal persiapan perjalanan pun dijamin tidak akan merepotkan. Cukup ikuti beberapa tips dan trik terpilih dari Bazaar berikut. 

    Dijamin perjalanan liburan dengan anjing kesayangan Anda kali ini pastinya tidak akan menjadi yang terakhir, namun permulaan langkah bertualang untuk menjelajah dunia bersama sahabat berbulu Anda. 


    1. Pastikan anjing dalam keadaan sehat

    Jangan keburu bersemangat dan malah jadi melupakan hal terpenting yang satu ini. Bazaar menyarankan untuk memeriksakan kondisi kesehatan anjing Anda terlebih dahulu sebelum bertualang. Apabila anjing Anda memiliki alergi atau riwayat penyakit tertentu, ada baiknya meminta saran dokter hewan langganan untuk menentukan lokasi liburan yang baik dikunjungi.

    Perhatikan pula musim yang sesuai, karena bagaimana pun suhu udara sangat menentukan kondisi kesehatan anjing Anda. Jangan lupa untuk meminta resep vitamin untuk menjaga stamina anjing kesayangan Anda selama berlibur. Seperti yang sering didengar, lebih baik mencegah daripada mengobati.




    2. Kenyamanan selama perjalanan menjadi hal utama

    Saat berkendara menggunakan mobil, mau tidak mau anjing kesayangan Anda harus ditempatkan di dalam kandang. Tentunya Anda tidak mau kehilangan konsenterasi menyetir karena tiba-tiba diajak bermain olehnya.

    Faktanya, anjing seringkali mengalami mabuk darat selama perjalanan. Untuk itu, pastikan kandang dalam keadaan bersih dan jangan mengenakan aksesori berlebihan yang membuat anjing merasa tidak nyaman. 


    3. Tentukan terlebih dahulu destinasi penginapan

    Salah satu faktor paling krusial yang harus diperhatikan adalah mengenai destinasi penginapan. Bazaar menyarankan Anda untuk berlibur ke alam terbuka seperti bertenda, ketimbang menginap di hotel yang kebanyakan memiliki akses terlarang bagi hewan. Sebagai opsi, cari tahu terlebih dahulu tempat tujuan wisata yang memiliki hotel khusus hewan. 




    4. Ajak ia berkeliling, setidaknya 15 menit dalam sehari.



    Jangan sampai anjing kesayangan Anda merasa bosan ketika melakukan perjalanan berlibur. Melakukan akltivitas fisik seperti berjalan menulusuri destinasi liburan dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan.

    Baik pagi maupun sore hari akan menjadi waktu yang pas, dimana sinar matahari tidak terlalu terik.


    5. Hindari tempat berlibur yang tidak higienis.

    Pastinya Anda tidak ingin sahabat manis Anda ini menjadi jatuh sakit setelah pulang liburan. Untuk itu, pastikan tempat tujuan berlibur terjaga kebersihannya.

    Berbeda dengan manusia, anjing merupakan salah satu makhluk yang paling sensitif dengan penciuman dan pendengarannya. Jadi kelihatan bersih bagi kita, belum tentu itu baik bagi hewan kesayangan Anda ini. Bazaar menyarankan Anda untuk bertanya kepada para kerabat dan sahabat sesama pecinta hewan yang lebih berpengalaman. 


    6. Bawa persediaan makanan serta mainan favoritnya.



    Tips yang satu ini terdengar klise, namun sangat penting diterapkan. Daripada membeli makanan yang belum tentu sesuai di lidah dan perut anjing Anda, lebih baik membekali diri sendiri. Selain itu, jangan lupa membawa satu atau dua mainan favoritnya agar ia tidak merindukan rumah. 


    7. Kostum yang matching dengan Anda. Kenapa tidak?

    Bukan hanya Anda yang pantas berpose cantik di depan kamera saat sedang traveling. Makhluk berbulu kesayangan Anda pun juga akan menjadi objek kamera atraktif. Bawalah beberapa pakaian dengan warna atau tema senada. Bazaar jamin ratusan likes akan membanjiri unggahan akun Facebook dan Instagram Anda. Atau mungkin ribuan? Bersiaplah!



    (Foto: Courtesy of Instagram @aspenthemountainpup, @pawsthatwanderlust, @travelingchapati, @django_and_chloe, @mrbentley_thedog, @loki)





- RELATED ARTICLE -