• Tips Memilih Sepatu yang Cocok untuk Kebaya

    Fashion / Tips


    Tips Memilih Sepatu yang Cocok untuk Kebaya

    Jangan sampai Anda mengenakan model sepatu yang kurang tepat ketika mengenakan kebaya modern maupun kebaya tradisional.


    Bermain padu padan dengan sepotong kebaya tidak semudah memadukan T-shirt dan celana jeans. Meskipun gambaran klasik akan kebaya look telah begitu lekat dalam imajinasi kita, namun faktanya tampil appropriately stylish dengan kebaya terkadang menjadi tantangan tersendiri bagi perempuan modern.

    Sebagai busana tradisional yang sarat akan makna filosofis serta memiliki pakem khusus baik dalam segi desain maupun cara pakai, mengenakan kebaya secara kontemporer memiliki sekelumit trik agar tetap terlihat elok dan anggun.

    Seseorang tidak bisa sembarangan memadukan kebaya dengan fashion item tertentu karena tak hanya dianggap mengurangi estetika namun juga terlihat tidak pantas dan mengurangi nilai dari kebaya itu sendiri.

    Salah satunya adalah dalam hal pemilihan alas kaki yang tepat untuk dikenakan dengan kebaya. Meskipun Anda adalah penggemar sejati gaya berbusana yang edgy, memadukan kebaya tradisional dengan kain dan boots akan menjadikan penampilan terlihat kurang serasi.

    Bahkan, meskipun sepatu pumps atau sandal berhak tampak cukup aman untuk dipadankan dengan kebaya, sejumlah desain dan pemilihan material tertentu juga dapat menjadikan kebaya look Anda kurang elok.

    Lantas, sepatu seperti apa yang cocok untuk dipadankan dengan kebaya, baik kebaya tradisional maupun modern? Simak tips berikut ini!


    1. Selop atau mules


    Sepatu bermodel selop merupakan pilihan klasik yang tepat untuk disandingkan dengan kebaya. Pilih warna netral atau warna yang selaras dengan palet kebaya Anda, pastikan aksen dekoratif pada bagian depan selop tidak berukuran terlalu besar agar tampilan tetap anggun dan seimbang.

    Anda juga tidak perlu mengenakan selop dengan hak ekstra tinggi. Cukup dengan hak medium, penampilan berkebaya Anda akan tampak cemerlang.


    2. Slingback, baby!


    Sepatu bermodel slingback merupakan pilihan klasik yang jitu mengembuskan esensi gaya feminin yang elegan. Anda boleh bermain dengan pilihan motif mewah seperti brocade atau satin, dan Anda juga sah-sah saja bermain dengan motif-motif klasik yang masih satu napas dengan model kebaya Anda--selama motif tersebut tidak terlalu dominan.

    Ornamen cantik pada sepatu juga tidak perlu berlebihan. Karena pada dasarnya, ketika Anda berkebaya maka fokus utamanya adalah kebaya Anda. Biarkan kebaya Anda yang berbicara.


    3. Sepatu atau sandal bertali


    Model sepatu lainnya yang juga cocok untuk kebaya adalah strappy shoes atau strappy sandals. Aksen tali tipis pada sepatu akan memberikan kesan feminin yang elegan dan juga seksi.

    Pilihlah sepatu atau sandal berhak tinggi dengan tali berukuran tipis agar kaki Anda tidak terlihat terlalu 'ramai' dan distraktif. Demi mempercantik gaya, Anda juga bisa memilih sepatu dengan aksen tali yang meliuk indah pada punggung kaki, maupun diperkaya dengan ornamen dekoratif unik pada bagian ujung depan sepatu.


    4. Pumps with low cut vamp


    Meskipun tampak aman, tidak semua model pumps cocok dikenakan dengan kebaya. Pilihlah sepatu pumps dengan potongan vamp yang rendah sehingga batas jari kaki (toe cleavage) dengan ujung yang lancip, karena sepatu model ini mampu menciptakan ilusi kaki yang lebih ramping dan jenjang.

    Selain itu, Anda juga bisa memilih sepatu pumps bersiluet almond toe atau memiliki ujung berbentuk oval. Lupakan sepatu pumps bersiluet kotak atau bulat, atau hak yang terlalu chunky. Hindari pula aksen yang terlalu besar pada permukaan sepatu. Always go classic!


    What NOT to wear?

    Berikut ini adalah sejumlah contoh model sepatu yang kurang cocok untuk dikenakan dengan kebaya.


    1. Selop bersiluet terlalu tinggi dengan ornamen dekoratif terlalu besar


    Patut diingat, ketika Anda memakai kebaya dengan kain, hindari selop yang menutupi punggung kaki karena hanya akan berpotensi membuat Anda terlihat lebih pendek dan tidak anggun. Biarkan kaum laki-laki saja yang mengenakan selop berpotongan tinggi hingga menutupi seluruh punggung kaki.


    2. Don't cover up your feet

     

    Dengan siluet kebaya yang menutupi sebagian besar tubuh, ditambah dengan kain yang juga menjadikan keseluruhan penampilan cenderung serba tertutup, maka seimbangkanlah dengan mengenakan sepatu yang terbuka. Ain't no rocket science!


    3. Multi Straps are just too busy



    Sama halnya dengan potongan sepatu yang menutupi punggung kaki, aksen tali yang terlalu besar juga hanya akan membuat penampilan Anda terlihat tidak proporsional. Kenakan sepatu-sepatu bermodel seperti ini di lain kesempatan dan lain pakaian.


    4. Big ankle straps


    Bila Anda mengenakan kebaya tradisional dengan kain, maka seyogyanya panjang kain harus jatuh tepat di mata kaki. Maka sepatu yang memiliki aksen tali maupun pita berukuran besar di pergelangan kaki bukanlah pilihan alas kaki yang cocok untuk kebaya Anda karena akan tampak seperti 'bertabrakan' satu sama lain.


    5. Cut the boots!


    Kalau sepatu boots tidak pantas dipakai dengan kebaya, bagaimana dengan cut out boots?

    Melihat dari potongan sepatu tersebut, tentu Anda sudah tahu apa jawabannya, bukan?


    (Foto: Rakhmat Hidayat, dok. Bazaar. Layout: Tevia)




- RELATED ARTICLE -