• Beauty / Tips

    Semua yang Perlu Diketahui Tentang Nose Job Non-Bedah


    Semua yang Perlu Diketahui Tentang Nose Job Non-Bedah

    Seorang dokter estetika ternama mengungkapkan semua hal penting mengenai nose job tanpa bedah.


    Rhinoplasty non-bedah (lebih dikenal dengan ‘filler hidung’) merupakan perawatan estetika yang sedang naik daun pada kalangan wanita maupun pria. Menurut data yang dikeluarkan oleh klinik swasta, permintaan prosedur tersebut meningkat 29% selama setahun terakhir. Dengan meningkatnya penggunaan estetika karena pengaruh media sosial dan selebriti, perawatan yang cepat dan mudah ini menjadi hal yang lumrah.


    Kami berbicara dengan Dr. Nick Milojevic, salah satu dokter estetika ternama di Inggris dan pemilik Milo Clinic, untuk mencari tahu lebih lanjut tentang bagaimana nose job tanpa operasi bekerja, hasil, serta resikonya.


    Bagaimana nose job non-bedah bekerja?

    “Dengan menyuntikkan filler dermal di atas dan bawah ‘tonjolan’ di hidung, kita dapat dengan mudah membuat hidung yang ‘bengkok’, terlihat lurus. Selain itu, dengan mengaplikasikan filler di sekitar ujung hidung, kita dapat membuatnya terlihat lebih tipis dan lebih halus, serta dapat mengangkat ujung hidung dengan menyuntikkan Botox ke depressor nasalis, otot yang menarik hidung ke bawah.”


    Apa keunggulan perawatan ini dibandingkan dengan rhinoplasty tradisional?

    “Kami sekarang memiliki banyak pilihan untuk prosedur non-bedah. Non-bedah berarti lebih sedikit resiko, downtime, serta efek samping, namun hasilnya sangat mirip. Nose job non-bedah baru dengan menggunakan filler dermal berarti kami dapat melakukan banyak dalam waktu lima menit dan tanpa rasa sakit. Sementara itu, operasi rhinoplasty membutuhkan waktu sebulan atau lebih lama untuk pulih dan hasilnya tidak selalu sempurna. Saya adalah salah satu dokter yang beberapa tahun lalu mengembangkan teknik prosedur non-bedah yang sekarang dilakukan oleh para dokter di Inggris.”



    Bagaimana jika Anda tidak suka hasil dari versi non-bedah?

    “Itu tidak permanen, jadi jika tidak menyukai hasilnya, Anda dapat menunggu beberapa bulan, atau mengubahnya. Nose job dengan operasi adalah permanen dan sekarang sering didapati kami menggunakan filler non-bedah untuk memperbaiki rhinoplasty yang salah, yang menunjukkan bahwa itu bisa menjadi pilihan yang lebih baik.”


    Apa yang memengaruhi peningkatan filler hidung?

    “Banyak aktris dan penyanyi menggunakan filler; orang-orang dapat melihat bahwa aktris papan atas seperti Jennifer Anniston, sebagai contoh, memiliki beberapa filler, dan entah bagaimana caranya ia terlihat telah melakukan prosedur ini tanpa downtime karena dirinya tampak menawan saat keluar. Kita hidup di antara masyarakat yang serba instan dengan platform media sosial seperti Instagram yang memengaruhi wanita, dan banyak orang menginginkan hal-hal dilakukan dengan cepat dan efisien, namun dengan harga terjangkau yang membuatnya lebih mudah diakses.”


    Apa yang diperlukan nose job non-bedah?

    “Kami membaringkan pasien dan membersihkan permukaan, lalu kami menggunakan jarum tipis untuk memasukkan filler asam hialuronat (hyaluronic acid), biasanya adalah Juvéderm dan Restylane Perlane. Selanjutnya, melalui jarum tipis kami menyuntikkan filler ke area yang membutuhkannya. Selesainya, kami membentuknya sedikit, dan akhirnya memberikan pasien petunjuk perawatan, seperti tidak menggunakan kacamata hitam untuk sementara. Prosedur lengkap nose job non-bedah membutuhkan waktu 10 hingga 15 menit dan hasilnya seketika.”


    Apakah itu menyakitkan?

    “Kami menggunakan filler modern yang mengandung beberapa anestesi lokal dan dengan teknik light-handed kami, membuat prosedur ini cepat dan tanpa rasa sakit.”



    Berapa lama hasilnya bertahan?

    “Apabila tidak terlalu banyak menggerakkan hidung, hasilnya dapat bertahan selama 12 hingga 18 bulan, dan dengan perawatan berulang, dapat bertahan lebih lama.”


    Seberapa aman?

    “Juvéderm dan Restylane Perlane, yang digunakan dalam prosedur ini, merupakan produk biocompatible dan biodegradable, yang berarti tidak berbahaya untuk tubuh dan akan dipecahkan serta dikeluarkan dari tubuh secara alami. Filler hidung asam hialuronat ini datang dalam bentuk gel steril yang diproduksi di laboratorium.”


    Apakah ada efek samping?

    “Beberapa efek samping yang terkait dengan suntikan dapat terjadi, yaitu kemerahan, kelembutan, bengkak, serta memar. Tidak ada yang sangat serius dan mereka akan hilang dalam hitungan hari.”


    (Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih Bahasa: Shanara Andari; Foto: Dok. Bazaar UK)